Selasa, 15 Desember 2020

[PART 2] Pengalaman Pakai RATA.ID: Jurnal Perjalanan dan Testimoni

 Assalamu'alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh

Post ini adalah kelanjutan dari post sebelumnya tentang pengalaman gw pakai RATA.ID. Di tulisan ini akan berisi pengalaman pakai RATA.id mulai dari pemakaian set aligner ke-2 sampai seterusnya (selesai pakai aligner, retainer, dan tetek bengeknya). Kenapa gw bagi jadi 2 part? Karena ternyata kalau dibuat 1 post terlalu panjang euyy *ya maklum lah ya, gw orangnya agak ceriwis jadi tulisannya panjang-panjang hohoho

Nggak pakai lama, langsung cek aja 👇


Pemakaian Aligner ke 2-4 (20 November - 20 Desember 2020)

Oke sebagaimana dibilang sebelumnya, gw menggunakan periode 10 hari untuk tiap penggunaan aligner. Jadi sejak 20 November sampai sekarang, gw udah berada di tahap aligner ke-4. Pertanyaannya: gimana rasanya pas pergantian aligner? Apakah rasanya sesakit itu seperti saat pertama kali pakai aligner ke-1? Kalau menurut pengalaman gw sih enggak ya. Rasa ketat? iya. Tapi kalau rasa sakit sih enggak, masih bisa ditoleransi, dan oke-oke aja buat bolak-balik copot aligner pas makan. Sebagaimana pengalaman gw di pemakaian aligner 1, pada 3-4 hari pertama pemakaian set aligner baru akan terasa kurang nyaman termasuk saat mengunyah makanan. Di beberapa waktu, gw merasa ada beberapa gigi gw yang goyang dan mungkin memang gigi itu yang sedang digerakkan oleh alignernya. Tapi level goyang-nya yang nggak parah banget, bukan yang pas lu copot alignernya maka giginya jadi ikut copot. Enggak sampai segitunya kok hahaha. Ini bisa jadi concern buat yang mau pakai aligner tapi giginya dari awal ada yang goyang, bisa dikonsultasiin ke dokter bisa tidaknya pakai treatment RATA, dikarenakan prosedur yang melibatkan penggerakan gigi dari posisi semula tentunya butuh kondisi gigi yang kuat dan sehat.

Selama periode ini, gw sempat kehilangan aligner ke-3 di hari ke-7 pemakaian, gara-gara gw-nya yang sembarang naruh aligner waktu makan dan ART ngira itu sebagai sampah. Gw udah berusaha ngorek-ngorek tempat sampah tapi tetep nggak ketemu. Yaudah deh, gw langsung tanya ke CS-nya: apakah sebaiknya gw beli aligner lagi karena pemakaian masih di hari ke-7, atau langsung loncat ke aligner 4 dimana kondisi saat itu set aligner ke 4-9 belum nyampe di rumah (fyi, RATA ngirim set aligner gw dalam 2 batch, batch 1: aligner 1-3, batch 2: 4-9). Si Mbak CS-nya minta gw buat nyoba dulu aligner ke-4, kalau misal nggak muat, baru deh beli aligner ke-3 yang harganya 300 ribu per rahang -saran buat kalian jaga dengan baik si aligner jangan sampai hilang dan ngeluarin duit lagi, plus kenalkan aligner tersebut ke orang-orang rumah biar tahu kalau itu penting dan nggak dikira sampah ya :" Sambil menunggu datangnya aligner 4-9, gw disarankan menggunakan aligner ke-2 dulu untuk mencegah relaps a.k.a gigi kembali ke posisi awal. 

Pengalaman pakai RATA.id
Sebagian chat dengan CS RATA saat aligner 3 hilang

Mungkin udah rezekinya, malam itu juga aligner ke-4 sampai di rumah jadi gw nggak perlu lama-lama pakai aligner ke-2. Pas pertama kali masukin, susah banget uyyy. Udah susah, sakit, nggak bisa masuk full pula. Sakitnya jauuuh lebih sakit ketimbang pas pertama kali pakai aligner ke-1. Gw nyerah karena terlalu sakit. Mungkin rasa sakit ini disebabkan karena gigi gw yang udah mulai relaps ke posisi aligner ke-2 terus dipaksa fit sama aligner ke-4, jadinya syusyaaah. Untuk rahang bawah sih nggak masalah tetep bisa masuk, tapi rahang atas yang ada gigi seri miringnya itu lho susah masuk. Gw curhat ke CS minta solusi. Gw juga berdoa minta agar alignernya bisa masuk di gigi gw. Selanjutnya gw masih usaha, dan pakai bantuan chewy. In the end, entah gimana ceritanya, besok paginya aligner tersebut bisa masuk ke gigi gw dengan rasa sakit yang masih bisa ditoleransi. Alhamdulillah :"

Saat aligner ke-4 mentok nggak bisa masuk ke gigi

Sampai aligner ke-4 ini, perubahan posisi gigi gw udah lumayan berubah meskipun belum terlalu siginifikan, bisa dilihat di gambar di bawah. Gw cuman tampilin gigi di rahang atas, karena toh gigi rahang bawah gw dari awal udah lumayan rapi jadi gw nggak ngeh juga berubahnya kayak gimana hohoho. 

Pengalaman pakai RATA.id
Foto before after sampai aligner ke-4
Oke, itu dia update gw yang -sekali lagi- panjang kali lebar tentang pemakaian aligner set ke-2-4. Semoga bermanfaat ya. Update-an selanjutnya mungkin akan gw tulis setelah selesai pemakaian semua set aligner (aligner ke-9) atau saat ada kejadian khusus. Don’t hesitate to comment below if u have any questions or something to discuss about 😁 Ciao!


Pemakaian Aligner ke 5-7 (20 Desember 2020 - 20 Januari 2021)

Ternyata, tidak seperti perkiraan gw sebelumnya bahwa post baru akan diupdate setelah selesai aligner ke-9 yaitu di bulan Februari, namun ternyata gw update post sekarang wehehe karena ada sesuatu "hal" yang terjadi. Jadi untuk pengalaman penggunaan aligner mulai dari set 5-7 berjalan dengan lancar jaya. Semuanya fit dan nggak ada masalah. Apakah masih terasa sakit tiap saat pergantian dan pemakaian aligner? Hmm, kalau dari pengalaman gw sih udah enggak ya. Ya mungkin gw udah terbiasa bolak balik ganti aligner, jadi yaudah biasa aja gitu hahaha. Akhirnya di setiap pergantian aligner, yang dirasakan hanya rasa ketat, tidak sampai sakit/perih. Intinya sampai aligner set 7 semua berjalan lancar. Ini foto posisi gw saat masuk aligner 7, dimana udah mulai kelihatan rapi dibanding kondisi awal.

