Kamis, 15 Februari 2018

4th Week In Japan: Jalan Jalan ke Camii Mosque & Tokyo Tower

Assalamu'alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh


Yap, kali ini mau sharing lagi kegiatan explore Tokyo, hehehe. Di jalan-jalan kali ini agak berbeda sama jalan-jalan sebelumnya yang biasanya melancong bareng geng UI, nah kali ini gw bakal melancong bareng mbak-mbak kelompok liqo. Girl's Days Out gitu dehh. Karena jalan-jalannya bareng sama kelompok liqo, destinasi yang dipilih pun berbau islami. Hehehe. Nah, kali ini kita milih buat berkunjung ke Masjid Camii, salah satu masjid terbesar di Tokyo.

Camii' Mosque

Untuk menuju masjid Camii', bisa turun di stasiun Yoyogi dan lokasi masjid Camii' ini ada di belakang stasiun. Tinggal jalan 5 menit, cus sampai. Masjid Camii' sebenarnya adalah masjid milik Kedutaan Besar Turki di Jepang dan merupakah Masjid terbesar di Tokyo. 

Camii Mosque
Camii' Mosque
Karena masjid ini dimiliki oleh Kedutaan Besar Turki maka arsitektur masjid pun mengikuti arsitektur Turki. Jadi kayak ala-ala mini Blue Mosque gitu deh. Nih bisa dilihat dari arsitektur gerbang masjidnya. Kalau foto disini pasti disangkanya lagi di Turki deh, nggak kelihatan jepang-nya. Kayak pas gw kirim gambar ini ke temen gw, dia ngira gw lagi umroh yang paketan umrohnya include jalan-jalan ke Turki. Hahaha. Aaamiiin-in aja deh. Oh ya masjid ini juga letaknya di pinggir jalan besar kok, jadi mudah ditemui. 


Camii Mosque
Pintu Depan Masjid
Hal pertama yang memyambut gw pas masuk masjid Camii' adalah kurma dan black tea (entah ini black tea Jepang atau black Tea Turki). Yah tanpa tunggu lama, gw langsung comot ae itu kurma hahahha. Secara kapan lagi bisa makan kurma di Jepang. Di Indonesia pun makan kurma kalau pas Ramadhan aja. Oh ya begitu masuk pintu masjid, nggak langsung dihadapin sama ruangan sholat kok, tapi sebelum menuju ke masjid ada semacam lobby untuk menerima tamu, pojok duduk-duduk di samping depot kurma, dan aula untuk acara yang diselenggarakan masjid. 

Camii Mosque
Kurma & Black Tea
Nah, gw termasuk salah satu orang pengagum arsitektur gaya timur tengah akibat takjub sama desain pola-pola geometrisnya. Kenapa arsitektur timur tengah sering memasukkan pola geometris dalam desainnya? Karena di dalam islam gambar makhluk hidup itu dilarang, maka biasanya desain/arsitektur ornamen menggunakan pola geometris. Dan pola-pola geometris ini akan sering kita temui kalau kita berkunjung daerah timur tengah entah untuk menghiasi masjid atau istana kerajaan. Dan nggak cuman di Timur Tengah juga kok, kalau misal kita pergi ke Sevilla, Spanyol dan  berkunjung ke salah satu bekas peninggalan peradaban Islam (Dulu islam sempat berkuasa di Spanyol selama 700 tahun), kita bisa lihat istana dan taman-tamannya yang indah dengan desain geometrisnya. Pola geometris pun juga dipakai di arsitektur Masjid Camii' sebagaimana bisa dilihat pada gambar di bawah. Indah banget kan? MasyaAllah. 

