Rabu, 07 Februari 2018

First Snow Fall in Tokyo 2018

Okay, ini adalah pertama kalinya gw ngalamin yang namanya musim dingin di negara 4 musim. Jadi harap maklum klo pembaca budiman sekalian merasa kalau gw norak dengan segala ke"winter"an ini. Hehehe.

Jadi, pas gw ke Jepang, pas banget saat itu adalah puncak musim dingin. Yap, musim dingin di Jepang biasanya dimulai dari akhir November sampai akhir Februari, dan bulan Januari biasanya menjadi puncak musim dingin di Jepang. Dan beruntungnya gw (tapi kalau kata temen Jepang gw di lab "nggak beruntung") tahun ini pas gw ke Tokyo bisa kebagian hujan salju setelah sekitar 4 tahun Tokyo nggak dilanda hujan salju. Yeayyyyyy.. Teeet teret tet tet.. (Tuh kan, norak -,-).

Ngomong-ngomong masalah musim dingin, Ibu gw bahkan sempat ngirimin artikel berita klo suhu winter Tokyo tahun ini adalah suhu terdingin selama 48 tahun terakhir. Nih, klo kepo sama artikelnya, bisa lihat disini. Wadaww wadaw, tau deh itu anugrah atau musibah hahaha, tapi menurut orang tropis macem gw hal kayak gini adalah anugrah secara kapan lagi gituh bisa dingin-dinginan setelah biasanya di Depok klo musim kemarau bisa sampe 34-35 C.

Jadi ceritanya pas sebelum gw ke Tokyo, gw udah beli perlengkapan winter dengan asumsi klo Tokyo itu sedang bersalju. Gw udah bawa jaket tebel berbulu angsa, trus sepatu boot bulu-bulu yang kata temen gw macem Syarini punya -,-. Dan ternyata e ternyata, pas sampe Jepang nggak bersalju sama sekali. Bener-bener kayak kota pada umumnya cuman bedanya dingin, waktu itu klo nggak salah pas gw nyampe suhu sekitar 5 C. Yah gw agak kecewa dong, udah bawa peralatan tempur lengkap buat salju, eh ternyata nggak ada salju. Kecewa lagi setelah tanya sama orang disana kalau kemungkinan tahun ini nggak ada salju karena udah 4 tahun Tokyo nggak dapet salju. Sediih kaan.

First Snow Fall

Hingga akhirnya di minggu ke-3 gw di Jepang tepatnya hari Senin, 23 Januari 2018 turunlah badai salju. Hah??? Badai salju? Yap. Jadi sekalinya turun salju setelah 4 tahun, langsung kebagian badai salju. Pas pagi, salju turun masih rintik-rintik kecil imut menggemaskan hingga kemudian berubah jadi demplok-demplok (g tau dah bahasa yang bener apa) pas malem-nya ditambah dengan angin kenceng. Mantap udah. Dan yang bikin gw bersyukur adalah, akhirnya sepatu boots bulu-bulu itu bisa gw pake. Hahaha.
First Snow Fall in Tokyo 2018
Pagi-pagi pas salju belom tebal
nah diatas adalah foto sekitar jam 10 pagi dimana jalan-jalan masih kelihatan karena saljunya yang masih tipis. Eits, itu foto bukan diambil dari google ya, itu foto jepretan sendiri lokasinya di TUAT. Ciamik emang pemandangan pas winter.

Pas hari itu, pemerintah Jepang mewanti-wanti warganya buat pulang rumah lebih awal karena khawatirnya pas malam bakal dilanda hujan salju sehingga ditakutkan membahayakan penduduk dan beberapa sistem transportasi bisa saja terganggu. Jadilah hari itu orang-orang di lab gw pada pulang sekitar jam 1 atau 2 siang.

Snow Fall in Tokyo 2018
Hujan Salju rintik-rintik

Hujan salju turun dari pagi hingga esok harinya. Dan sebagaimana gw bilang sebelumnya, pas malam, hujan salju rintik-rintik berubah jadi hujan salju demplok-demplok plus angin kencang. Dan nekadnya gw, malam itu gw malah pergi ke daerah Musashi buat beli sepatu. Hahaha. Dasar nekad.

Selama di Musashi, bisa dibilang pandangan mata udah agak susah karena hujan salju yang bener-bener lebat dan angin yang kencang. Gw juga sempat lihat antrian orang-orang yang mau naik bus yang lebih panjang dari biasanya. Nggak cuman bus, di beberapa titik juga ada kereta yang nggak bisa jalan karena rel-nya yang tenggelam sama salju. Ternyata bener ramalannya klo sistem transportasi kemungkinan bisa nggak berfungsi akibat badai salju.
Snow Fall in Tokyo 2018
Rel Kereta yang Ketutup Salju

Snow Fall in Tokyo 2018
Antrian Panjang orang-orang yang mau naik bus
Yah maap pemirsa fotonya blur, tapi kayaknya itu emang blur karena badai saljunya deh hahaha (*alesan). Yah intinya meskipun fotonya blur, setidaknya bisa menggambarkan lah ya seberapa panjang antrian orang-orang mau naik Bus. Disisi lain bisa dicontoh nih budaya orang Jepang yang mau ngantri buat naik angkutan umum. Foto itu diambil sekitar pukul 5 sore. Hah? 5 sore kok udah gelap? Yap, pas winter Matahari terbenam jam 5 sore dan ditambah dengan badai (maybe) jadilah langit tambah gelap.

Gw juga sempat memfoto pemandangan dari jendela kamar gw (sekali lagi, norak) buat kenang-kenangan sekalian kirim laporan ke emak gw yang suka nagih-nagih foto terbaru.
Snow Fall in Tokyo 2018
Pemandangan dari Jendela Kamar
Esok paginya karena hujan salju udah berhenti, akhirnya gw sama temen gw se-UI main-main salju di taman TUAT. Dan ternyata nggak cuman gw sama temen gw yang norak, beberapa "anak kecil" juga main-main salju. Jadi, lumayanlah ada temennya (*meskipun anak kecil) nggak 'ndeso-ndeso' amat heheh.

Snow Fall in Tokyo 2018
Megang salju

Pagi itu, salju bener-bener tebel, sekitar 15-20 cm. Di beberapa spot ada sekumpulan orang yang bikin manusia salju. Gw juga sama temen gw mencoba bikin manusia salju, tapi apa daya tangan uda kaku duluan megang salju dan sayangnya kita nggak bawa sarung tangan yang anti air. Jadilah menyerah. Tai gw sempat fotoin orang-orang salju ala kadarnya yang ada di sekitara TUAT. Tapi foto ini gw ambil sekitar 2 minggu setelah hujan salju, jadi sudah banyak sebagian salju yang hampir mencair.
Snow Fall in Tokyo 2018
Snowman ala kadarnya
Oh ya, pas tanggal 25 Januari sebagaimana gw bilang sebelumnya kalau Tokyo mengalami suhu terendah setelah 48 tahun terakhir mencapai -5 C. Jangan tanya, sabun dan shampo gw jadi beku. Jadi, pas mau mandi gw kudu ngerebus sabun sama shampo itu dulu biar mencair. 

Hmm kayaknya itu aja deh ya cerita gw, makasih udah dengerin hahaha (lah, emang siapa woy yang dengerin cerita lu). Sampai juga lagi ^^

0 komentar:

Posting Komentar