Kondisi gigi di set aligner 7


Aligner 8 dan 9 yang Tidak Fit (20 - 25 Januari 2021)

Masalah mulai muncul saat pergantian aligner ke set 8. Entah gimana ceritanya, si aligner set 8 untuk rahang atas nggak bisa fit di gigi gw. Nggak fit-nya gimana? Jadi gw berasanya nggak seimbang antara kanan dan kiri. Kalau gw ngencengin yang bagian kanan, yang kiri jadi turun; dan sebaliknya. Udah gw coba dengan secara bersamaan menahan bagian kanan maupun kiri gigi rahang atas dengan tangan, sambil menggigit chewy di gigi seri tengah; okelah si aligner bisa masuk; tapi di bagian gigi seri tengah ada space yang lumayan besar antara gigi gw dan si aligner. Ini baru pertama kali terjadi sepanjang sejarah makai aligner RATA. Yaudah gw lapor ke CS RATA, setelah tanya-tanya dan konfirmasi tentang masalah gw, mereka meminta agar mencoba aligner set-9. Oke gw coba, dan malah semakin tidak fit; bahkan jarak space antara gigi seri atas dengan aligner makin besar, dan gw ngerasanya aligner ini malah mendorong gigi seri atas gw yang miring itu makin ke atas dari sebelumnya, yang mungkin itulah yang menjadi penyebab space antara gigi dengan aligner makin besar (?) Hmm nggak tahu juga sih, ini gw hanya menduga-duga aja. Karena ketidak-fit-an 2 set aligner tersebut, gw diminta oleh si CS RATA untuk tetap memakai aligner 7 dahulu.

Tidat fit dan adanya selisih jarak vertikal
antara gigi seri atas kanan dan kiri 😞

Selain masalah di atas, ada hal lain yang juga gw keluhkan ke CS RATA, yaitu ketidak-samaan antara gigi gw dengan video simulasi. Maksudnya adalah dimana posisi gw sekarang udah tinggal nyelesein 2 set aligner aja, tapi yang terjadi: ada jarak vertikal antara gigi seri atas kanan dan kiri yang lumayan jauh dan berbeda dengan di video simulasi dimana di video simulasi bisa dikatakan hampir tidak ada jarak vertikal antara gigi seri atas kanan dan kiri. Hal itu membuat gw nggak yakin sisa pemakaian 2 set aligner ini bisa merubah secara signifikan agar posisi gigi akan sama dengan yang ada di video simulasi. CS RATA pun membalas kalau misal hasil akhir nantinya tidak sama dengan video simulasi, maka dokter mungkin akan memberikan tambahan aligner sampai posisi gigi kita sesuai dengan video simulasi, dan itu semua tidak dikenakan tambahan biaya, alias GRATIS. Oke, gw setuju. 

Selanjutnya CS RATA membuatkan gw appointment untuk konsultasi dengan dokter RATA terkait masalah gw yaitu si aligner yang tidak fit, ketidaksamaan dengan video simulasi, & rencana ke depan akan gimana. Appointment-nya sendiri tanggal 26 Januari 2021 besok di klinik Pure, Menteng. Jadi setelah konsul, akan gw update lagi post ini. Semoga hasilnya nanti tidak ada masalah yang berarti & bisa lancar treatment-nya sampai selesai. Aaaamiiin. Oke, see u on the next update! Ciao!


Konsultasi offline ke dokter gigi RATA (26 Januari 2021)

Akhirnya datanglah gw ke klinik RATA Pure di Menteng. Setelah konsul ke dokter mengenai apa keluhan gw, maka dokter pun merapikan sedikit slicing di gigi seri atas, dan voila si aligner ternyata bisa fit pas dipasangin dokternya. -Gw nggak tahu kenapa kok sebelumnya pas gw pasang sendiri, bisa nggak fit ya 😐-. Yes, memang masih ada sedikit gap antara si aligner dengan gigi seri atas, tapi kata dokter gap-nya masih tolerable. Dokter pun menyarankan agar gw tetap lanjut pakai set aligner sampai selesai. Okelah, gw setuju. 

Konsul Offline Kedua Kalinya di Klinik Pure Menteng

Lalu, terkait dengan kekhawatiran bahwa mungkin setelah selesai set aligner 9, kondisi gigi masih belum sesuai dengan yang ada di video simulasi -yaitu adanya jarak vertikal antara gigi seri atas kanan dan kiri-, maka si dokter menjelaskan beberapa opsi yang bisa dilakukan, tentu salah satunya adalah penggunaan set aligner tambahan. Dokter juga menjelaskan seperti apa strategi pemasangan aligner tambahan yang akan dilakukan. Mendengar penjelasan dokternya yang lengkap dan detail, gw pun setuju. Oh ya, mumpung lagi konsul ini, gw juga menanyakan hal-hal lain terkait per-gigi-an di luar topik treatment RATA, dan dokternya pun mau menjelaskan dengan baik dan detail pula, serta memberikan saran-saran. Puas deh pokoknya sama pelayanan dokternya. 

Selain itu, mumpung lagi di klinik juga, gw memanfaatkan untuk sekalian scalling gigi -ya emang disuruh dokternya juga sih gara-gara udah mulai terbentuk plak wahahaha-. Total uang yang gw habiskan adalah Rp 425.000 dimana 400 untuk scalling sedangkan 25 untuk APD -jadi sesi konsulnya memang beneran gratis karena sudah include di biaya yang kita bayar di awal untuk treatment RATA-. Yap, kali ini gw udah nggak bisa pakai voucher diskon lagi, karena udah habis dipakai saat sesi konsultasi sebelumnya 😅. Nah itu dia update dari gw. Semoga bermanfaat. Gw mungkin akan update lagi sekitar pertengahan Februari yaitu setelah semua set aligner selesai dan setelah konsul dengan dokter giginya lagi. Oke, ciao!


