Selasa, 20 Februari 2018

Reaktivasi BNI Mobile Banking yang Terblokir di Luar Negeri

Yap, kali ini gw mau bagiin gimana pengalaman gw meng-reaktivasi mobile banking BNI gw saat posisi sedang di luar negeri yaitu Jepang.

Ini dimulai waktu gw mau transfer uang tiket pesawat buat kepulangan ke Indonesia. Gara-gara gw lupa sama password transaksi dan uda 3x login dengan password yang salah, akhirnya terblokirlah itu mobile banking BNI gw. Ini selain emang murni kesalahan gw, disisi lain gw juga agak kesal sama sistem per-password-an BNI mobile banking #alesan. Gimana nggak kesel coba? saat lu masuk aplikasi BNI mobile banking lu harus ngisi username sama MPIN. Terus waktu udah masuk dan akan melakukan transaksi, misal "transfer" lu harus masukin (lagi) password transaksi. Yah saya sebagai manusia yang gampang lupa akhirnya suka kebolak-balik mana yang username, mana yang MPIN, mana yang password transaksi, meskipun gw tahu sistem begitu punya tujuan baik dari segi keamanan. Dan akhirnya terjadilah kejadian itu: BNI mobile banking TERBLOKIR.

Nah balik lagi ke masalah terblokirnya mobile banking BNI gw. Sebenarnya masalah ini akan jauh lebih mudah dan sederhana kalau posisi gw sedang di Indonesia. Gw tinggal pergi ke teller BNI minta re-aktivasi dan reset password, terus ke ATM BNI buat reaktivasi. Dan kenyataannya gw lagi di Jepang, di Koganei tepatnya. Bank BNI terdekat ada di Chiyoda, Tokyo dan di Osaka dimana setelah gw cek jaraknya lumayan jauh kalau ke Chiyoda sekitar 35km atau 1 jam kalau naik kereta. Sisi minusnya lagi adalah Bank BNI Tokyo sebagaimana kantor pada umumnya yang buka cuman di weekdays dan di jam kerja 09.00 am-04.00 pm. Sebaliknya gw sebagaimana pelajar pada umumnya yang berangkat kuliah tiap weekdays dan jam sekolah 09.00-06.00 p.m. Nah, nggak ketemu kan? Padahal gw super butuh e-banking buat bayar tiket pesawat kepulangan gw ke Indonesia. Jadi usaha apa yang gw lakuin saat itu?

1. Email ke BNIcall

Ini adalah hal yang pertama gw lakuin karena email itu "gratis". Jadi gw search di internet email customer service-nya BNI dan akhirnya nemu yaitu bnicall@bni.co.id. Gw email-lah si BNI dengan email macem gini.
Reaktivasi BNI Mobile Banking yang Terblokir di Luar Negeri
Email ke BNIcall
Udah gw email sampai 2 kali tapi belum ada balasan. Dan gw pun semakin panik karena kudu bayar tiket pesawat secara tiket pesawat yang gw mau tersisa 4 seat lagi, jadi bener-bener "siapa cepat dia dapat". Nah karena nggak bisa menahan kesabaran lagi, gw pun ke langkah selanjutnya: Nelfon.

*update: akhirnya setelah gw sampai di Indonesia, pihak BNI baru membalas email gw 😑, untung aja gw memilih opsi nelfon dibanding nunggu balasan email. Di email ini juga diberikan bagaimana langkah manual untuk mereaktivasi mobile banking yang terblokir. Untuk gw sendiri yang orangnya panikan, gw lebih memilih cara menelfon pihak BNI biar sekalian dituntun oleh Mbak CS-nya. Bisa dilihat screenshot emailnya dibawah

Reaktivasi BNI Mobile Banking yang Terblokir di Luar Negeri

2. Telfon ke BNIcall (kena roaming hiks)

Langkah ini gw lakuin setelah terilhami oleh pengalaman agan kaskuser yang punya masalah persis sama gw, bisa baca disini. Dimana di post kaskus tersebut, si agan merekomendasikan buat langsung telfon aja ke customer service BNI dan dari pengalaman dia cara tersebut berhasil tanpa harus rebek2 ngurus ke bank BNI cabang terdekat. Akhirnya gw pilihlah cara ini: cara yang berbayar dan bermodal. 

