Minggu, 21 Januari 2018

Beli Paket Internet di Jepang

Pada hari-hari awal kedatangan gw di Jepang, gw dan temen2 gw adalah fakir internet. Bisa dibilang dalam sehari beberapa kali gw mampir sevel (7-11) cuman buat nebeng wifi, mungkin mbak-mbak sevel sampe sebel kali gara-gara keseringan liat gw nebeng wifi tapi jarang beli di sevelnya. Hmmm bisa jadi itu alasan sevel Indonesia bangkrut gegara banyakan orang nongkrong ketimbang beli produk sevelnya (*perilaku mayoritas pengunjung sevel Indo). Hahah. Setelah dirasa rempong kalau kudu bolak-balik sevel cuman sekedar numpang wifi biar bisa berkabar ke emak-bapak di rumah atau baca balasan email Profesor, akhirnya gw dan temen-temen memutuskan untuk segera mengakhiri semua ini. Dan weekend minggu lalu, kita pergi ke Kichijouji (yang lebih 'kota' ketimbang tempat tinggal kita di Koganei) buat cari paket internet berbekalkan arahan mas-mas dan mbak-mbak Indonesia yang kita temuin pas acara kumpul orang Indonesia-Koganei. 

Dari Higashi Koganei menuju Kichijouji bisa ditempuh dengan kereta sekitar 15 menit (melewati 3 stasiun). Sesampainya di Kichijouji, kita muter-muter cari toko elektronik dan nanya-nanya tentang keberadaan sim-card. Toko pertama yang kita cari adalah ABC-Mart sesuai anjuran mas-mas Indo-Koganei, berbekal arahan gmaps menggunakan wifi sevel, ketemulah kita dengan toko ABC-Mart. Dan teret tet tet, ABC-Mart adalah TOKO SEPATU -,-. Aduh, plis, tolong itu usil banget yang ngasih arahan kok bisa-bisanya mau beli sim-card dikasih toko sepatu. Wkwkwk.

ABC Mart=Toko sepatu -,-

Capek muter-muter cari ABC-Mart yang ternyata kemudian adalah toko sepatu, kita tetap melanjutkan perjalanan menyusuri toko elektronik, sebenarnya beberapa kali ketemu sama penjual sim-card yang ada paket internetnya, cuman harganya subhanallah keterlaluan mahal kalau dibandingin harga paket internet Indosat Ooredo. Yaiyalah -,-. Karena kelelahan dan kelaparan, kita memutuskan pulang saja dan menyempatkan makan udon murah sejuta umat cuman 300 yen di stasiun Higashi-Koganei. 

Udon Sejuta Umat

Keesokannya, kita memutuskan untuk teroos menggenjot tenaga jalan ke Shinjuku demi paketan internet. Sesampainya di Shinjuku, kita langsung cari toko BIC. Jadi toko BIC ini adalah toko elektronik (ada juga swalayan disini) dan menurut review-review di Google, kita bisa menemukan sim-card atau paketan internet disini. Oh, ya, toko BIC ini juga mudah ditemui kok di kota-kota besar.

Shinjuku

Disini kita dikasih arahan sama mas-mas atau koko-koko pegawai toko. Dia ngasih beberapa pilihan paketan internet. Nah berhubung gw dan temen-temen di Jepang cuman selama 3 bulan, maka kita memutuskan untuk beli paket internet aja yang bisa berlaku selama 3 bulan. Kalau misal mau simcard yang bisa internet dan nelfon, bisa sih sebenarnya, cuman ribet harus registrasi ini itu. Oleh karena itu kita memutuskan untuk beli paketan internet yang memang khusus untuk turis. Gw memutuskan untuk beli paketan internet 2G berlaku selama 3 bulan plus tambahan kuota 5G. Disini juga dijual paketan internet yang cuman berlaku periode harian atau mingguan, jadi emang khusus buat turis dan harga paketan jenis ini (paketan khusus turis) lebih mahal ketimbang simcard atau paketan buat wifi portable.

Paketan internet 1 juta
Total duit yang gw habiskan buat paketan internet 7GB ini sekitar 9320 yen alias lebih dari 1 juta rupiah. Weleh weleh. Tuh kan gw bilang juga apa, harganya keterlaluan di luar batas penalaran kalau dibandingin ama paketan Indosat Ooredo di konter pulsa deket kosan. Heheheh. Plis, klo lagi di luar negeri jangan sering-sering dikurs-in ke rupiah, bisa sakit hati nanti wkwkwk. Dengan harga yang luar biasa mahal ini, gw bertekad untuk membatasi penggunaan internet per hari maksimal 100mb, karena bagi gw duitnya lebih mending dibuat makan, jalan-jalan, belanja, ditabung, atau disumbangkan ke anak yatim-piatu (cieeelah) ketimbang beli paketan internet mahal.

Mas-Mas Toko yang lagi ngecek sim

Mas-mas di toko ini ramah-ramah dan melayani sepenuh hati. Lebih dari 1 jam gw habiskan di toko ini cuman buat sekedar beli paketan internet. Sim-card bakal dicek dulu sama mas-mas pegawai toko dan dipastikan bisa berfungsi. Oh, ya untuk registrasi jenis kartu ini cukup simpel, hanya dengan nomor paspor. Nggak perlu bawa paspor juga nggak apa-apa, yang penting hafal nomor paspornya. Meskipun begitu, kalau di luar negeri sebisa mungkin selalu bawa paspor ya guys atau bisa juga pakai resident card klo punya.

Yak, begitulah sepengal cerita pengalaman gw beli paketan internet di Jepun. Oh, ya, sebenarnya di Jepang sendiri banyak spot-spot yang punya wifi (sevel contohnya). Nah, untuk memudahkan mengakses wifi di public places di Jepang, bisa didownload dulu aplikasi 'Japan Travel Wifi'. Nah nanti tinggal registrasi pake social media, dan nanti otomatis hp kamu bisa tersambung wifi di tempat-tempat yang ada free-wifi-nya. Selamat jalan-jalan !! Yuhuuuu

0 komentar:

Posting Komentar