Konsul Offline, Cetak Gigi, & Rencana Penambahan Aligner (11 Februari 2021)

Setelah kelar semua set pemakaian aligner -total 9 aligner atas dan 9 aligner bawah-, maka dilanjutkan dengan konsultasi offline dengan datang langsung (lagi) ke klinik RATA Pure, Menteng. Sebagaimana udah gw bilang di update sebelumnya, kalau kondisi gigi rahang atas gw kurang sesuai dengan video simulasi yang diberikan RATA di awal, oleh karena itu gw "protes" mengenai hal ini saat konsultasi; sedangkan untuk kondisi rahang bawah: gw sudah puas dan memang sudah sesuai dengan video simulasi. Dari sesi konsultasi ini, dokter memang pada akhirnya menyarankan untuk memberikan aligner tambahan pada gigi rahang atas (free), sedangkan untuk rahang bawah -dimana gw sudah puas dengan hasilnya- akan langsung diberi retainer (free juga). 

Positioning gigi seri atas kiri yang berbeda
dengan hasil akhir video simulasi

Sesi pun berlanjut dengan pencetakan gigi, dimana hasil pencetakan gigi rahang bawah diperuntukkan untuk pembuatan retainer sedangkan pencetakan gigi rahang atas untuk basis pembuatan video simulasi guna desain aligner tambahan. Mengenai berapa jumlah aligner tambahan yang akan gw peroleh masih belum diketahui, karena tergantung hasil simulasi dan keputusan dokter. Di sesi konsultasi ini, gw hanya mengeluarkan uang sebanyak 25k saja untuk APD. -Untuk retainer sendiri, alhamdulillah gw dapat gratis, karena pas beli paket RATA dapat promo hari raya dimana free retainer (senilai 2 juta) dan voucher treatment 1,1 juta. Alhamdulillah 😋- Nah kata dokternya, proses menunggu retainer, aligner tambahan, dan konsultasi lagi ini akan memakan waktu 14-21 hari. So, let's see what will gonna happen in the next 3 weeks!

Anyway, terkait retainer. Tadi dokter menjelaskan bahwa dalam memakai retainer, selama 3 bulan pertama masih berlaku aturan pemakaian minimal 22 jam sehari. Namun setelah itu, retainer dapat dipakai hanya saat tidur malam saja dan dilakukan setidaknya selama 1,5 tahun. Mungkin kalian yang mendengar akan kaget ya, "hah? 1,5 tahun? lama ameet 😱". Nah, gw sendiri sudah pernah searching-searching tentang seluk-beluk treatment orthodontist, jadi gw udah tahu fakta bahwa treatment orthodontist tidak akan berhenti begitu saja saat lepas behel/aligner/invisalign, melainkan masih ada retainer yang menanti; jadi udah nggak kaget lagi hohoho. Makanya, buat orang yang memutuskan untuk menjalani suatu rangkaian treatment orthodontist apapun jenisnya (behel kek, invisalign kek, aligner kek); penting bagi dia untuk berkomitmen karena akan menjalani proses yang sedemikian panjang, bahkan ada beberapa kasus dimana dibutuhkan gigi yang dicabut, gigi dioperasi, surgical exposure, atau bahkan dipasang sekrup di gusinya 🙄. Apa yang akan terjadi kalau kita males atau ogah pakai retainer? Ya siap-siap aja menerima kenyataan kalau kondisi gigi yang sudah rata tadi dimana kita sudah berkorban biaya-tenaga-waktu bahkan berkorban perasaan pula (soalnya ngalamin sakit :P ), bisa-bisa akan balik berantakan lagi. Nyesek nggak tuh 😤

Those comments tho :"


(update 7 Juni 2021)
Haii guys, maaf banget off sekitar 4 bulan tidak lanjut menulis update-an lagi dikarenakan sedang banyak sekali kesibukan kuliah hehehe. Oke sebagai gantinya, hari ini gw akan me"rapel" progres-progress per-gigi-an selama 4 bulan ini. Cekidot!

Retainer Rahang Bawah Sampaiii (24 Februari 2021)

Sebagaimana gw bilang sebelumnya bahwa gw sudah puas untuk hasil akhir rahang bawah, maka step selanjutnya adalah pemakaian retainer. Set retainer rahang bawah pun sampai pada 24 Februari 2021. Gw pakai dan fit! Alhamdulillah. Oke, jadi selama kurang lebih 2 tahun ke depan, gw harus tetap "istiqomah" dengan pemakaian si retainer rahang bawah ini.


Set Retainer Tambahan untuk Rahang Atas Sampaiii (19 Mei 2021)

Setelah menunggu sekian purnama, akhirnya set retainer tambahan untuk rahang atas untuk keperluan refinement pun sampai. Pihak RATA pun meminta maaf ke gw karena proses yang "lama" tersebut dan sebagai gantinya gw dibebaskan ongkir pengiriman set retainer tersebut -kata CSnya sejak Februari 2021, sudah tidak ada lagi gratis ongkir-.

Total terdapat 8 set aligner, artinya gw harus berproses lagi dengan si aligner ini selama 80 hari agar mendapatkan susunan gigi rahang atas yang diinginkan. Untuk pemakaian set aligner harus didahului dengan konsultasi dengan dokter RATA. 


Konsultasi Offline di Klinik RATA Menteng (26 Mei 2021)

Hari yang ditunggu tiba. Di sesi konsultasi ini, dilakukan penambahan attachment di gigi seri rahang atas, gunanya untuk membantu menurunkan gigi seri kiri tersebut agar nanti hasil akhirnya sejajar (tidak ada gap lagi seperti kondisi sekarang). Selain itu, dokter me-notice ada yang aneh di gigi seri kiri atas tersebut dimana kondisi warna gigi agak berubah menjadi putih pucat. 

