Rabu, 08 Mei 2019

Pengalaman Ditipu Modus Beli Mobil Bekas & Keribetan Mengurus Birokrasi (Part 1)

Assalamu'alaikum Warrohmatullah Wabarakatuh


Haiii semuanya!!!!
Kali ini gw mau cerita pengalaman yang menyedihkan yang baru saja terjadi tadi malam. Yak, tadi malam gw barusan menjadi korban penipuan via telepon yang entah gimana caranya kok gw bisa dengan begonya malah mentransfer sejumlah uang ke dia, & nurut semua yang dia omongin via telepon. Gw juga mau cerita tentang segala kerumitan birokrasi yang harus gw tempuh baik ke polisi maupun ke bank untuk mendapatkan kembali uang gw. Gw harap dengan menshare ini bisa menjadi pelajaran untuk yang lain, agar lebih berhati-hati.


Awal Mula: Modus Bayar DP Mobil dan Ngaku-Ngaku Sudah Transfer

Oke gw mau ceritakan bagaimana latar belakang masalahnya. Bermula dari ortu gw yang jual mobil dan masang iklannya di OLX. Nah, di iklan itu, yang jadi CP-nya adalah adek gw, terus ada seseorang yang sms adek gw, katanya dia tertarik buat beli mobil dan rencana mau DP 3.000.000 dulu, diapun meminta dikirimin no rekening. Ini dia screenshot percakapannya, gw sebar aja bodo amat, biar orang-orang tahu nomornya si penipu ini #emosi 😠 (ya, meskipun pasti sudah tidak aktif nomornya sekarang)

Modus Penipuan: Minta No Rekening untuk DP Beli Mobil
Nah disini adek gw uda mulai curiga, masa calon pembeli nggak lihat mobil dulu atau tanya-tanya gimana gitu kek tentang spec mobil lebih detail, malah mau langsung DP aja. Tapi meskipun gitu, kita sekeluarga berusaha husnudzan dulu siapa tau memang dia pingin beli mobil (pas nulis ini gw menyadari betapa naif dan polosnya keluarga gw, dan menyesal pula harusnya mah nggak usah sok sok an baik pakai husnudzan segala, tetap harus waspada ama orang yang nggak dikenal). Nah akhirnya gw menawarkan pakai rekening BNI gw aja klo dia mau transfer uang DP. Kenapa gw menawarkan pakai rekening gw? Karena rekening BNI gw kosong isinya cuman 2000 jadi toh klo dia berniat mau nipu atau bobol rekening gw dia akan rugi sendiri 😤, dan gw punya mobile banking jadi pasti bisa langsung kedetect klo ada uang masuk.

Singkat cerita, dikasihlah no rekening gw ke dia sama bapak dan adek gw. Selanjutnya dia mengaku  ke adek dan ortu gw klo udah transfer 3 juta ke rekening gw. Kemudian di grup keluarga, ortu gw kayak ribut nanyain udah masuk belom duitnya, ya gw jawab belom karena kalau ada uang masuk pasti ada notifikasi via sms, dan pas gw cek di app mbanking gw pun nggak ada duit masuk. Gw kasihlah screenshot mutasi rekening gw yang isinya cuman 2000 itu ke grup keluarga, biar keluarga gw percaya. Nah disinilah kembali keluarga gw berhusnudzan ama tu orang (ampuuuun dah nggak sekali kali lagi sok sok an baik husnudzan ama stranger 😣), keluarga gw menganggap bahwa bisa jadi duitnya pending belum masuk ke rekening gw karena entah masalah di server bank apa gimana. Meskipun begitu keluarga gw uda mulai curiga orang kayak gini nggak usah diladenin takutnya nipu-nipu. Gw bilang aja kalau yaudah biarin aja, klo memang dia beneran transfer dan emang pending ya udah nanti bakalan gw kasih kabar kalau duitnya udah masuk. Nah, tapi orang tua gw itu PANIKAN tipenya, mereka tuh kayak bolak balik nelfon gw, bolak balik ngechat gw buat nanyain udah  masuk apa belum duitnya. Ortu gw panik karena si pelaku itu nelfon ortu dan adek gw klo dia udah transfer, dan dia panik klo rekening dia udah berkurang tapi kok g nyampe duitnya. Nah lho, dari sini ya harusnya udah mulai curiga dan block no hp orang itu aja nggak siiih, dia sok sok an ngaku gitu kenapa pada percaya sih keluarga gw? Toh nggak ada buktinya kaan klo rekening dia berkurang. Hadeuuuhhh. 

