Sabtu, 27 Januari 2018

2nd Week In Japan: Jalan Jalan ke Asakusa

Assalamu'alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh

Haii Haii Haiiii
Jadi rencananya selama kurang lebih 2,5 bulan exchange, tiap minggunya gw bakal menyisihkan waktu (dan uang tentunya) buat pergi jalan-jalan. Ayeyyy !!! Yah, itung-itung pelepas penat setelah ngelab seminggu hehehe. Nah, setelah minggu pertama jalan-jalan ke shinjuku buat cari paketan internet (baca post-nya disini ), minggu kedua gw dan temen-temen memutuskan untuk pergi ke Asakusa.

Gw sama temen-temen berangkat sekitar jam 10 pagi dari Higashi Koganei, dan untuk menuju Asakusa, gw naik kereta line Chuo sampai stasiun Kanda, setelah itu transit dan ganti kereta ke arah Asakusa. Waktu perjalanan menempuh waktu sekitar 1 jam. Jadi, Asakusa adalah salah satu distrik di Tokyo dan daerah ini salah satu daerah di Tokyo yang banyak dikunjungi turis.

Nakamise Shopping Street

Tempat pertama yang gw kunjungin adalah Sensoji-Temple yang lokasinya macam 'sepelemparan batu' dari exit stasiun Asakusa. Super banyak banget turis yang gerumul di depan Temple-nya dan semua ngelakuin hal yang sama: foto-foto. Jadi kalau mau foto di depan gapuranya bisa dibilang gampang-gampang susah, karena kudu antri kalau mau dapet angle foto yang bagus, atau kalau mager antri ya pasrah dengan angle foto seadanya. Hehehe.
Sensoji Temple
Semua orang foto-foto sis :"

Nah, sebelum masuk ke Sensoji Temple, kita 'dipaksa' untuk melewati Nakamise Shopping Street yaitu semacam jalan yang samping kanan-kirinya jualan segala jenis pernak-pernik je-Jepang-an dan street food.

Nakamise Shopping Street
Sensoji Temple
Kuil Sensoji yang udah mulai kelihatan

Yah jujur gw tergoda sama makanan-makanannya palagi rata-rata dijual murah kurang dari 500 yen, cuman karena ragu sama kehalalannya, yaudah deh cukup liatin orang makan juga uda kenyang wkwkwk. Pernak-pernik yang dijual disini juga banyak banget macamnya, dari gantungan kunci, kipas, kaos, tempelan kulkas, patung-patungan, boneka, yukata, kimono, dan pernak-pernik kecil lain yang gw nggak tau namanya. Oh, ya, disini kita juga bisa nyewa kimono. Jadi lumayan banget liat di jalan, mbak-mbak atau mas-mas yang pake kimono.
Toko Pernak-Pernik

Oh ya, Nakamise-Do shopping street ini nggak buka sampai malam. Saat malam, hampir semua tokonya tutup, palingan satu-dua yang masih buka.
Malam yang Sepi

Disini gw nggak beli apa-apa either itu makanan atau pernak-pernik, ya karena ragu sama kehalalanya sama gw merasa belum butuh pernak-pernik saat ini karena toh masih 2 bulan lagi di Jepang hehehe mendingan kalau mau beli oleh-oleh di Daiso yang murah-murah (ini sih alasan utamanya hahaha).

Senso-ji Temple

Sensoji-Temple

Nah, setelah menyusuri godaan-godaan belanja Nakamise-Do shopping street, sampailah gw di Sensoji Temple. Sensoji-Temple adalah kuil untukpenganut agama Budha. Mungkin karena gw datangnya pas weekend, jadinya rame banget disini.Yah disini banyak spot foto-foto selain si kuilnya sendiri, ada makam, dan taman-taman yang ada kolamnya. Biasanya kalau turis dateng disini bakal beli semacam kayak "undian" gitu, nanti dicek gimana kira-kira ramalan nasib/peruntungannya. Gw nggak beli "undian" itu soalnya kalau di Islam dilarang mengundi nasib (fyi, gw muslim), jadi yaudah merhatiin orang aja. Hehehe.