Dikarenakan khawatir ada masalah pada gigi tersebut, maka gw disarankan untuk tidak dulu memulai menggunakan set aligner, melainkan selama 1-2 minggu ke depan disarankan untuk memakai training set 0 saja untuk gigi rahang atas. Selanjutnya akan dievaluasi oleh dokter mengenai apakah sudah bisa untuk memulai pemakaian set aligner tambahan tersebut atau tidak. Oke, kita tunggu bagaimana kelanjutannya nanti, semoga gigi gw baik-baik saja. Aaaamiiin


Pemakaian Aligner Refinement (Juli - Oktober 2021)

[Update 15 Okt 2021]. Haii, setelah 5 bulan, akhirnya baru update post lagi hehehe. Melanjutkan update-an sebelumnya, ternyata butuh waktu lebih dari 1 bulan hingga akhirnya gw bisa start memakai refinement aligner, hal ini dikarenakan gigi seri kiri atas yang masih terlihat "kurang sehat", jadi pemakaian aligner ditunda sampai gigi sudah benar-benar siap dan sehat. Long story short, Juli 2021 gw mulai memakai aligner refinement (tambahan), lalu pada Oktober 2021, ke-semua 8 set aligner refinement untuk rahang atas selesai digunakan. Saat memakai set refinement ini, gw udah nggak merasa rasa sakit atau ngilu lagi. Mungkin udah terbiasa kali juga kali ya. 

Proses pemakaian refinement aligner berjalan lancar hingga set ke-6, mulai set ke-7 hingga 8 entah bagaimana gigi seri kiri atas -yang memang menjadi tujuan awal proses refinement- tidak mau mengikuti pergeseran aligner, alias giginya bandel. Terdapat gap vertikal antara gigi dengan aligner (yap, kembali kejadian seperti saat gw pakai aligner 8 & 9 di update bulan Januari 2021)

Muncul gap lagiii :"

Gw pun berusaha menghubungi pihak RATA, dan mereka menyarankan agar gw rutin menggigit chewy 3x sehari selama 5 menit. Udah gw lakuin, tetep aja posisi giginya nggak mau berubah ngikutin refinement aligner-nya. Hingga akhirnya sampai set refinement terakhir yaitu set ke-8, gigi tersebut tetep "keras kepala".


Konsultasi Akhir dan Scan Gigi (10 Oktober 2021)

[Update 15 Okt 2021]. Di konsultasi akhir ini, gw sekalian bilang ke dokter bahwa giginya kembali "bandel" nggak mau ngikutin pergerakan aligner. Pihak RATA menanyakan apakah gw mau kembali ikut prosedur refinement lagi, namun akan keluar biaya tambahan karena jatah refinement 1x udah gw pake. Jawaban gw: enggak, cukup, hahaha. Gw pikir yaudalayaa, emang ni gigi udah bandel kali dari sononya, lagian klo dilihat dari awal sampai sekarang, terdapat perubahan yang signifikan, nggak perlu perfect-perfect banget laaa.

Perjalanan gigiiii

Karena gw tidak mau melakukan prosedur refinement lagi, akhirnya proses pun dilanjutkan dengan scan 3D gigi untuk membuat retainer rahang atas. Sebelumnya, gw nambal dulu 1 gigi yang kebetulan tambalannya copot. Nah ini penting juga nih buat dilakukan, karena retainer akan digunakan selama >1 tahun, maka sebaiknya kondisi gigi sudah "rapi dan sehat". Klo misal di tengah-tengah pemakaian retainer baru mau tambal gigi, bisa jadi nanti retainernya kurang fit saat dipakai karena terjadi perubahan bentuk topografi gigi akibat tambalan tadi. 

Btw, dibanding scan 3D gigi, gw lebih prefer giginya dicetak pake putty deh (yang adonan warna biru ke-ungu-an), dikarenakan -entah memang begitu adanya atau nurse-nya yang agak kasar- selama proses scan 3D, gusi gw berasa kayak disodok-sodok, sampai beberapa kali gw ngasih isyarat ke nurse-nya karena nggak kuat sakit. Bahkan sampai sekarang gw nulis post ini (15 Oktober 2021), masih kerasa sakit gusinya 😪. Proses scan selesai, maka tinggal menunggu retainer rahang atas dikiriimm. 


By the way, di update-an sebelum-sebelumnya gw sempat bilang bahwa salah satu hal yang kurang gw suka dari RATA adalah pihak CS-nya yang kurang tanggap dan slow response. Nah beberapa bulan terakhir ini, sudah ada perubahan di bagian CS-nya, dimana lebih terorganisir plus lebih fast response. Gudjob laa buat RATA yang mau mengimprove layanannnya 👍


Retainer sampaiiiii (18 Oktober 2021)

[Update 1 Januari 2022] Haduuu parah banget ya update-nya hahaha. Retainer udah sampai dari Oktober, ehh sampe udah ganti tahun jadi 2022 baru diupdate 😆 Oke, maaf, kembali serius. Jadi hanya berselang 8 hari saja dari scan gigi, alhamdulillah retainer sampai. Cepet banget yaaa. Sayangnya entah salah dari pihak RATA-nya atau kurir, bisa-bisanya box RATA yang dikirim penyok dan sobek :"" Untung dalemnya nggak masalah.

Kiriman retainer dari RATA

Menurut keterangan di kertas yang terinclude di box, aturan pemakaian aligner adalah selama 6-12 bulan di malam hari saja. Nah disini gw agak bingung karena saat konsultasi, dokter bilang bahwa retainer ini aturanya dipakai 22 jam/hari selama 6 bulan, lalu setelahnya cukup dipakai malam hari saja selama 1,5 tahun. Hmmm tak tahulah. Gw sih rencananya makai dalam kurun waktu 1,5 tahun biar makin mantep. Klo pas bisa 22 jam, ya dipakai 22 jam. Klo pas bisa cuman malam, ya pas malam aja makainya.

Cara pakai, cara merawat, dan FAQ tentang retainer

Yap, akhirnya setelah kurang lebih 1 tahun bersama RATA, mulai dari pemesanan aligner, aligner yang salah datang, nunggu lagi aligner, pemakaian aligner, ketidakpuasan yang berujung pengajuan refinement, nunggu refinement, kemudian ada masalah di gigi yang bikin giginya 'hampir mati', lalu mulai refinement, daaan akhirnya sampailah di tahap akhir retainer ini. Sejujurnya, mungkin karena gw udah agak bosan kali ya makai aligner mulu 😉, plus sekarang PPKM sudah agak longgar jadinya lumayan sering pergi keluar makan-makan, jadilah gw agak males makai retainer hahaha. Ribet si yaaak kudu lepas copot kalau makan :" Akibatnya giginya jadi agak bergeser deh, gw pakai-in lagi retainer - gigi udah balik rata - males makai retainer - gigi geser lagi - makai retainer -balik lagi rata - males makai retainer -.... gitu aja teruuus. Jangan dicontoh yaa. Ini gw juga mau tobat biar lebih disiplin makai retainer. Intinya gw nggak rela kalau perjuangan ngeratain gigi ini, semuanya jadi nggak berarti akibat gw-nya yang males makai retainer. 