Kemudian terjadilan kesalahan fatal yang dilakukan keluarga gw, saat ditelpon ama si pelaku, ortu gw bilang klo sebenarnya no rekening yang dikasih sebenarnya no rekening anak ceweknya (gw) dan ortu gw -dengan "polos" dan "naif"- nya bilang klo gw anak cewek tinggal di Jakarta sendirian merantau. Nah nyaho lauu, itu kayak ngasih clue super jelas dan informatif ke pelaku klo "nih lho ada sasaran empuk buat dikibulin" (udah cewek, sendirian pula, WHAT A PERFECT PREY!!!!). Dia pun meminta no hp gw buat langsung konfirmasi udah masuk apa belum transferannya. Ortu gw g mau ngasih no hp gw karena ya punya feeling bahaya aja. Tapi malah diam-diam adek gw dengan ikhlasnya ngasih no hp gw ke dia uyyyy 😑. Haduh sepertinya keluarga gw dihipnotis semuanya apa gimana yak kok bisa pada nurut.


NIGHTMARE: GW DITELFON DAN ENTAH KENAPA GW BISA NURUT AJA AMA SEGALA OMONGAN DIAAAAA 😭

Nah ini dia part buruknya. Gw yang sedang bersantai ria dan youtube-an di kosan tetiba menerima telfon dari si pelaku. Disinilah gw mulai terlena dan berempati dengan si pelaku yang "terlihat" panik akibat duit di rekeningnya yang berkurang tapi tak kunjung masuk di rekening gw. Gw pun diminta buat ngecek ke ATM buat beneran ngecek apakah sudah masuk apa belum. Gw disini entah kenapa nggak curiga sama sekali dan nurut aja gitu buat pergi ke ATM padahal saat itu udah sekitar jam 10 malam.

Gw pun bilang klo nggak ada uang masuk dan si pelau kekeuh buat tetap mempertahankan telfonnya ama gw, dia bilang mau nelfon pihak bank dan minta gw buat bantuin konfirmasi klo ditanyain ama pihak banknya. Si pelaku pun menelfon pihak bank sambil tetap menahan telfon dengan gw. Gw pun NURUT aja. Disini gw nggak curiga, karena memang pada dasarnya kita bisa membuat 2 panggilan sekaligus dan bisa saling berinteraksi.

Riwayat Telfon ama Pelaku
Ditelfonlah call centre Mandiri, terdengar khas mesin otomatis penjawab dari Mandiri, sampai akhirnya ada suara Mas CSnya. Si pelaku curhat ke mas CS klo dia udah transfer duit 3 juta ke gw dan duitnya belum masuk ke rekening gw. Dia bercerita dengan ciamiknya, dengan ekspresi di nada bicaranya, pokoknya kalian yang dengar bisa langsung berempati & percaya gitu deh. Selanjutnya si pelaku bilang klo ada gw disambungan telepon dan minta CSnya komunikasi langsung aja ke gw. Si Mas CS mengonfrimasi apakah benar klo uangnya belum masuk ke rekening gw. Gw balas "iya". Nah habis itu si pelaku kayak panik gitu dan nanya ke CSnya gimana nasib uang dia, takutnya hilang. Mas CS bilang nenangin si pelaku dan bilang masalah ini bakal kelar urusannya maksimal 3x24 jam. Nah habis diomongin gitu, paniklah si pelaku, dan dia bilang ke CS kalau uang itu harus segera dibayar ke gw karena udah janji. Gw disitu sempat bilang klo g masalah klo g kekirim sekarang duitnya, tapi si pelaku takut klo keduluan orang lain yang bakal beli mobil ortu gw. DUH, BAYANGIN, GIMANA GW NGGAK IBA DAN EMPATI MELIHAT KEPANIKAN DAN KESUNGGUHAN PELAKU YANG MAU BELI MOBIL??? Sungguh suatu skenario yang apik dipadukan kepolosan gw, jadilah maka jadilah!

