Minggu, 21 Januari 2018

Room Tour: Kamar Apartemen di Jepang

Okay, jadi hari ini gw mau cerita tentang gimana kamar gw di Koganei. Yeah siapa tau dari kalian pembaca setia blog ini (lah emang ada yang baca -,-) ada yang dapet beasiswa STEP (Short Trip Exchange Pogram) atau AIMS (g tau kepanjangannya apa XD) di TUAT kan... Aaaamiiin Aaamiiin Yaa Rabbal Aalamiiin.
Nah, jadi ceritanya selama bulan Januari-Maret 2018, gw alhamdulillah dapet kesempatan beasiswa buat exchange ngelakuin skripsi gw disini gratis tis tis. Eits, tunggu tunggu, "disini" itu dimana ya?  Disini itu di TUAT (Tokyo University of Agriculture and Technology). Kampus TUAT ada 2 yaitu di Fuchu dan Koganei, dan kebetulan kampus gw ada di Koganei.

Okay, cekidot - >>>>>

Disini gw tinggal di dorm khusus mahasiswa internasional. Di Koganei, nyediain 2 dorm yaitu dorm yang emang khusus buat mahasiswa habitat asli sana sama dorm buat mahasiswa internasional yang lagi ikut program exchange macem gw. Dan dormnya super duper deket banget sama kampus, jadi cuman terpisah sama tembok. Jadi kalau misal gw jalan ke gedung lab gw yang posisinya agak diujung, cuman ngabisin waktu sekitar 5-7 menitan. Dan ini adalah penampakan dorm gw.

Penampakan Koganei Internasional House dari depan

Ini adalah bagian administrasi dorm yang ada di lobby bawah. Dan kebetulan pegawainya agak bisa sedikit bahasa inggris, jadi ya alhamdulillah bisa komunikasi mengingat bahasa jepang gw menyedihkan. Triknya adalah berbaik-baiklah sama ibu/bapak pegawainya karena bisa jadi diberi kesempatan untuk bayar sewa dorm telat hahaha. Macem gw yang masih sabi baru bayar tanggal 18 padahal deadline bayar asrama tanggal 15 tiap bulannya gara-gara beasiswa gw yang baru cair tiap tanggal 17.

Lobby Administrasi
Ini adalah kamar gw, nah di dorm ada sebagian (besar) kamar yang letaknya indoor tapi ada juga sebagian (kecil) kamar yang letaknya outdoor, dan gw kebagian kamar yang letaknya outdoor, sehingga berakibat saat buka pintu kamar langsung brrrrr udara dingin menusuk di hati, terasa oooh nyeriiii (apa sih, g jelas). Cuman, kelebihannya kalau kamar outdoor kamar mandinya di dalem sedangkan klo kamar indoor kamar mandinya gabung jadi satu bersama penghuni kamar indoor lainnya, dan tiap mandi kudu bayar. Harga sewa kamarnya pun beda, klo kamar yang indoor 19.000yen/bulan sedangkan kamar outdoor macem gw 23.000/bulan. Cuman, ada pengecualian, ad 1 kamar indoor yang punya kamar mandi dalem. Tuh, nikmat mana lagi yang engkau dustakan? Udah indoor, kamar mandi dalem pula.

Kamar gw di lantai 4 yang ada di outdoor

Kamarnya menurut gw lumayan luas untuk ukuran mahasiswa yang biasa sewa kamar kos di kukusan UI seharga 500ribuan hahaha. YAIYALAAAH. Hmm gw nggak dapet informasi luas kamarnya berapa ya, tapi kalau diamati, ditelaah, dan diteliti luas kamarnya sekitar 4mx6m maybe (?) dan itu belum termasuk balkon tempat buat jemur-jemur pakaian.

Apa aja sih fasilitas-fasilitas di kamar?