Reaktivasi BNI Mobile Banking yang Terblokir di Luar Negeri
Kontak BNI Call

Oh ya untuk nomor telefon BNIcall bisa dilihat di gambar diatas. Ada 2 pilihan yaitu telefon dari dalam negeri atau luar negeri dimana dua-duanya punya kesamaan "berbayar". Berhubung gw lagi di luar negeri, gw pilih yang nomor untuk luar negeri. Dan ya, pas nelfon jangan lupa nulis kode area-nya tetap "+62" ya jangan malah diganti jadi "0". Nggak bakal nyambung kalau ente maksain tetep pake "021...".

Bodohnya gw waktu coba nelfon CS BNI, gw belom paketin roaming nomor telkomsel. Walhasil baru ngomong sejumprit ama Mbak CS-nya panggilan tiba-tiba terputus akibat pulsa gw abis -,-. 

Reaktivasi BNI Mobile Banking yang Terblokir di Luar Negeri
Mahal cyyn

Yah bisa dilihat nelfon 2 menit abis 70.000, itu aslinya mayoritas 2 menit dijawab sama operator dan nunggu sambil dengerin RBT lagu kebangsaan BNI, dan 10 detik terakhinya gw baru mulai terhubung ke Mbak CS. Akhirnya 70.000 gw hilang sudah tanpa dapat info apapun. Harusnya Mbak CS-nya nelfon balik gw kek, peka gitu lho kalau pulsa gw abis #plakk. 

Oke gw belum mau menyerah, gw masih kekeuh mau nelfon. Akhirnya gw orang tua beliin pulsa 200k, untuk selanjutnya gw pake buat beli paket roaming telkomsel. Dan gw memilih paket roaming yang 3 hari.

Reaktivasi BNI Mobile Banking yang Terblokir di Luar Negeri
Paket Roaming Telkomsel

Gw telfon deh BNI, setelah 2 menit menunggu sambil mendengarkan RBT BNI (bahkan waktu gw nulis ini pun gw masih terngiang-ngiang lagu RBT-nya) tersambunglah gw ke Mbak CS-nya. Alhamdulillah Mbak CS-nya baik bin sabar menuntun gw untuk reaktivasi akun mobile banking hingga akhirnya selesailah sudah dan mobile banking gw udah AKTIF lagiiii. Yeayyy!! Kalau misal kudu ngasih penilaian bintang macam abis naik gojek/ojol gitu, gw bakal kasih bintang 5 ke mbak CS-nya dah. Mantap CS-nya BNI. ^^

Tips

Nah setelah gw paparkan panjang kali lebar curhatan dan sharing gw tentang reaktivasi mobile banking yang terblokir. Gw mau ngasih tips tentang apa aja yang perlu dipersiapkan saat mau nelfon via BNIcall untuk keluhan yang sama kayak gw atau keluhan lainnya. 
1. Pulsa
Yah, ini nggak usah dibahas lah ya. Bisa dicermati di pengalaman gw, meskipun harus berkorban paket roaming 200k, pada akhirnya masalah beres.

2. Kartu ATM
Nah ini nggak kalah penting nih, saat pertama kali terhubung dengan layanan BNIcall maka customer pertama kali akan diminta untuk mengetikkan 16 digit nomor yang tertera di kartu ATM-nya. Makanya kalau bisa sudah siap sedia kartu ATM.

3. Nomor Rekening
Kalau ini sih jelas pasti akan ditanya ama Mbak CS. Kalau hafal atau sudah ada catatan maka alhamdulillah. Namun kalau memang tidak hafal, bisa dicek di buku tabungan.