Mas CSnya pun nanya ke gw sekali lagi apakah bener uangnya belum masuk. Gw jawab "IYA", terus dia tanya jumlah saldo terakhir disitu berapa gw jawab aja 2000 (Mungkin saat itu dia kecewa kali ya aelah mau nipu tapi saldonya cuman 2000). Terus dia jawab ada rekening lain nggak? Disinilah begonya gw, gw jawab "Ada, Mandiri". Si CS langsung bilang "Wah, kebetulan klo rekeningnya sama-sama Mandiri uang 3 jutanya bisa langsung ditransfer ke rekening mandiri hari ini juga". Mas CS tanya lagi dengan suara dan kesan yang profesional sebagaimana CS pada umumnya "Berapa nomor kartunya?" "Masih ingat berapa saldonya?". Gw (sekali lagi) dengan begonya menjawab nomor kartu gw dan jumlah saldo mandiri gw saat itu, kurang lebih 4,7 sekian. Saat itu gw mulai curiga, tapi gw tetap jawab karena ya memang sepengalaman gw sebelumnya klo mau konfirmasi kartu/tabungan SOPnya via CS gitu seringnya ditanya ibu kandung, nomor kartu, dll buat mastiin apakah kita benar-benar jujur. Saat itu gw sadar juga klo telfon juga tersambung ama pelaku, jadi otomatis dia dengar data-data pribadi rekening gw. Gw sempat berpikir dalam hati kok CSnya nggak profesional gini, masa nanya hal gini didepan orang lain, kan privasi. Tapi ya itu, meskipun batin gw bergejolak tapi entah kenapa gw manut aja gituuu. Ya Allah, kenapa gw polos banget yaaaaaa 😓.

Setelah itu, mas CSnya nyuruh gw pergi ke ATM mandiri (saat itu posisi gw habis balik dari atm ke konter pulsa), baliklah gw ke ATM Mandiri. Gw diminta ngecek saldo gw berapa yang tertera di ATM, ya gw bilang saldo gw 4,7 sekian. Terus habis itu dia menuntun gw buat mentransfer uang nominal 4,5 sekian juta ke suatu rekening. DAN ANEHNYAAAA BAGAI DIHIPNOTIS, GW NURUT AJA GITUUU AMA OMONGANNYA. Gw sempet protes dan ngomel-ngomel ama si CSnya. Gw beneran ngomel-ngomel "Ngapain sih lu nyuruh-nyuruh gw buat transfer? kenapa harus gw yang repot? kan harusnya Bank aja yang repot ngurusin beginian, kenapa malah gw yang transfer?". Terus dianya minta maaf dan bilang "sabar" memang begitu SOPnya, DAN ANEHNYA GW NURUUUUT. Pas nulis ini gw sadar klo sebenarnya hati kecil atau alam bawah sadar gw saat itu berusaha memberontak, tapi entah gimana apa daya gw kayak nggak bisa buat nolak omongan itu orang. Gw pun mentransfer sejumlah uang ke rekening atas nama Sandilah. Gw sempat tanya siapa ini sandilah? dia bilang manager mandiri. Itu kan harusnya mencurigakan yaaa, tapi gw tetep transfer gitu lhooo. Ya Allah lindungilah saya dari segala kejahatan di muka bumi ini. Dan Bum! Tertransferlah duitnya. Ini gw kasih screenshot bukti transfernya, biar tersebar noh kemana-mana si rekening penipu ini. 

Bukti Transfer ke Rekening Sandilah Laknatullah
Pas udah ditransfer, si mas CSnya bilang klo duitnya bakal balik lagi ke gw sejumlah 7,7 (4,7 +3) dalam waktu 1x24 jam. Gw ngomel lagi dooong, "loh kok pakai nunggu? terus apa esensinya gw transfer yang tujuannya biar si orang yg mau beli mobil nggak pakai nunggu 3x24 jam, terus setelah gw capek2 transfer harus nunggu 1x24 jam biar duit gw balik?". Gw inget banget gw denger meskipun hanya sekilas dan sangat "subtle" klo Mas CSnya sempet "KETAWA ALA -ALA MENYERINGAI" gitu, wadawww disitulah gw mulai waras dan sadar klo jangan-jangan gw ditipu. Dia bilang ke gw buat pulang aja terus nanti cek lagi jam 12.05 apakah udah masuk apa belum duitnya. Gw marah-marah dong, gw tanya nama dia siapa kok berani nyuruh-nyuruh nasabah, dia jawab Fakhrizal. Ya meskipun marah-marah, tapi ya itu entah kenapa GW NURUT.