Camii Mosque
Kubah

Camii Mosque
Interior Masjid
Masjid Camii' selain sebagai masjid bagi pemeluk agama islam, juga menerima kunjungan apabila ingin melakukan 'study tour'.  Pas gw kesini ada serombongan orang Jepang yang lagi ikut tour sambil dijelasin pemandu dari pihak kedutaan Turki. Dan untuk peserta wanita yang mengikuti Tour tersebut dianjurkan untuk menggunakan penutup kepala entah itu hijab atau cuman selendang yang intinya nutupin kepala aja. Meskipun guide tournya orang Turki tapi udah fasih bicara bahasa Jepang. Dan nggak cuman guide tour-nya, pegawai yang lain meskipun muka Turki tapi lidahnya fasih bahasa Jepang. Bahkan rombongan ini sempat 'ikut' pas jama'ah sholat Dhuhur. 'Ikut' disini maksudnya duduk dibelakang shaf (tanpa ikut sholat) dan mungkin mengamati (?). Oh ya, btw gw senang banget pas datang kesini pas waktu dhuhur jadi alhamdulillah bisa ikut dengerin adzan setelah sekian minggu ngak dengar adzan di Jepang :" huhu. Untuk laki-laki tempat sholatnya di lantai bawah sedangkan untuk perempuan bisa sholat di bawah tapi kebanyakan sih pada sholat di lantai atas. Setelah sholat dhuhur selesai, gw sempat lihat ada satu grup yang kelihatannya lagi belajar tajwid (hukum cara membaca Al Qur'an) . Dan kalau dilihat dari muka yang belajar sih muka-muka Jepang gitu, sedangkan yang jadi gurunya orang Turki. Saat itu sih gw dengernya mereka lagi belajar baca surat An-Naas.  

Camii Mosque
Belajar Al Qur'an
Pas gw kesini bertepatan banget sama acara Hijab Day yang diselenggarain sama pengurus masjid Camii'. Wah acaranya ngapain tuh? Jadi di acara ini akan diperkenalkan apa itu 'hijab', kenapa harus berhijab, dan tutorial berhijab. Acara ini pun terbuka untuk umum. Pas gw ikut ini justru lebih banyak mbak-mbak yang nggak berhijab ketimbang yang berhijab. Kayaknya yang berhijab itu cuman rombongan gw sama mbak-mbak Turki deh, hahaha, yang lain rata-rata orang Jepang. Dan memang tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk memperkenalkan hijab yang pasti akan lebih ngena kalau sasarannya yang belum/tidak berhijab. 

Camii Mosque
Poster Hijab Day
Sehabis acara Hijab Day, peserta diminta untuk menuliskan kesan-pesannya di papan. Dan inilah diaa kesan-pesan mereka ^^. 

Camii Mosque
Kesan Pesan Peserta
Usai acara hijab Day, gw balik lagi ke lobby depan. Nah di lobby depan ini ada semacam stand yang jualan makanan dan pernak-pernik khas Turki. Harganya juga murah-murah kok. Untuk makanan dijual di range 150-600 yen. Dan gw sempat beli kue kering disini seharga 150 yen mumpung kapan lagi bisa beli roti halal. Gw lupa nama roti gw apa cuman dia agak mirip sama 'castangel' kalau di Indonesia. Temen gw yang lain ada yang beli gantungan kunci & tempelan kulkas Turki. Oh ya, yang bikin shock lagi adalah mas-mas Turki yang jaga kasir bisa bahasa Indonesia. Hohoho. Trus temen gw yang dari tadi ngoceh kalau mas-mas Turki disini pada ganteng-ganteng akhirnya malu deh setelah tahu abang Turkinya paham bahasa Indonesia. Hahaha. Dan abang Turkinya pun ikut tersenyum malu penuh arti. Ihiiyy. 