4. Nama Lengkap, Nama Ibu Kandung
Jangan sampai kita lupa sama nama sendiri sama nama Ibu ya karena informasi ini juga akan ditanyakan oleh Mbak CS.  Sebenarnya info ini udah tercantum di buku rekening BNI masing-masing. Jadi selain kartu ATM, buku tabungan juga kalau bisa sudah siap sedia. Tapi kalaupun tidak ada/tidak kebawa buku tabungannya nggak masalah, asal hafal aja nama sendiri sama nama Ibunya. 

4. Alamat Rumah, Alamat E-mail, No. HP
Selanjutnya, kita akan dimintai mengenai data alamat rumah, email, dan no HP yang didaftarkan ke rekening kita saat pembuatan rekening. Nah informasi ini juga tercantum di buku rekening. Kalaupun tidak bawa buku rekeningnya, kamu harus benar-benar hafal dan ingat tentang alamat rumah, email, dan no HP yang didaftarkan "SAAT ITU". Ya kan siapa tahu pas bikin tabungan masih jaman alay jadi nama emailnya safiraimoetzzunyunyu@rocketmail.co.uk dan sekarang udah ganti alamat email jadi lebih profesional. 

5. User ID mobile banking
Kalau berdasar pengalaman gw, ini juga bakal ditanyain sama mbak CS untuk selanjutnya dicek ama doi gimana status mobile banking kita. 

6. Aplikasi Mobile Banking
Yah, aplikasi ini harus ada ya di smartphone anda ya wakawan. Jangan kayak gw yang udah terlanjur kesal sama aplikasi mobile banking BNI yang teblokir, gw uninstall itu aplikasi #plakk. Akhirnya mbak CS BNI yang gw telfon kudu nungguin (dengan sabar)  gw install lagi aplikasi mobile banking BNI. Maap ya Mbak hehehe. 

7. Internet
Yah ini juga sangat sangat perlu. Kenapaaa??? karena aplikasi mobile banking BNI hanya bjsa direaktivasi apabila menggunakan internet dari nomor anda sendiri bukan numpang internet WiFi. Yakali pake mobile banking tapi nggak modal internet? sms banking mah kalau gitu atuh. Oh, ya, gw juga uda pernah bikin post tentang pengalaman gw beli paketan internet di Jepang, selengkapnya bisa baca disini.


Nah itu sekilas pengalaman serta tips & tricks dari gw buat saudara-saudara yang mengalami kejadian yang serupa sama gw. 
Kalau ada yang mau bertanya atau ingin berbagi pengalamannya (sama-sama keblokir) boleh komeng dibawah ya ^^

Akhirul kalam, 

Wassalamu'alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh

65 komentar:

  1. Aq jugaa keblokir kak mobile bank Bni ku aq di hongkong jadi galau aq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh maaf baru balessss
      wah gimana tuh jadinya?
      bisa ke unblock lagi ya semoga haha
      emang nih sering jadi masalah klo di luar negeri paling khawatir kalau mobile banking atau ATM kita keblokir, langsung bingung jadi automiskin hahaha

      btw makasih ya uda mampir di blog aku :D

      Hapus
  2. Kalau buka rekening bni di indonesia, bisa tidak buka internet banking pakek no luar negri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo, maaf baru bales

      bisa banget kok. Asal kita udah punya internet baking atau mobile banking atau sms banking pasti bisa dipakai kok
      cuman kalau mau tarik tunai ya tinggal cari ATM yang ada logo visa atau mastercard nya :))))

      Semoga bermanfaat ya :D
      makasih uda mampir

      Hapus
  3. Kak mau tanya dong ... Ketika gunakan BNI mobile kan harus aktifin paket roaming data internasional.hmm dr cerita kakak tadi. Kakak ngaktifin paket data Telkomsel kakak yg kakk daftarin di BNI mobile dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh nggak harus kok
      misal kamu punya 2 kartu, 1 kartu khusus internet 1 kartu yang kamu pakai nomornya buat nomor BNI mobile. Nah itu nggak masalah
      Waktu itu aku kendalanya karena aku belum beli paketan kartu di Jepang karena harganya mahal cyyn lebih dari 1 juta, jadi mendingan beli paket telkomsel yang cuman beberapa ratus ribu hahaha

      Hapus
    2. Jdi krtu yg trdftar dmob.banking hrus ada paket roamingnya yah bru bisa reaktif.