Pulanglah gw ke kosan, dan gw langsung nelfon customer service Mandiri, dan yah gw curhat ama mas CS (beneran) dari awal ampe akhir, dan mas CSnya bilang ini FIX PENIPUAN. Kata dia nggak mungkin klo gw sebagai penerima dana, malah disuruh transfer harusnya mah gw nunggu aja ampe duitnya nyampe. Ya gitu deh. Gw syok, kaget, antara mau nangis atau ketawa atau pingsan aja. Gw pun tanya juga gimana mekanisme pelaporannya dan gimana biar duit gw balik.

Nah disini terbukti kepintaran si pelaku, dia nyuruh gw transfer ke rekening BNI (an Sandilah) dari rekening Mandiri gw. Nah mas CS (beneran) yg gw telfon bilang klo transfernya dari mandiri ke mandiri bisa langsung diblokir saat itu juga saat gw nelfon. Tapi berhubung transfernya beda bank, mekanismenya jadi agak ribet: dari Mandiri harus lapor dulu ke BNI, dan bla bla bla, pokoknya ribet. KETERLALUAN EMAAAAAAAAANGGGG. Gw pun makin syok dan makin merasa bodoh. Gw g tahu apakah gw beneran dihipnotis atau gw yang memang terlalu polosnya manut dan percaya aja ama si pelaku. 

Btw, setelah mengetahui gw ditipu, gw langsung chat nomor penipunya, yang saat itu masih aktif. Gw kirimin aja hadits dan ayat al Qur'an tentang perbuatan penipuan dengan harapan si penipu sadar dan menyesali perbuatannya, tapi yah sepertinya hati mereka sudah ditutup sama Allah alias tidak mempan.
Insyaflah Wahai Manusia, Jika Dirimu Bernoda ~ ~

Lapor ke Keluarga, Curhat ke Temen, dan Nangis-Nangis

Habis nelfon CS mandiri, gw pun langsung ngasih tau keluarga gw via grup keluarga. Hebohlah mereka dan menyesalkan kenapa gw bisa terjebak perangkapnya padahal di grup keluarga udah diwanti-wanti jangan-jangan tu orang penipu. Yah karena gw malas baca grup keluarga & ngeladenin pertanyaan-pertanyaan mereka yang bertubi-tubi dan cenderung menyalahkan & memojokkan, gw pun memilih nelfon temen gw dan curhat. Di momen menelfon itu entah kenapa gw udah ikhlas aja gitu klo duit gw ilang, kayak "yaudah, memang bukan rezekinya". Tapi yah gw tetap nangis-nangis pas cerita sama temen gw, gw nangis karena gw merasa lemah aja. Gw sendirian, gw ditipu. Ya semacam nggak ada supporting system gitu lah. Gw nangis menyadari betapa bodoh dan polosnya gw, betapa lemahnya gw, betapa sendiriannya gw 😅. Sebelum ada kejadian itu, temen yg gw telfon berencana mau main ke kosan gw malam itu juga karena mau beli jajan deket kosan gw, tapi akhirnya rencananya nggak jadi karena dia harus lembur. Gw sampai berangan-angan klo temen gw itu jadi main ke kosan gw malam itu, mungkin nggak bakal kejadian kayak gini, karena at least ada orang yang bersama gw yang bisa mengingatkan gw buat nggak terjebak. Yah disitulah gw nangis, bukan menangisi duit yang hilang, karena ya gw yakin yang namanya rezeki bakal datang lagi. Yang gw tangisin adalah betapa bodoh, betapa polos, betapa lemah, dan betapa sendiriannya gw saat itu sehingga gw pun menjadi sasaran empuk buat kasus penipuan. 

