Rabu, 21 Februari 2018

Pengalaman Lolos Seleksi Beasiswa Daewoong

Nah ini adalah tulisan kedua gw tentang beasiswa setelah sebelumnya gw ngepost tentang pengalaman gw ikut seleksi beasiswa goodwill (selengkapnya bisa dibaca disini). Motivasi gw bikin post tentang beasiswa Daewoong karena keterbatasan informasi tentang beasiswa ini saat gw berusaha searching waktu jaman-jaman pendaftaran dahulu. Justru pas gw searching dan ketikkan "Daewoong" di google yang muncul malah Daewoong tokoh utama pria di drama korea "My Girlfriend is Gumiho" -,-. Oleh karena itu, gw berharap semoga post ini bisa bermanfaat untuk para pencari informasi Beasiswa Daewoong (bukan Daewoong Gumiho).

Beasiswa Daewoong
"Daewoong"
Kalau kalian baca post gw waktu ikut beasiswa goodwill, kalian mungkin tahu kalau gw kalap dalam hal daftar-daftarin beasiswa saking ambisinya pingin dapet beasiswa. Jadi selain goodwill, gw juga daftar beasiswa Daewoong setelah itu. Kalau nggak salah beasiswa Daewoong sudah buka di bulan Juni. Dan yang bikin gw tertarik adalah beasiswa Daewoong ini menawarkan beasiswa sebesar 1000USD untuk tiap orangnya. Gimana nggak ngiler coba!? Waktu itu harapan gw kalau misalkan dapat beasiswa ini gw bisa makai uangnya buat biayain penelitian skripsi gw jadi biar nggak minta emak-bapak lagi. Mulia banget kan? wkwkkw.

Seleksi Dokumen

Oke, balik ke topik beasiswa. Jadi apa yang perlu gw persiapkan?
1. Transkip IPK
2. Surat Keterangan Membutuhkan Beasiswa
3. Surat Keterangan sedang tidak menerima beasiswa
4. Surat Keterangan bukan Perokok Aktif
5.Scan KTM
6. Fotokopi KK
7. CV (aktif mengikuti kegiatan mahasiswa)

Beasiswa Daewoong
Poster Informasi Beasiswa dari BEM saat itu
Kalau menurut pendapat gw yang udah malang melintang (*cielah, sombong amat) di dunia pendaftaran beasiswa via beasiswa.ui.ac.id, syarat-syarat beasiswa Daewoong ini lumayan mudah dan cepat untuk diwujudkan. Jadi bisa dibilang nggak ada kesulitan berarti yang gw temui saat itu.

Salah satu poin yang perlu diperhatikan adalah bahwa pihak Daewoong menginginkan agar penerima beasiswanya sebaiknya orang yang memiliki latar studi bioteknologi atau akan berkecimpung baik itu dalam hal penelitian ataupun pekerjaan di bidang Bioteknologi. Jadi pas bikin essay, tulislah kenapa kalian dinilai 'memenuhi' persyaratan tersebut.

Hmm ada apa antara Daewoong dan Bioteknologi?
Jadi begini gaes, Daewoong sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Bioteknologi berasal dari Korea Selatan. Di Indonesia sendiri Daewoong memiliki kantor pusat di Jakarta dan pabrik untuk produksi yang berlokasi di Sidoarjo. Gw sudah pernah melakukan company visit bareng teman-teman sekelas Rekayasa Protein. Mungkin kalau gw rajin gw bakal bikin post-nya hehe. Pabrik Daewoong di Sidoarjo udah benar-benar dilengkapin alat-alat lab super canggih. Makanya nggak heran mereka ngasih beasiswa 1000USD/anak.

Pengumuman

Yah inilah sisi keenakannya beasiswa Daewoong. Kalau beasiswa lainnya ada tahapan tes seleksi inilah itulah, Daewoong langsung pengumuman guys. Dan waktu itu pengumumannya bulan November via telefon. Gw ditelefon sekitar jam 10-an, disitu gw diberi tahu kalau gw lolos menjadi salah satu penerima beasiswa dan gw diharuskan datang ke acara pemberian beasiswa siang itu. SIANG ITU. Mendadak banget. Inget banget pas ditelefon posisi gw lagi di parkiran motor Teknik. Kaget lah gw, pas siang sebenarnya ada kelas, tapi demi beasiswa gw relain bolos *bleh. Oh ya untuk berita penganugrahan beasiswanya bisa baca disini, ortu gw ngirimin link ini waktu tahu gw keterima beasiswa.