Gimana pengalaman pakai retainer? So far sih so good ya. Nggak ada kendala apa-apa. Btw saking seringnya gw nerima paketan RATA karena bolak balik ngalamin bermacam tahapan, sekarang gw jadi punya total 4 wadah RATA hahaha. Lumayan lah ya, bisa buat ganti-ganti~~.




Cuap Cuap Terakhir

Nah itu dia, perjalanan gw bersama RATA. Ada yang gw puas, ada yang gw nggak puas. Meskipun begitu, secara keseluruhan sih oke oke aja sama RATA. Sebenernya gw mau bikin semacam kompilasi hal-hal yang membuat gw puas dan tidak puas selama memakai RATA, tapi kayaknya bakal panjang ya kalau gw taruh disini. Jadi nanti bakal dilanjutin di PART 3 aja. -Semoga tidak malas yaaa..

76 komentar:

  1. Wah kita keknya barengan makenya,aku sekarwng udh pake set ke-6

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh bener samaan kita haha
      Mulai minggu depan masuk ke set-7

      Hapus
  2. hi kak, mau nanya utk set aligner nya apakah ada larutan pembersih khusus? dan kalau minum air mineral (bening) atau kopi/ teh (minuman ebrwarna) akan mempengaruhi warna aligner nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo anggii,

      Kalau pas jaman gw konsul langsung di kliniknya, si Bu Dokternya bilang dibersihinnya cukup dengan air mengalir. Dia juga bilang bisa juga dibersihin pakai sabun biasa asalkan nggak ada partikel kecil2nya semacam "scrub" gitu soalnya bisa ngerusak si aligner. Kalau keterangan di brosur sih memang dianjurkan bersihinnya pakai air mengalir aja dan nggak boleh pakai pasta gigi/mouthwash soalnya bisa ngerubah warna aligner.

      Kalau masalah ada tidaknya larutan pembersih khusus, gw nggak tahu ya, gw nggak tanya ini juga waktu konsul ke dokternya.

      Lalu nggak disarankan juga minum minuman yamg berwarna (kopi, teh, sirup, jasjus, marimas, dan kawan-kawannya) pas pakai aligner, soalnya bisa ngerubah warna alignernya, jadi kudu dicopot pas mau minum yang berwarna. Kalau mau minum pas pakai Aligner, ya minumlah air putih aja.
      Ini juga gw dapet infonya dari dokter pas konsultasi sama dia di klinik.

      Kalau mau tahu lebih detail, mungkin bisa konsul ke dokternya langsung ya sis.
      Semoga menjawab ya :)

      Hapus
  3. Waktu Xray gigi itu bayar lagi kah? Atau sdh include dgn paket dr Rata?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bayar sendiri sis. Jadi pas konsul pertama kali sama dokter gigi rata buat bahas ekspektasi rencana perataan gigi, diminta buat foto panoramik dulu.
      Jadi yaudah aku foto panoramik di RS dekat rumah, terus dikonsultasiin lagi sama dokter-nya RATA tentang hasil si foto panoramik tadi + strategi perataan giginya gimana.

      Waktu aku foto panoramik di RS deket rumah itu, biayanya murah sih, lupa tepatnya berapa, pokoknya antara 70-150 ribu.

      Hapus
  4. kak bener" terima kasih banget udah buatin review ini karena jujur aja aku bingung harus pakai behel atau pakai rata, aku setuju sih sama pelayanan rata yang kurang baik lewat sosial media karena cukup lama membalasnya (kadang) dan juga mungkin lagi kesal atau gimana tapi sedikit nyolot. Setelah membaca review kaka aku jadi lumayan yakin mau memakai rata tapi tunggu setelah covid karena takut hehehe, benar" thank you kak, ditunggu update selanjutnyaa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh seneng banget kalau bisa membantu :)

      Kalau antara RATA & Behel itu preferensi pribadi ya. Kebetulan di aku kasusnya lumayan ringan, ditambah oklusi gigiku normal-normal aja, jadi lebih pilih RATA.
      Tapi klo misal mau pilih hasil yang "sempurna" dengan oklusi sempurna tanpa ada deviasi + midline sempurna, ya mending pakai behel aja di orthodontist hahaha

      Intinya dikonsultasiin dulu ekspektasi & kondisi Gigi kamu ama Dokter biar tahu kira2 eligible nggak buat treatment di RATA

      Oke, soon akan diupdate awal Februari ini pas selesai semua set Aligner. Sekarang udah masuk yang ke-7

      Anyway, makasih banyak ya udah mampir & ngikutin postnya 😁

      Hapus
    2. By the way yg masalah layanan CSnya, ini emang problem sih.
      Kadang dibalesnya cepet & responsif (contohnya di screenshot chatku di atas, itu lagi pas banget CSnya responsif & bales cepet). Nggak jarang juga, dibalesnya lama, ampe kitanya kudu meneror berkali-kali, nggak di wa aja tapi neror di dm instagram juga hahaha

      Ya semoga RATA mendengar keluhan ini & jadi perbaikan ke depannya

      Hapus
    3. iya kak dari banyak review juga saya selalu mendengar masalah tentang CSnya hahah, kebetulan gigi saya cukup parah tetapi setelah konsultasi online dengan memberi foto katanya bisa dan semoga beneran bisa nanti pas check up offline, kalo masalah giginya hasil tidak sesempurna behel sih ga masalah karena ya saya tidak pede pake behel maap" culun hahaha, anyway thanks kak ditunggu updatenya februari nanti

      Hapus
    4. Hahaha okeee siap, good luck dengan treatment-nya!