      Hapus
    3. Iyaaa betuuul

      Klo kita aktifin di bank di Indo pun, tetep makai data internet pribadi (bukan wifi)

      Hapus
  4. Itu yg sedang aku alami saat ini 😅😂😂😂 ohh ternyata gak bisa pake wi fi panyesan aja gagal muluk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa bener Gan
      kudu modal internet hahaha
      Beli dulu gih

      Hapus
  5. Makasih yah udh berbagi pengalaman soal m-banking bni di luar negeri. Hanya ingin memastikan aja, jika m-banking kt udh aktf sblum berangkat ke luar negeri. Saat di LN nnt bisa langsung dipake yah selama passwordnya gak salah hehe? Mksd sy gak perlu aktivasi khsus LN lagi kan yah pas sampai di sana? Ditunggu jawabannya )) makasih sebelumnya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa benar
      makanya mungkin biar aman kita catat dulu password dll nya haha, soalnya ribet kalau ngurus2
      iya, g ada aktivasi lagi kok
      langsung bisa dipakai.
      Cuman kalau tarik tunai kan g bisa via mobile/internet banking, nah itu harus cari mesin ATM yang ada logo visa atau mastercardnya :D

      Semoga bermanfaat ya infonya
      Makasih udah mampir

      Hapus
  6. Saya barusan tlp CS karena sy hp sya rusak dan harus ganti hp, trs download lgi. Pas aktivasi gak bs dapat OTP. Pusing banget... Tlp ke cs harus direset ulng dr cabang bni. Masa udh kerja musti ke indonesia? Gak mgkin kan?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh maaf baru balas, baru dapat notifikasinya
      Nah iya sih apesnya klo harus reset ulang ke kantor cabang.
      Mungkin nggak harus ke Indonesia Pak, bisa ke kantor cabang BNI di negara Bapak.
      Semoga sudah solved ya masalahnya :D

      Hapus
  7. Kalau aktifasi ulang smentara nomor yg didaftarkan ada di Indonesia,? Karena saya harus aktifasi ulang sebab hp yg sebelumnya di pake Mbanking hilang jd di Hp baru harus aktifasi ulang. Gmana dong dengan permasalahn ini? Sebab kode konfirmasi gag masuk2 selalu di bilang gagal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh klo untuk masalah itu saya belum berpengalaman ya.
      Mugkin bisa tanya langsung ke CS BNI
      Mohon maaf belum bisa membantu

      Hapus
  8. Info yang sangat menarik, meski belum saya alami karena emang belum pernah ke luar negeri, tapi saya bagikan info nya untuk menambah info dalam menjawab pertanyaan di blog saya.. silahkan mampir disini https://moltbandung.blogspot.com/2017/12/cara-aktifasi-bni-mobile-banking-jika.html
    Terima Kasih ka.

    BalasHapus
  9. Berarti untuk internetnya harus pakai paket internet nomer hp sendiri donk, ga bisa lewat wifi (secara di jepang wifi kn di mana mana)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloooo maaf ya baru balas
      Iya betul sayang banget :'(
      Jadi terpaksanya harus beli paketan, padahal kalau di Jepang yang namanya wifi (asal di kota besar) ada dimana-mana, di jalan kek, stasiun kek, toko, supermarket, haha

      Hapus
    2. Siapa bilang tidak bisa pake wifi..ne buktinya saya pake wifi bisa asalkan no indo yg terdaptar di BNI masih aktif di hp nya...

      Hapus
    3. Halooo, kebetulan pas tahun 2018 saat saya mengalami ini tidak bisa pakai wifi, bahkan saat itu CS BNI sendiri yang bilang kalau harus pakai paket internet data sendiri jika ingin re-aktivasi mobile banking.