1. Bed/Tempat Tidur

Bed

Nah ini penampakan bed gw, jadi gw dikasih kasur, bantal isi material semacam beras (?), selimut tipis, sama selimut tebal. Dan, eits, ini nggak gratis lho, untuk kasur/futon gw mesti bayar 8100 yen dan bayarnya ke kantor pos (mungkin kalau sempet dan rajin, gw akan bikin post tentang kantor pos ini). Trus, kalau nggak mau pakai futon gimana biar hemat gitu nggak usah bayar 8100? Hohoho, siap siap rasakan punggung pegal karena alas tidur yang keras plus badan membeku kedinginan nggak ada selimut.

2. Meja Belajar

Meja belajar

Jadi ada 2 meja disini. Buat meja yang di sebelah kanan banyak rak-raknya, dan bisa dilihat rak-rak gw yang kosong. Yah, mau gimana lagi gw kesini cuman bawa baju ama makanan, jadi sebagai mahasiswa #sobatkismin, gw nggak punya banyak barang hahaha. Mungkin harusnya kosan gw di Kukusan pakai rak macem gini nih, jadi buku-buku kuliah gw nggak harus masuk kardus yang kemudian jadi tatakan TV wkwkkw (cc: ibu kosan).

3. Lemari dan Rak

Untuk lemari, diperuntukkan buat tipe 'gantung' gitu, jadi gw akhirnya beli hanger di toko Seria deket dorm yang semuanya cuman 100 yen amit-amit murah banget. Dan gila, ini hanger murah banget apabila gw bandingin ama hanger yang gw beli di pasar kaget Kutek di UI seharga 20ribu. Hanger 100 yen gw bahannya besi dan ada 10 biji, kurang murah apalagi cobaa (1 yen=Rp 120).

Lemari

Bisa dilihat di lemari paling kanan itu adalah lemari makanan perbekalan gw dari Indo, disitu ada indomie, energen, bubur ayam instan, sosis, ama beberapa jajan-jajan.

4. Mini Kitchen Set

Nah ini yang amat sangat membantu. Trik hidup hemat adalah memasak. Bahkan ada senior Indo yang tinggal di lantai bawah gw, sebulan dia cuman abis kurang lebih 15.000 yen buat makan hanya karena dia menerapkan prinsip memasak. Gokil banget nggak bray!!! 


Kitchen Set

Oh, ya, mini kitchen set ini terdiri atas wastafel, rak piring, kompor elektrik, sama kulkas. Nah buat kompor elektrik ini cuman bisa buat dipakai peralatan dapur yang ada tulisan "heat inductor"nya. Jadi ada temen gw yang udah bawa perkakas panci dari Indo, dan alhasil itu panci nggak bisa bekerja seperti seharusnya karena kompornya ngambek nggak mau manasin tu panci.

5. Kamar Mandi

Inilah kamar mandi gw, ada toilet, wastafel, sama bathub. Whattt??? Asrama mahasiswa ada bathub? Lah, gw pas tinggal di asrama UI aja kalau mau mandi kudu bawa ember dan terkadang gw kuliah nggak mandi gara-gara air nggak keluar akibat kamar gw yang lantai 4 dan air mandeg di lantai 2 (asrama UI edisi jaman gw maba). Hohoho, jadi orang jepang itu punya tradisi suka berendam air panas, makanya bathub itu kebutuhan. Oh ya, kamar mandi gw ada heaternya alhamdulillah, nggak bisa bayangin seberapa dinginnya di winter kayak gini kalau nggak ada heater. Nggak mandi kali gw selama winter.


6. Balkon

Balkon ala kadarnya
Nah, ini adalah balkonnya. Sayangnya balkon ini kurang bisa dimanfaatkan untuk duduk-duduk cantik sambil ngeteh baca koran dan ngeliat pemandangan. Ya gimana lagi, orang dingin banget di luar, lebih enakan pelukan ama kasur. Balkon gw sendiri terhubung sama balkon kamar sebelah. Dan dari pengamatan gw terhadap jenis jemuran penghuni sebelah, kayaknya penghuni sebelah itu cowok deh, dan gw belum pernah liat atau kenalan sama penghuni sebelah. Tiap gw jemur pakaian malem-malem, kamar sebelah terlihat mati lampu entah orangnya belum pulang atau emang doi yang suka gelap-gelapan.