      Hapus
  5. Hi sis, mau nanya, minggu depan kan aku baru bikin appointment di Pure,
    sebelum kesana lebih baik ambil foto panoramik dulu atau setelah konsultasi aja ya? biar sekalian gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo

      Hmm kalau menurut aku lebih sarankan foto panoramik dulu. Soalnya jadi bisa sekalian konsultasi sama dokter. Kalau foto panoramik, bisa kelihatan ada tidaknya masalah di jarinyan gusi & gigi kita. Jadi kita akan tahu misal harus ada tindakan yang diambil dulu apa nggak sebelum pakai treatment RATA (tentunya sesuai saran dokter). Atau kalau ternyata alhamdulillah dari hasil panoramik, oke-oke & baik-baik aja, ya bisa lanjut treatment RATA.

      Semoga jawabannya membantu ya.

      Hapus
    2. Tambahan,
      Ini juga bisa kamu komunikasikan ke CS-nya RATA kalau mau ambil foto panoramik dulu.

      Dulu aku konsul pertama kali, disuruh foto panoramik sama dokternya. Jadinya ya pas udah dapet hasil panoramik, konsul lagi ama dokternya dan ngubah strategi perataan giginya. Jadi ya berdasarkan pengalamanku, emang efektif dari awal dah foto panoramik. Jadi mungkin bisa mencegah kasus kayak aku yang ganti strategi lah, salah kirim aligner lah, miskom dari RATAnya lah. Ya gitu deh.

      Semoga lancar ya treatment-nya :)

      Hapus
  6. Hai kak, aku juga lagi make RATA, sekarang lagi aligner ke 6. Iseng nyari dan baca tulisan ini karena pengen tau aja gimana pengalaman orang lain kalo pake RATA. Hehe. Tulisannya bagus dan menghibur, pengalamannya juga mirip-mirip. Kalo dulu aku cetak gigi sendiri di rumah sambil detemenin dokternya via online jadi alhamdulillah berhasil. Dan sama banget parno pas lepas-pasang behel karena sakit banget, jadi takut kalau mau makan haha. Ga rekomen buat anak, atau yang masih kurang motivasi untuk pake aligner kalo menurut aku, karena sakitnya itu.
    Ditunggu update-annya ya kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhhh ternyata kita mirip-mirip ya pengalamannya 😂
      Pas awal-awal pakai aligner, emang paling menegangkan waktu pasang-copot alignernya. Dag dig duh ser. Alhamdulillah sekarang mah udah biasa aja, uda kebal wokwokwok

      Siapp!!!
      Makasih ya udah mampir kesini 😁

      Hapus
    2. "Ga rekomen buat anak, atau yang masih kurang motivasi untuk pake aligner kalo menurut aku, karena sakitnya itu."

      Setuju sih sama kamu. Karena butuh komitmen & niat yang kuat buat menjalani treatment orthodontist apapun itu. Klo kurang motivasi atau nggak tahan sama sakitnya, bisa-bisa berhenti di tengah jalan. Kan sayang rugi waktu, biaya :"

      Hapus
  7. Oh iya tambahan, aku juga nggak pakai rontgen, mungkin karena dulu aku sempet pake behel jadi yang tahapan seperti itu udah pernah dilakukan dan bisa di skip saat pakai RATA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh iyaaa sih, beda orang akan beda treatment juga, dokternya pun pasti akan menyesuaikan dengan kasus kita.

      Thanks sharingnya 😁

      Hapus
  8. Kak, habis pake rata ada keluhan untuk gigitan ga yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Andy.
      Klo aku, alhamdulillah enggak ya. Oklusinya normal-normal aja.

      Tapi terakhir konsul ke dokternya di klinik, beliau bilang kalau salah satu masalah yang sering dikeluhkan ya gigitan ini. Mungkin klo kamu ada keluhan itu, bisa dikonsulkan ke dokternya ya Andy

      Hapus
  9. lanjut ka hehe, aku lagi cari review Rata dan ketemu review kaka mendetail bgt, seneng bacanyaa, makasih sebelumnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh okee, maaf yaa sempet berhenti nulis karena kesibukan #cielah, padahal emang lagi males aja 😅

      Oke ditunggu aja updatenya ya

      Hapus
  10. Hai kak, selama pemakaian rata ada keluhan gusi berdarah/bengkak ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Mega, maaf baru balas yaa

      Klo aku kebetulan nggak ada. Sebaiknya klo misal kamu ngalamin hal seperti itu, konsul aja langsung sama dokternya, jadi jangan sampai terjadi masalah baru.

      Hapus
  11. Halo kak, selama pemakaian ada keluhan gusi bengkak/berdarah ga ya? Kalau ada solusinya gimana kak? Thanks before😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Mega

      Maaf baru balas yaaa
      Sebaiknya langsung konsultasikan ke dokternya ya, minta ke CS untuk booking konsultasi entah itu online atau offline

      Hapus
  12. Hasil finalnya sudah di tulis ?
    Dan di awal cerita, tidak disampaikan kalau akan di pasang attachment oleh dokter gigi untuk mengencangkan aligner. Apakah memang tidak semua orang dipasang attachment kecil” di beberapa gigi ? Saat pertama kali akan pakai aligner. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Maaf baru balas hehehe


      Iya nih belum lanjut nulis lagi karena lagi banyak kesibukan kuliah hehe, aslinya udah banyak progress yang bisa ditulis hehe. Tunggu aja ya updatenya.
      Kebetulan aku belum selesai pprosesnya karena ada tahapan refinement kan, jadi dapat tambahan aligner lagi.


      Sebenernya penambahan attachment ini untuk memastikan si aligner nggak copot aja. Dan mengenai berapa attachment dan peletakannya dimana, memang bisa berbeda-beda tergantung kebijakannya dokter gigi. Kalau ada yang dibingungkan, bisa ditanyakan ke dokter giginya ya pas kita konsultasi :)

      Hapus
    2. Kak, ak lg pake jg ini tp mendadak negthink dan hopeless gt krn br sadar tnyt cm bs klaim garansi 1x. Mau tanya dnk ka attachment yg ditempel d gigi ini nnti saat selesai pakai alligner akan dilepas kan ya? Krn mengganggu bgt di gigi seri dpn keliatan bgt.. mhn infonya ka. Semoga Allah membalas kbaikan kaka. Trma ksh..