      Namun jika yang dimaksud adalah bisa menggunakan wifi saat pakai mobile banking, ya memang bisa hehehe. Tapi kalau untuk reaktivasi dan pendaftaran mbanking harus pakai paket data sendiri (saya nggak tahu ya, apakah aturan ini masih berlaku hingga saat ini)

      Hapus
  10. Klu pake kartu luar buat aktifkan mbanking, bisa ga siih kak..??? Ini sy lagi ngalamin kayak kakak niih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo maaf ya baru balas
      Sepertinya bisa, karena point-nya adalah menggunakan internet dari hp sendiri (bukan wifi); terlepas dari nomor apapun.
      CMIIW.

      Hapus
    2. Semoga segera kelar ya masalahnya
      atau kalau kamu menemui kesulitan bisa mengunjungi Bank BNI cabang di negara tempat kamu berada :D

      Hapus
  11. mau tanya juga bisa aktif kembali ga ya yang ke blokir saya di jepang juga mba,
    pasword transaksi saya terblokir, nah untuk verivikasi SMSnya itu gmna ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bisa sis

      Kan klo di tulisan ini aku cerita ya klo aku nelfon CSnya langsung dan dipandu buat reaktivasinya lagi. Jadi saat itu juga langsung kelar masalahnya. Mungkin sis-nya bisa pakai cara yang sama 😁

      Nah until verfikasi sms, ya verifikasi aja. Kan saya pakai operatornya telkomsel, kebetulan di Jepang disediakan layanan telkomsel roaming.

      Semoga bisa membantu ya :D. Makasih udah mampir

      Hapus
  12. Bang bisa kasih solusi kagak Gw ngk bisa aktivasi ulang Ni karena waktu gw daftar BNI Banking mobile di Indonesia kan pake No Indo jadi sekarang gw dah di Malaysia pas mau aktivasi ulang ngk bisa malah disuruh aktivasi pake No Indo gimana dong kk solusinya please bgt Bantuin sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo maaf banget ya baru bales

      Nah untuk aktivasi harus dengan no hp indo. Kamu sendiri masih menyimpan simcard untuk no hp indo?
      Klo iya, bisa digunakan ya untuk aktivasi. Jangan lupa juga untuk beli paket internet, karena aktivasi tidak bisa via wifi.

      Semoga jawabannya membantu.
      Semoga masalahnya terselesaikan ya :D

      Hapus
  13. Maaf gan mau tanya apa iya m. Bankin bni hanya berlaku 1tahun jika kita bawa keluar negeri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh mohon maaf, kalau aku g tau info itu.
      Kebetulan aku belum pernah tinggal sampai 1 tahun di luar negeri 😅

      Harusnya hal itu g jadi masalah kli misal negara tempat agan tinggal ada Bank BNInya, jadi klo ada kendala pun bisa langsung tanya ke kantornya.

      Semoga membantu ya jawabannya hehehe

      Hapus
  14. Sy coba googling ada yg bilang bisa pakai wifi. Sy di ���� dan gak ada paket roaming international, ganti hp ke iphone. Install ulang aplikasi mobile banking BNI Di iPhone dengan no indonesia yg sudah teregistrasi mobile banking dulu dan roaming sudah on. Ttp gak Terima SMS OTP, padahal sudah ngikutin petunjuk di aplikasi Terbaru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oalah bisa pakai wifi ya?
      Klo aku waktu itu dikasih tau sama Mbak CS BNI via telpon klo harus pakai paketan sendiri, nggak bisa pakai hp. Dan memanh sebelumnya aku udah nyoba pakai wifi dan g bisa.
      Mungkin itu pas jaman aku 2017 kali ya, siapa tau sekarang udah lebih canggih hehe.

      Wah klo masalah nggak bisa masuk sms OTPnya, coba mungkin bisa ditanyakan langsung ke BNInya ya Mas. Saya mohon maaf tidak tahu.
      Semoga segera kelar ya urusannya.