Datanglah siang itu gw ke venue acara di RIK, dan disana sudah ada beberapa penerima beasiswa lainnya. Total penerima beasiswa ada 35 anak yang berasal dari Fakultas Teknik, FMIPA, dan Rumpun Ilmu Kesehatan. Jadi total 35000USD yang digelontorkan pihak Daewoong untuk pemberian beasiswa ini.  Jumlah anak fakultas Teknik paling dikit diantara fakultas yang lain. Waktu angkatan gw jumlah penerima dari Fakultas Tenik cuman 4 orang: gw, 2 anak teknologi Bioproses 2015, dan 1 cowok elektro 2014. Tiap penerima beasiswa akan diberi semacam piagam penghargaan. Nah nanti kapan-kapan gw update foto gimana bentuk piagam penghargaan dari Daewoong karena piagam gw ada di Indonesia. [Update, akhirnya gw foto piagamnya]

Beasiswa Daewoong
Piagam Beasiswa Daewoong

Selain pemberian beasiswa, acara juga diisi dengan promosi Perusahaan Daewoong Infion Indonesia plus kesan-pesan dari seorang alumni UI yang kini bekerja di Daewoong. Acara pun ditutup dengan makan-makan wuenaakk.Untuk dokumentasi acaranya, nih gw kasih foto temen gw aja hahaha. Dia kebetulan junior gw di Teknologi Bioproses 2015 yang sama-sama dapat Beasiswa Daewoong. *Pinjem mukanya ya wkwkwk

Beasiswa Daewoong
Penganugrahan Beasiswa Daewoong

Pencairan Beasiswa

Duit beasiswa nggak serta merta dikasih pas acara melainkan baru cair sekitar sebulan setelah acara. Waktu itu duit yang masuk ke rekening gw sekitar 10juta-an. Yah, padahal sebenarnya gw berharap duit yang masuk sesuai kurs rupiah 13.000/USD wkwkw. Tapi yaudahlah gw tetep bersyukur. Alhamdulillah.

Nah, setelah mendapat beasiswa, para penerima tidak memiliki kewajiban sama sekali, SAMA SEKALI,  untuk membuat laporan pertanggungjawaban ataupun kewajiban seperti harus menghadiri pelatihan sebagaimana beasiswa-beasiswa lainnya. Benar benar murni "diberi". Tapi itu pas beasiswa Daewoong angkatan gw ya, belum tahu gimana kalau angkatan sesudah gw.

Nah jangan pakai lama, hayuk buruan daftar beasiswa Daewoong!!!

8 komentar:

  1. Kakk mau nanya, klo udh tamat harus kerja di perusahaan daewong yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf ya baru balas.

      Kalau untuk beasiswa daewoong, tidak ada kontrak harus kerja di Daewoong. Jadi Daewoong murni hanya beasiswa saja.

      Semoga informasinya membantu yaa

      Hapus
  2. Kakk mau nanya, klo udh tamat hrus kerja di perusahaannya daewoong yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo titis, jawabannya udah dijawab di atas yaaa

      Hapus
  3. Kak, aku mau tanya, kan kakak lulus Daewoong dan Goodwil, terus itu diambil keduanya gapapa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Tarisza, mohon maaf baru balas ya.

      Yes alhamdulillah gpp, dan dari akunya sudah mengabarkan ke masing-masing beasiswanya kalau ak dapat beasiswa lain juga.

      Biasanya yang jadi masalah itu apabila kita dapat lebih dari 1 beasiswa bulanan, sedangkan di kasus aku enggak. Beasiswa goodwill kan keluarnya tiap bulan sampai lulus kuliah sedangkan beasiswa Daewoong hanya dikeluarkan sekali saja (abis itu g ada lagi), nah kalau kasus seperti ini diperbolehkan. Tapi kalau misal dapet beasiswanya sama2 berbentuk uang bulanan misal dapat goodwill dan beasiswa KSE, nah itu biasanya harus memilih salah satu dan kudu mengundurkan diri di salah satunya.

      Nah makanya setelah ak dapat beasiswa goodwill, ak cari-cari beasiswa yang sifatnya bukan bulanan karena memang tujuanku buat cari uang tambahan untuk persiapan skripsi saat itu.

      Semoga jawabannya membantu ya :D
      Makasih udah mampir.

      Hapus
  4. Ka mau nanya, beasiswa ini bisanya pas daftar kuliah apa masuk kuliah ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Tita
      untuk beasiswa ini daftarnya saat sudah kuliah ya.
      Jadi UI sendiri punya semacam website khusus yang menyediakan info berbagai macam beasiswa yang bisa dilamar mahasiswanya. Nah darisitu mahasiswa bisa cari-cari info kira-kira beasiswa mana yang bisa dia daftar (sesuai kualifikasinya) dan syarat-syaratnya apa saja.

      Semoga jawabannya membantu ya

      Hapus