      Hapus
    3. Halo @tandatanya iyaa betul garansi cuman sekali, jadi klo masih belum puas, ya nggak bisa dapet gratis. Yes betul, attachmentnya bakal dicopot setelah selesai rangkaian RATA-nya, itu pengalamanku yaa

      Hapus
  13. Hallo.. saya mau tanya dong.. ini hari pertama saya pakai alligner rata. D kasus aku lepasin itu susah pake banget.. pertama kali buka kuku rusak, makan siang lepas lagi tanpa kuku jarinya luka yg paling parah pas makan malem saya berusaha buka hampir 30 menit lebih, waktu kamu pake apakah susah banget lepasnya? Sampe telunjuk saya kayak kapalan karena terlalu susah dan hampir nyerah buat makan malem..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa pas awal-awal pake emang susah banget lepasnya, sampe ikutan sakit jarinya 🥲. Makanya karena males lepas pasang, waktu awalan pakai aligner saya sambi puasa, biar nggak repot buka lepas waktu makan.

      Tapi lama-lama pas udah masuk aligner selnjutnya, udah nggak susah lagi kok. Antara memang kitanya udah makin ahli atau jaringan gigi/gusinya jadi 'fleksibel' kali yak haha

      Semoga ke depannya nggak nemu kesulitan lagi ya buat lepas pasang aligner 🤗

      Hapus
    2. Anyway, waktu dulu awal2 pemakaian saya sempat menghubungi CSnya untuk minta bantuan saking nggak bisa lepas aligner, saat itu, saya juga berpikir klo sampe besok aligner tidak kunjung lepas, saya akan pergi ke kliniknya minta tolong dokter buat kepasin aligner sekaligus minta ulang latian bongkar lepas aligner; meskipun saya tahu akan agak memalukan klo ke klinik hanya dengan alasan seperti itu 😂

      Tapi alhamdulillah, aligner bisa terlepas hehe

      Hapus
  14. ditunggu update final pemakaian aligner ya dong kak hehe

    BalasHapus
  15. jadii total waktu yang dibutuhkan dari awal pakai aligner sampai reteiner berapa lama dari hasil prediksi dokter?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya klo pakai aligner aja sih sekitar 3 bulan udah selesai (klo di kasus aku ya). Tapi berhubung kurang puas sama hasilnya, nambah lagi prosedur refinement, kurang lebih 3-4 bulan. Lanjut retainer sekitar 1-2 tahun. Jadi silahkan ditotal sendiri ya hahaha

      Yang jelas tiap kasus, beda-beda tentunya waktu yang dibutuhkan.

      Hapus
  16. kebetulan aku warga Depok, mo tanya mitra kliniknya Rata sekitaran sini ada ga ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo maaf banget baru bales. Waaah jujur aku nggak tahu yaa. Mungkin bisa ditanyakan langsung dengan CS RATA baik yang di WA maupun di IG. Karena jujur, berhubung treatmentku udah selesai, aku udah nggak update lagi si RATA cabangnya ada dimana aja.

      Hapus
  17. Hai ka makasih udh nulis jurnal pengalaman Kaka disini membantu banget!!!, Ohiya ka boleh nanya total biaya dari awal sampe akhir proses pakai rata ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloooo, sama-sama yaaa. Senang bisa membantu :))

      Klo ditotal di luar paket aligner, misal buat scalling, nambal gigi, transportasi, parkir selama treatment di RATA (lah ampe dimasukin segala 🤣) yaa sekitar 9 juta-an lah.

      Hapus
  18. hai kaa mau tanya gimana kelanjutannya? hehe. terus kak maksudnya bisa klaim garansi 1x itu utk apa yaa? trimakasih kaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiiii nisrinaaa!!!

      Hahaha maaf ya belum diupdate. Belum sempat soalnyaa :"""

      InsyaAllah minggu ini diupdate ya ceritanya

      Yang klaim garansi 1x itu maksudnya kalau misal kita belum puas dengan hasilnya, bisa melakukan tambahan treatment aligner (refinement namanya) dan gratis. Tapi cuman sekali aja. Misal setelah refinement masih belum puas, ya udah nggak bisa lagi. Kecuali mau bayar hehehe. Gitu dee

      Semoga jawabannya membantu yaa

      Hapus
  19. Ini aku juga rencana mo pake rata tapi agak takut+ragu...benernya rekomen gak ya pake rata ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ini nggak tahu ya, tergantung kondisi masing-masing.

      Klo aku sih pro-nya: prosesnya berjalan cepat, nggak terlihat. Tau-tau ketemu orang, udah rata aja giginya (kan lagi pandemi). Terus tergolong terjangkau juga. Terus efisien dalam hal waktu (nggak harus dikit-dikit ke dokter).

      Cons-nya: hasilnya kurang maksimal (entah ini gw yang perfeksionis apa gimana hahaha, tapi udah bersyukur banget sama hasil yang sekarang). Hasil yang kurang maksimal ini juga karena si aligenr nggak bisa gerakin geraham (klo g salah), jadi nggak bisa maksimal pergerakan giginya apalagi kalau kasusnya kasus yang agak parah. Sama repot klo mau makan di luar, kudu copat copot si aligner.

      Jadi pertimbangkan dan konsultasikan masalah gigimu dengan dokter yaaa

      Hapus
  20. Wadah retainernya ada 4? Mau satu dong kak, jual di Toped. Wadah retainer lain gak ada yang pake kaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo maaf baru balas.

      Ehh boleh-boleh klo mau. Kirim email aja ke email aku ceasafira@gmail.com

      Hapus
  21. jadi permanen gak si kalo pake paket rata ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya si permanen klo rajin pake retainer-nya sesuai dengan waktu anjuran dokter

      Hapus
  22. Hai kak, aku mau nanya
    kalo di rata bisa cuma pesen buat gigi bagian atas apa harus semua gigi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo, maaf banget baru bales. Telat hampir 1 bulan yaaaa :" Sebenarnya bisa tidaknya itu keputusan evaluasi dokter sih ya. Dulu pun aku sempat punya rencana begitu karena kupikir gigi rahang bawahku sudah rata, eh ternyata menurut dokter tetapkudu dirapiin. Jadi yauda deh nurut aja

      Hapus
  23. Hai kak, aku mau nanya
    kalo di rata bisa cuma pesen buat gigi bagian atas apa harus semua gigi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo, maaf banget baru bales. Telat hampir 1 bulan yaaaa :" Sebenarnya bisa tidaknya itu keputusan evaluasi dokter sih ya. Dulu pun aku sempat punya rencana begitu karena kupikir gigi rahang bawahku sudah rata, eh ternyata menurut dokter tetapkudu dirapiin. Jadi yauda deh nurut aja

      Hapus
  24. halo mau tanya, retainer boleh bundling ke retainer permanen ga? trus harganya brp ya klo ganti retainer permanen? makasih sebelunya jurnal km membantu bgtttt>.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, maaf banget baru sempat balas pesannya :"

      Kalo pas jaman aku ngurus rata sih (2020-2021) belum ada paketan yang bundling sama retainer permanen yaa, adanya masih pake retainer yang lepas-pasang. Mungkin hal kayak gini bisa didiskusikan langsung dengan CS dan dokternyaaa

      Semoga jawabannya membantu yaaa :)))

      Hapus
  25. Ka kalo biaya bisa dicicil kan ya?