7. Penghangat sekaligus AC

Penghangat

Ini dia penyelamat pas musim dingin. Gw biasa setel suhu 20-24C buat menghangatkan kamar gw. Lah, suhu segitu di Indo kan suhu AC XD. Gw cuman ngidupin pemanas kalau pas mau tidur, biar hemat listrik cyiiin.

Sistem Pembuangan Sampah

Nah, selain fasilitas-fasilitas kamar di atas, gw juga mau sharing tentang kebiasaan buang sampah sama cuci baju di dorm gw. Jadi untuk sampah sendiri nggak kayak di Indo dimana sampah segala macem dari plastik, sayur, ikan, tanah, pecahan gelas, pampers, rokok, kertas, sampai bagian tubuh manusia (ex: rambut, kuku) yang digabung jadi satu. Di sini, sampah harus dipilah-pilah berdasarkan kategorinya. Dan ada plastik sampah khusus untuk jenis tertentu. Intinya sih ada kategori burnable (ini kayak sampah organik sisa makanan atau sumpit yang dari bambu) sama non-burnable (plastik). Ada juga kategori sampah khusus kertas, khusus botol/can,  dll. Waktu untuk buang sampah ke 'Pusat Sampah Dorm' juga ada aturannya. Selain itu sebagai penghuni dorm dilarang banget buang sampah di tempat sampah selain dorm ini. Misal gw malah buang sampah ke dorm sebelah yang dorm khusus mahasiswa asli TUAT, kalau ketauan gw bisa kena sanksi. Sanksinya apa? Gw belum tau karena belum pernah nyoba, dan nggak mau nyoba hehe.

Cuci Pakaian

Shower Room

Nah, selanjutnya adalah kebiasaan mencuci di dorm. Jadi tiap lantai di dorm punya 'shower room'. Di shower room ini ada mesin cuci sama pengering otomatis. Untuk sekali pakai mesin cuci butuh 200 yen, sedangkan untuk pengering 100 yen. Kapasitasnya maksimal 4 kg, tapi dari pengalaman gw belum nyampe 4 kg mesin cucinya udah penuh ama baju-baju gw, ya gimana lagi Bu, baju saya tebal-tebal, ngabisin volume. 

Nah karena mesin cucinya otomatis, gw cukup masukin koin 200 yen dan voila!!! Mesin cucinya dengan pintarnya masukin air sendiri, muter sendiri, bilas sendiri, capek sendiri (eh nggak deng, klo yang ini). Waktu cuci yang tertera di timer itu 30 menit, jadi bisa ditinggal ke kamar dulu buat belajar (cielaaah). Untuk pengering pun sama, masukin koin dan voila jalan sendiri selama 30 menit yang sekali lagi bisa sambil ditinggal ke kamar dulu buat belajar.

Harga Sewa & Harga Lainnya

Btw, harga sewa kamar ini sekitar 30.000 yen (iya murah, kan tinggalnya di asrama mahasiswa), belum termasuk listrik, air, kebersihan, dan gas dimana kalau di total printilan tersebut menghabiskan biaya sekitar 4000-7000 yen per bulan -tergantung sedang musim apa dan tergantung tingkat "keborosan" penghuninya (biasanya saat musim dingin biaya listrik akan makin membengkak). Di daerah gw yang merupakan pinggiran Tokyo, harga apartemen bervariasi antara 50.000-100.000 yen/bulan tergantung luas ruangan dan fasilitas yang ditawarkan, kalau di kosan itu ada parkiran sepeda/mobil maka akan lebih mahal lagi (-yes, di Jepang banyak sekali ditemukan parkiran umum entah untuk mobil/sepeda/motor dimana ada biaya charge tiap harinya).



Okai, itu dia sepenggal kisah dorm gw. 
Semoga para pembaca yang budiman bisa mengambil manfaat  dari post ini. 
Akhirul kalam,
Wassalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

0 komentar:

Posting Komentar