Camii Mosque
Stand Jajanan dan Oleh-Oleh Khas Turki

Tokyo Tower

Usai sholat Ashar di Masjid Camii', kita pun bingung mau apa dan bagaimana. Kalau pulang, kok ya sayang secara masih jam 3 sore dan rasanya kurang sreg kalau pulang matahari masih kelihatan. Akhirnya,  kita pun memutuskan buat (lanjoot) berkunjung ke Tokyo Tower secara belum ada satupun dari kita yang pernah ke Tokyo Tower. Hohoho. Gw juga senang akhirnya bisa kesampaian juga ke Tokyo Tower setelah di edisi jalan-jalan gw minggu lalu (baca disini) cuman bisa lihat Tokyo Tower dari kejauhan di Ropponggi Hills. Dan yah, Tokyo Tower beda sama Tokyo Skytree (dulu gw kira mereka sama). Gw udah pernah bikin post jalan-jalan ke Tokyo Skytree, kalau berminat baca boleh berkunjung disini. #promosi. 

Tokyo Tower
Tokyo Tower
Nah inilah dia foto Tokyo Tower. Hmmm macam Menara Eiffel KW kali yak. Hehe. Malah kalau kata gw mirip menara SUTET kalau di Indo #plakk, cuman bedanya menara ini lebih tinggi, bercahaya, dan dikelola dengan baik (bedanya banyak banget -,-, nggak mirip dong berarti). Setelah gw googling, ternyata Tokyo Tower ini aslinya adalah stasiun pemancar radio. Cuman karena dia cantik dan 'tourist-able' diubahlah menjadi tempat wisata. Salah satu spot menarik di Tokyo Tower adalah taman kecil di bawahnya yang dihiasi dengan illuminations. Banyak pengunjung yang foto-foto di taman illuminations ini. Triknya adalah pakai kamera yang kualitas bagus dan settingan kamera yang sesuai biar bisa dapet hasil jepretan yang ciamik di illuminations ini, ya biar hasilnya nggak macam hasil foto gw yang blur blur gimana gitu. Hahaha. Salahnya gw pas foto ngatur brightness-nya ketinggian, karena pikir gw biar nggak gelap gitu tamannya, eh malah jadinya blur/nyaru gitu cahaya lampunya -,-. Yah meskipun jelek, gw tetep mau 'berbagi' hasil jepretan gw yang ala kadarnya.
Tokyo Tower
Jalan Ala-Ala
Tokyo Tower
Mini Tokyo Tower
Berpindah dari suasana outdoor, masuklah kita ke dalam Tokyo Tower ini.Yap didalam Tokyo Tower ada banyak kafe, restauran, dan spot buat beli oleh-oleh khas Jepang. Tapi kalau kata temen gw, lebih murahan di Asakusa pernak-perniknya ketimbang disini (Oke fix entar balik lagi ke Asakusa sebelum balik Indo buat beli oleh-oleh, yes). Buat pecinta anime One Piece mungkin bisa kelabakan disini karena disini ada museum One Piece, kafe One Piece, dan toko yang menjual One Piece. Yah, karena gw bukan penggemar One Piece, gw cuman mampir ke toko yang jual pernak-pernik One Piece namanya Mugiwara Store.

Tokyo Tower
Mugiwara Store 
Apa aja yang dijual? Ada gantungan kunci, mini statue, buku, notebook, tempat pensil, tempelan kulkas, majalah, dll yang bertema One Piece. Juga banyak standing statue karakter One Piece dan temen gw yang fans One Piece pun foto-foto di setiap standing statue yang ada. Gw pun nggak mau kalah, gw juga ikut foto #plakk, tapi bukan di patung2nya One Piece tapi di spot foto tokonya. Pertanda klo udah pernah kesini wkwkwk. 1,, 2,, 3,, Cekrek!!!
Tokyo Tower
Mejeng dulu
Yah itu dia cerita jalan-jalan gw di weekend ke 4 di Jepang. Semoga bermanfaat, siapa tahu ad yang lagi bikin itinerary buat ke Tokyo. hohoho. Oh ya gw lupa cerita, jadi dekat Tokyo Tower ada restoran halal yang jual curry dan makanan Pakistan lainnya, jadi recommended nih buat pelancong muslim yang ingin cari makanan halal pas ke Tokyo Tower. So, see you next week di post jalan-jalan selanjutnya ^^

Wassalamu'alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh

0 komentar:

Posting Komentar