    BalasHapus
  26. Kak, makasih banget udah nulis review lengkap dari awal sampe akhir make Rata. Setelah baca tulisan ini, aku jadi mantep buat pake aligner Rata. Kebetulan gigi yang mau dibenerin juga posisinya sama kaya punya Kakak. Rasanya bener-bener di luar ekspektasi, sakit banget padahal udah dipakai 22jam/hari dan udah jalan 5 hari. Gatau karena ini baru pemakaian set pertama atau karena gigiku maju juga jadi lebih neken lagi alignernya.
    Tapi bener kan ya Kak kalo nanti sakitnya cuma di hari 1-3 tiap kali ganti aligner? Abis ini linu banget rasanya pengen nyerah. Tapi kalo inget udah keluar duit banyak jadi ga boleh nyerah T-T
    Terus kalo misalnya udah make 22 jam tapi ganti setnya setelah lebih dari 7 hari boleh ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiiii maaf banget baruuu bales hahaha Iyaaaa awal-awal sakit siiih. Tapi lama-lama akan terbiasa. Dan kalau misal mau dipakai lebih dari 7 hari untuk tiap set alogner ya nggak masalah, bagus2 aja. 7 hari itu kan waktu minimal

      Hapus
  27. Hai ka mau nanya dong klo pas msang attachmentnya itu ada biaya tmbahan lg ga y??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf banget baru balas. Waktu aku sih nggak ada tambahan biayaaa

      Hapus
  28. Ngebantu bgt kak tulisannya. Thx

    BalasHapus
  29. Hi Ka,

    Makasih banget udah nyediain review dgn detil banget.
    Mau nanya dong ka.
    Total biaya dari awal hingga akhir, itu brp?
    Soalnya takut ada hidden cost yang ternyata bisa lebih mahal dr produknya.

    Thanks Ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiiii. Klo aku karena dapat promo all in 7.5 juta, jadinya ya all in 7.5 juta. Tapi di awal aku sempat nambal gigi dulu, itu habis sekitar 200an ribu karena kepotong promo

      Hapus
    2. Kak..ini 7,5 JT paket rata yg basic apa full ya?

      Hapus
    3. haloo maaf baru balas. Ini paket full, tapi udah lama ya aku beli paket RATAnya uda bertahun2 lalu dan waktu itu RATA masih baru banget, jadi ya wajar kalau masih dapat harga promo

      Hapus
  30. Haik Kak, terima kasih sudah berbagi pengalaman. Aku baru baca testimoni kakak ini di bulan Mei tahun 2023. Sepertinya kakak sudah selesai dengan retainernya, Maaf kak sebelumnya, apakah sudah sesuai ekspektasi kakak dan tidak kembali atau merubah posisi gigi? lalu apakah kakak ada mengalami sakit gigi dan kontorl ke dokter gigi kembali? Terima kasih sebelumya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf banget baru balass hohoho.
      Yup bener katamu harusnya aku sudah selesai pakai retainer ya, cumaaan bulan September 2022 aku pindah ke US, dan dengan cerobohnya aku malah ngilangin retainerku -,- Jadilah giginya bergeser lagiii, jadilah giginya nggak rapi lagiiii :"""""" Tapi gesernya nggak parah-parah banget, nggak literally balik ke kondisi awal, masih oke, cuman ya geser

      Hapus
  31. Halo kak terima kasih udah bagi pengamalan kebetulan aku baru pake juga aligner
    Mau nanya nih setelah slicing gigi, gigi kaka aman2 aja kan kak? aku jg di minta slicing di klinik terdekat soalnya gak ada mitra rata di kota Saya lalu klinik di kota saya itu pada gak berani buat slicing gigi saya padahal udah tunjukkin surat rujukan gitu dari rata tapi mereka gak berani buat slicing Gigi saya , katanya nanti gigi saya bisa rusak dan akan ngilu, udah 2 dokter gigi yang gak berani padahal itu dokter terkenal di kota saya
    Terus udah searching2 jg di google kalau slicing gigi gak papa kalau gak lebih dari 0,5mm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf banget baru balasss. Setelah slicing sih dulu aman2 aja, tapi dulu aku slicingnya di klinik yg kerja sama dgn RATA, jadi nggak ada penolakan kayak yang kamu alamin. Coba konsul lagi ya ke dokter ratanya, minta solusi dari mereka gimana

      Hapus
  32. Halo kak terima kasih udah bagi pengamalan kebetulan saya pake aligner juga terus dari pihak rata meminta sy untuk slicing gigi.nah kan Kaka slicing gigi juga, pernyataan saya setelah slicing gigi Gigi Kaka aman aman aja? Soalnya pas aku mau slicing sy di minta ke klinik terdekat di kota saya karena mitra rata ngak ada di kota saya . lalu kata dokter mereka gak berani buat slicing gigi krna gigi sy nanti rusak dan nanti nya akan ngilu. Trus sy Udah nunjukin jg surat rujukan dari rata.Udah 2 klinik yg blg gitu padahal mereka dokter terkenal lo di kota saya
    Udah searching2 jg kalau slicing gak lebih dari 0,5mm si gapapa trus kau jelasin jg ke dokter itu tp tetap gak berani

    Mohon di balas ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf baru balas. Uda dijawab yaa pertanyaannya

      Hapus
  33. Kak, total biaya dari konsul, rontgen, cabut gigi, dan order set aligner berkali-kali itu menghabiskan berapa banyak biaya?

    *biaya secara keseluruhan dari awal s.d. akhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf baru balas, mungkin sekitar 9 juta lah ya ama transport dll hahaha

      Hapus