      Hapus
  15. Saya juga mengalami hal yg sama di suruh aktive internet banking,, haduh pusing,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuuh semoga cepet kelar ya masalahnya. Aaamiiin

      Hapus
  16. Kaa kira2 butuh berapa menit buat telpon bni nya, soal nya aku beli roaming yg nelpon nya cuma 15 menit, kira kira cukup ga ka beli roaming yg 15 menit?

    BalasHapus
  17. Kak kira2 butuh berapa menit ya buat nlpn org bni nya? Soal nya aku beli roaming yg buat nlpn cuma 15 menit, kira2 cukup ga ka 15 menit buat keluhan kaya kaka, atau aku perlu beli lebih dari 15 menit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo maaf baru balas

      Wah itu tergantung kamunya sih haha
      Itu bisa cukup asalkan kamu udah ada internet & aplikasi mobile bankingnya.

      Klo di kasus aku karena aku dengan bodohnya menghapus appnya, jadi pas nelfon si mbak CS kudu sambil nunggu downloap appnya 🤣

      Jadi selama km masih ada appsnya, inshaAllah bisa kok 15 menit

      Semoga jawabannya membantu ya
      Dan semoga masalahnya segera kelar hehe

      Hapus
  18. Sy mengalami hal yg sm dgn crita ini. Kendala sy tdk bsa menerima otp. Sim 1 pakai no simpati yg di daftarkn ke mbanking. Sim 3 dipakai untuk internet. Sim 1 udah mode Roaming. Tp sy tdk bsa mnerima sms otp. Gagal melulu. Sy coba pilihan negara indonesia gagal. Sy coba pilihan luar negri gagal juga. Sprtinya kudu pakai internet dari sim 1 ky nya mas. Saat ini lg menunggu kiriman pulsa buat aktipin pakaet 3in1 simpati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar Gan/Sis
      Untuk mengaktifkan kita harus pakai internet dari sim yang dipakai untuk mbanking. Makanya meskipun saat itu syaa ada wifi dan udah beli nomor dari jepang khusus untuk internet, tetap tidak bisa.
      Harus pakai nomor sim yg memang digunakan di mbamkinh.


      Semoga sudah kelar ya masalahnya :D
      Makasih uda cerita pengalamannya disini 😁

      Hapus
  19. Maaf kak mau tanya, kalau kita mau ke luar negeri seperti asean atau Turki misalnya itu ATM BNI kita bisa langsung digunakan ga kak ya? atau kita harus laporan dulu di BNI sebelum brngkt ke luar negeri?

    Oh iya kak, berarti kalau terkena masalah mbanking terblokir krn slh pin td jd kalau bisa no hp yg terdaftar mbanking itu harus dibawa terus brrt ya kak.

    Lalu misalnya kita masih diluar negeri dan mau kirim uang ke teman di indonesia itu kita lngsng bisa kan kirim lewat mbanking ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo Rico
      Mohon maaf ya baru balas pesannya.

      Oke, ak bales satu2 ya haha
      1. Ya bisa. Kita bisa langsung makai atm BNI di luar negeri tanpa laporan dulu. Yang harus dipersiapkan adalah cari tahu dulu lokasi BNInya buat jaga2 kalau misal sewaktu-waktu butuh narik uang dari atm. Nah tapi kalau narik uang di luar negeri, akan dikenai biaya charge tambahan. Biaya ini bisa jadi beda-beda tiap negara. Kalau pengalaman aku di Jepang, aktivitas tarik tunai dari atm bni akan dikenai charge 20.000. Nah ini bisa jadi sudah berubah aturannya, jadi bisa cari informasinya dulu ya.

      2. Iya betul. Sebisa mungkin no hp yang dipakai untuk mbanking kamu bawa pas kamu pergi ke luar negeri buat jaga2 klo ada ada masalah seperti ini.

      3. Iya bisa. Kita bisa melakukan transaksi apapun dengan mbanking di luar negeri dan dan tanpa ada charge tambahan pula. Yang penting ada internet hehehe.