Beli "Undian"

Nah selain "undian", orang-orang juga dateng kesini buat berdoa secara ini adalah tempat ibadah, nggak cuman orang Jepang aja, tapi turis-turis juga ikut berdoa secara gw liat ada beberapa bule yang ikut-ikut berdoa disini.
Berdoa

Di area Sensoji-Temple juga ada taman-taman. Jujur setelah melihat beberapa kali kolam-kolam sama taman-taman yang ada di Jepang, kayaknya gw jatuh cinta deh (*lebay) sama arsitektur taman khas Jepang.Bener-bener cantik
Ikan Koi
Nah, coba perhatiin gambar yang dibawah, macem background komputer nggak sih. Wkwkwkwk. Cuman kurangnya gw bukan fotografer profesional dan kamera gw apalah cuman kamera ecek-ecek jadi hasil foto gw nggak sekeceh bakcground-background windows. Yah diluar itu, pokoknya tamannya bagus dan photoable.
Taman-Taman
Oh, ya tips nih buat yang pingin foto di Sensoji-Temple dengan background yang sepi tanpa ada khalayak ramai, bisa dicoba datang ke kuilnya pagi-pagi banget atau sekalian pas malem. Dijamin tuh sepi. Hehehe. Gw sama temen-temen nyempetin balik lagi ke kuilnya pas malem-malem. Dan yah, SEPI. Meskipun masih ada turis atau orang-orang yang berdoa tapi itupun dikit banget
Suasana Sensoji-Temple pas Malem
Salah satu hal yang bisa ditemui di sekitar Sensoji-Temple adalah becak Jepang. Eits jangan kira kalau becak Jepang ini mirip kayak becak di Indo yang dikayuh ama "bapak-bapak" dan beroda 3. Becak di Jepang rodanya 2 dan "DITARIK" sama "mas-mas" dengan "LARI". Pantesan nggak heran, mas-mas becak badannya pada ok-ok macam bintang L-Men secara narik becaknya pake lari -,-. Selain badan ok, setelah gw dan temen gw amati, kita berpendapat klo mas-mas becak ini mukanya di atas rata-rata. Hahaha. Bahkan temen gw yang cowok juga setuju kalau muka mereka ok-ok. Wwkwkwk. Kayaknya "berpenampilan menarik dan berpostur proporsional" jadi salah satu syarat biar jadi abang-bang becak deh. Oh, ya, dengan becak ini kalian bisa muterin asakusa dan rata-rata abang becaknya bisa ngomong bahasa Inggris.
Becak

Sumida Park

Okei, destinasi selanjutnya adalah Sumida-Park. Sumida Park ini letaknya di tepi sungai Sumida. Dan dari sini agan-agan juga bisa liat Tokyo Skytree (bangunan tertinggidi Tokyo, sekitar 451 m). Oh ya, perlu dicatat kalau Tokyo Skytree ini beda ya dengan Tokyo Tower. Hehehe. Di sepanjang Sumida Park banyak pohon sakura, namun sayangnya karena lagi winter, yang ada cuman pohon-pohon botak deh :"(. Bayangin pasti cantik banget pas musim semi dateng kesini. Eits nggak papa, di sepanjang sungai juga ditanam bunga-bunga warna-warni yang nggak kalah cantik sama bunga sakura.
Bunga-Bunga Cantiq

Oh ya disini, bisa juga makan di restoran kapal yang tersedia. Untuk harganya gw nggak tau karena gw nggak nyoba. Hahaha. Tapi keliatannya sih mahal ya. Karena sayang duit, yaudah deh cukup difoto aja resto kapalnya.

Restoran Kapal

Oh ya, ditepian sungai Sumida, banyak banget burung dara sama burung camar laut. Nah gw nyoba sok-sokan ngasih makan beberapa burung dara, ewalah-dalah tiba-tiba serombongan burung dara sama burung camar laut (seagull) pada nyerbu gw minta dikasih jatah juga. Paling demen sih ama seagull, soalnya bisa sambil kasih makan mereka dalam kondisi terbang jadi kayak atraksi-atraksi gitu. Hahaha. Beda ama burung dara yang ngasih makannya kudu dibawah wkwkwk.