      Itu ya jawabanku. Semoga membantu.

      Makasih udah mampir disini :D
      Have a Nice Trip yaa

      Hapus
  20. Kak, mau tanya,,,
    Ini aku lg diluar negeri
    Kebetulan disini kga ada sinyal telkomsel, roaming juga kga tersedia
    ,apakah bisa diganti nomer luar negeri apa tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ahwaaa :D

      Kalau misal tidak ada masalah apapun pada mbanking kamu (normal-normal aja), ya kamu masih bisa menggunakannya terlepas mau pakai nomor apapun itu.

      Tapi kalau misal saat ini sedang mengalami masalah berupa mbanking terblokir sedangkan kamu butuh banget mbanking, nah itu agak susah sih. Saranku sih, kalau memang butuh banget dengan mbanking maka kamu bisa mendatangi kantor BNI di negara tempat kamu berada? Bisa cek di google apakah ada cabang bank BNI di negara tempat kamu tinggal. Untuk transaksi yang bisa digunakan ya paling penarikan uang aja via atm atau transaksi dengan kartu kredit.

      Semoga apapun masalahnya, bisa segera selesai ya :D

      Terima kasih sudah mampir kesini.

      Hapus
  21. Saya pake nmr 3 yg terdaftar di mbanking.. Sayangnya, gak ada paket roaming internet di negeri yg sy tinggali sekarang. Huhuhu ngisi pulsa 30rb amblas krn nyari internet doang, dan sinyalnya pun lemah sekali disini.OTP pun gak bisa masuk. Untuk aktivasi internet banking jika belum punya, bisakah langsung aktivasi dr luar negeri via telepon ke BNIcall? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooooo
      Sebelumnya minta maaf ya karena baru balas.

      Wah, ikut prihatin ya untuk masalahnya.
      Apakah bisa aktivasi via telepon ke BNIcall? bisa kok cuman ya itu karena lagi di luar negeri jadi lebih baik kita beli paket roaming untuk menyiasati potongan pulsa yang keterlaluan. Mungkin bisa dicoba dengan cara beli nomor hp di negara agan/sista, terus nelpon bnicall dari nomor itu; jadi setidaknya ada sinyal dan bisa tersambung. Setelah itu minta diarahin ke mbak-mbak CSnya via sambungan telepon tersebut.

      Atau cara lain kalau memungkinkan, adalah dengan datang langsung ke kantor BNI cabang terdekat.

      Semoga membantu ya :D
      Semoga segera bisa dipakai lagi mbankingnya

      Hapus
  22. Kak saya baru aja ke blokir jika kita sudah mengaktifkan paket roaming ke nomer yg didaftarkan mbanking otomatis dapet otp nya ga ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo Fery
      Mohon maaf banget ya baru dibalas pesannya ya.


      Yes klo misal udah mengaktifkan roaming kemudian kita kita proses entah dengan menghubungi CS atau klik "lupa password" (klo emang masih bisa klik opsi itu), nanti kode OTPnya bisa masuk kok.

      Kalau buat sekedar kode OTP nggak harus maketin roaming juga bisa sih asal kamunya ada pulsa haha, cuman ya itu biaya nerima SMSnya jadi mahal bisa puluhan ribu mungkin ya tergantung negaranya.

      Semoga jawabannya membantu ya ^^
      Makasih udah mampir kesini

      Hapus
  23. Saya pengguna telkomsel nomer yg saya daftarkan mbanking adalah nomer tersebut ka, jika saya sudah mengaktifkan roaming paket otomatis sms otp nya kita terima kan kak? Kasus saya sama dengan kaka safira

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo Ferry

      Untuk pertanyaan kamu udah aku jawab di pertanyaan kamu yang satunya ya ( di atas)


      Makasiiih
      Semoga jawabannya membantu ^^

      Hapus
  24. Tetep ga bisa terkirim sms verifikasinya gimana ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mohon maaf banget baru balas.

      Pertanyaan kamu mirip sama orang yang email pertanyaan ke aku juga. Jadi ak copas aja ya jawabanku, hehe.

      "Gimana biar dapet kode OTP? Kita klik aja "lupa password" dan ikutin langkah2nya.
      Pastikan nomor hp kamu yang terdaftar buat mbanking, terpasang di hp kamu.
      Klo misal lagi di luar negeri, aku saranin paketin dulu internet & pulsa roaming, soalnya buat ngurus mbanking yg terblokir WAJIB pakai internet hp sendiri (bukan wifi).

      Klo misal langkah2 di atas udah kamu lakukan tapi tetep g berhasil dapet kode OTP, saranku telfon aja CS BNI. Nanti bisa sambil dituntun oleh mbak CSnya.

      Semoga jawabannya membantu ya"

      P.S sms verifikasi gunanya buat dpt kode OTP

      Hapus
  25. Berarti kalau langsung nelpon ke csnya ga pake kode otp ya kak, soalnya nomor yg saya daftarkan sudah terblokir 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seinget aku akan dikirim kode OTP juga, lalu kita input si kode OTPnya.

      Waduh kok bisa nomor yang didaftarin udah terblokir. Berarti harus diunblock dulu nomernya ya

      Btw kenapa nomernya terblokir? Apakah terkait mbanking atau memang terblokir karena lewat masa tenggang & tidak segera mendaftarkan identitas diri?,

      Hapus
  26. Kalau langsung nelpon cs berarti ga pake kode otp lagi ya kak, soalnya nomor yg di daftarin sudah terblokir ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seinget aku akan dikirim kode OTP juga, lalu kita input si kode OTPnya.

      Waduh kok bisa nomor yang didaftarin udah terblokir. Berarti harus diunblock dulu nomernya ya

      Hapus
  27. Saya lg di luar negeri, ini udah tlp ke no yg bersangkutan, katanya reaktivasi mbaking nya di luar negeri tidak bisa🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, ikut prihatin ya Gan buat masalahnya.

      Apa mungkin ada kebijakan baru di BNI atau negeri tempat agan berada memang belum support untuk reaktivasi mbankingnya, jadinya tidak bisa.

      Semoga segera ketemu solusi ya untuk masalahnya

      Hapus
  28. Maaf mungkin OOT. Kakak atau yg lainnya ada yg tau ga yaa, m-banking apa yg stabil di luar negeri dan bisa dipakai walaupun tanpa internet nomor sendiri yg didaftarkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh kalau itu aku kurang tau ya haha

      Tapi klo misal tanya provider apa yang sebaiknya didaftarkan buat mbanking, aku saranin telkomsel. Di negara-negara wisatawan yg populer, jaringannya biasanya ada. Jadi ya bisa buat jaga-jaga kalau ada masalah dengan mbanking BNI, bisa pakai jaringan telkomsel.

      Lagian internet nomor sendiri itu hanya dipakai saat kita mengaktifkan mbanking dari yang sebelumnya terblokir. Kalau misal tidak ada masalah apa-apa, ya bisa pakai wifi

      Hapus
  29. Kak mau Tanya, klo posisi kita lagi Di luar negri, trus m. Banking kita Terblockir, jadi aku harus ganti no lama ke no baru posisi juga lgi covid, gc bisa ke kantor bni lngsung gmna ya urgent bgt, bnggung Mohon bntuan nya donk 🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah maaf baru baca komennya

      Mungkin bisa langsung hubungi CSnya ya.
      Sebisa mungkin sih kamu masih punya nomor/kartu yang nomornya dipakai untuk mbanking.

      Goodluck

      Hapus
  30. Terima kasih banyak kak🥰 , tipsny bener2 terbantu deh... Makasih banyak🙏🏻

    BalasHapus
  31. Kira" Untuk durasi telfonnya berapa menit ya kak? Biar bisa di ukur buat beli pulsanya nanti. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduuuh maaf banget baru balass. Semoga kamu masalahnya udah kelar ya. Dulu durasi telpon sekitar 15-20 menit

      Hapus