Tepian Sungai

Hoppy-Dori Street

Nah, karena lapar, kita memutuskan untuk balik ke daerah Sensoji-Temple. Kita susurin jalan Hoppy-Dori Street yang terletak di sebelah baratnya temple. Tempat ini cocok banget buat sekedar ajlan-jalan, dan di sepanjang jalan banyak "warung kaki lima" atau "bar" yang tentunya jelas nggak halal buat gw yang muslim.  Udah muter-muter tapi masih belum sreg sama makanan-makanannya, dan nggak yakin ada yang halal. Sebenarnya di daerah sini ada ramen halal namanya "Napiyaka", cuman karena rame banget antriannya sampe keluar jalan, akhirnya kita cari opsi lain buat makan.Dan jatuhlah pilihan pada takoyaki. Kenapa takoyaki? Ya karena kita pikir bahan-bahan takoyaki dan bumbu yang ada itu nggak aneh-aneh, jadi bismillah sepertinya takoyaki ini nggak haram. Hehehe.
Suasana Hoppy-Dory Street
Takoyaki yang kita beli harganya 700 yen dan dapet sekitar 8 buah. Beda banget harganya sama takoyaki yang biasa kita beli di Peacock deket asrama yang cuman 300 yen dan dapet 10 biji. Yah, maklumlah, namanya juga tempat wisata pasti harga-harga lebih mahalan. Tapi gw akui takoyaki ini lebih enak rasanya ketimbang takoyaki yang biasa gw beli di Peacock. Eh, atau karena emang gw lagi laper jadi kerasa enak? Tau ah.

Takoyaki 700 yen

Tokyo Skytree

Menjelang malam, kita memutuskan untuk jalan ke Tokyo Skytree. Disini matahari terbenam sekitar pukul 5 sore. Oh ya, selepas makan takoyaki, kita memutuskan untuk balik lagi ke Sumida-Park dan nunggu sampai matahari tenggelam baru jalan ke Tokyo Skytree. Sengaja kita nunggu malam untuk ke Tokyo Skytree biar bisa liat towernya versi warna-warni lampu. Hehehe.
Perjalanan Menuju Tokyo Skytree
Untuk menuju Tokyo Skytree gw dan temen-temen nggak pakai gmaps atau sejenisnya karean pingin hemat kuota mengingat kuota mahal cyyyin 1 juta (baca ceritanya disini). Jadi, kita cuman ngandelin Tokyo Sktree yang menjulang dan yaudah jalan aja ngira-ngira jalan biar sampai sana hehe. Dan jaraknya sekitar 1,3 km dari Sensoji-Temple, lumayanlah olah raga secara di Indo gw jarang banget  jalan kaki lebih dari 1 km.Selain itu, enaknya kalau jalan-jalan bisa sambil lihat panorama kota Asakusa secara lebih mendalam (*apasih -,-).

Akhirnya sampailah kita di Tokyo Skytree, dan baru sadar kalau di Tokyo Skytree sebenarnya ada stasiunnya yang bisa ditempuh dari stasiun Asakusa. Disini lumayan banyak ketemu sama orang-orang Indonesia (di telinga gw kedengeran orang-orang cakap bahasa Indonesia).

Bagian Depan Gedung
Disini, nggak cuman Tokyo Skytree aja yang jadi objek wisata utamanya, ada juga aquarium, restoran di atas tokyo skytree, juga ada semacam perbelanjaan yang namnya "Detective Conan Plaza" yang jual pernak-pernik Detective Conan juga beberapa manga/anime lain.
Detective Conan Plaza

Tokyo-Skytree

Tokyo Station

Perjalanan ditutup dengan mampir dahulu ke Tokyo Station yang ternyata punya arsitektur gaya Eropa. Dan pas banget datengnya malem, karena menurut gw Tokyo Station ini lebih bagus dilihat pas malem dengan segala lampu-lampunya. Oh ya , disini gw juga nemuin beberapa fotografer yang lagi fotoin Tokyo Station. Pas gw kesini, suhu saat itu sekitar 1 C. Brrrrrrr..

Di Tokyo Station, gw sama temen-temen memutuskan untuk jalan-jalan keliling sekitar stasiun. Dan ngak jauh dari stasiun kita nemu spot yang photoable hehehe. Jadi ada jalan yang sepanjang jalannya dihiasi pohon-pohon lampu. Dan disitu kita nemu ada serentetan mobil-mobil antik yang lagi parkir punya semacam klub mobil. Dan sama pemilik mobilnya, mereka mempersilahkan kalau ada yang pingin foto-foto di dalam mobilnya.
Mobil Antiq

Nah itu dia, sepenggal cerita jalan-jalan gw ke Asakusa. Gw sampe kamar asrama sekitar jam setengah 11. Dan gw beruntung gw bisa sempetin jalan-jalan di weekend ini dengan cuaca yang bersahabat, karena hari Senin besoknya Tokyo dilanda badai salju setelah 3 tahun Tokyo nggak dapet salju pas winter. Mungkin kalau gw rajin gw bakal bikin postnya tentang salju ini, sekaligus salju pertama yang gw rasakan. Hahaha.

Bakal kemana lagi minggu depan?