Yah dari kasus yang gw alami ini gw belajar banyak hal. Selama ini gw tipe orang yang mudah percaya dengan orang lain, jarang banget bersuudzan, dan gw nggak bisa membayangkan ada sosok yang beneran "jahat" di dunia ini kayak di film-film. Naif banget kan? Dah yah, ternyata emang beneran ada sosok "jahat" di dunia ini. Kitalah yang harus berhati-hati dan waspada.

Untuk duit yang hilang, apakah gw sedih? Nggak sama sekali. Gw sudah menerima dengan ikhlas. tapi yah tentunya gw akan bersyukur klo duitnya bisa balik lagi. Intinya klo duitnya nggak balik lagi pun gw ikhlas, masalah balik atau enggak itu urusan nanti. Gw merasa musibah ini bentuk teguran Allah, mungkin gw selama ini pelit untuk mendermakan sebagian rezeki gw ke orang yang membutuhkan, jadi inilah cara Allah buat mengambilnya. Atau bisa jadi ini bukti kalau Allah sayang ke gw, Allah ingin menggugurkan dosa-dosa gw selama di dunia, jadi daripada dosa-dosa itu ditebus nanti di akhirat, lebih baik dosa-dosanya digugurkan dengan cara memberikan musibah ini ke gw. Ya, yang manapun dari 2 skenario itu yang benar, gw tetap bersyukur dan ikhlas atas semua ini. 

Gw pun jadi semacam disadarkan dengan kejadian ini, bahwa semua harta benda yang kita miliki saat ini sejatinya hanyalah titipan dari Allah, jadi "terserah" Allah kalau misal sewaktu-waktu Allah mau menarik kembali titipan tersebut. Nah tugas kitalah bagaimana saat kita "dititipi" harta benda tersebut untuk memanfaatkannya di jalan yang benar, bisa dengan bersodaqoh dan lain-lain. Bayangin aja duit 4,5 juta itu klo kita sumbangkan ke Allah entah dengan cara memberikan sebahagiannya ke ortu kita, keluarga kita, anak-istri kita, anak yatim, atau orang kurang mampu, pasti lebih menguntungkan buat kita; karena artinya kita nabung di akhirat dan nilainya pun dilipatgandakan oleh Allah. Beda dengan kejadian yang gw alami sekarang, duit 4,5 juta itu ya sekarang ya udah ilang aja, nggak berbekas baik di dunia, boro-boro di akhirat. 2 hal yang sekilas serupa tapi tak sama kan? Sama-sama "kehilangan" uang 4,5 juta; tapi yang satu beneran ilang tanpa sisa, sedangkan yang satunya lagi menjadi bekal di hari akhri nanti dan nilainya dilipatgandakan. 


Langkah Selanjutnya: Pelaporan

Oke meskipun sebelumnya gw bilang klo gw udah ikhlas dengan hilangnya duit, gw tetap berusaha atau bertawakkal untuk mengurus kasus ini ke kepolisian dan mengusahakan agar uang gw bisa balik lagi (meskipun kemungkinannya sangat kecil). Loh kenapa klo ikhlas masih tetap lapor polisis? Apa nggak kontradiktif itu? Well, analoginya gini ada kasus suatu keluarga dimana salah satu anggota keluarganya terbunuh di peristiwa perampokan. Ya mereka memang harus ikhlas dengan ditinggalkan oleh anggota keluarganya tersebut, tapi bukan berarti mereka berdiam diri, menyerah dan membiarkan begitu saja, kasus tersebut tetap harus dilaporkan, sehingga ada keadilan buat mereka dan pelaku.

Yah sebenarnya gw nggak terlalu berharap banyak sih dengan mengadukan kasus ini, mungkin gw hanya berharap semoga pelakunya bisa ketangkap dan diadili, biar dia kapok, dan nggak ada lagi korban kaya gw. Masalah duitnya bisa balik atau enggak, ya gw fleksibel aja tapi gw tetap mengusahakan. Nah, untuk bagian ini gw akan bikin post sendiri di part lainnya. Mungkin gw akan membuat lanjutan dari kasus ini entah sampai berapa part, pokoknya sampai kasusnya kelar. Hehehe.

Well, itu dia curhat panjang dari cerita penipuan gw, semoga bisa menjadi pelajaran bagi teman-teman untuk lebih berhati-hati. Mungkin kalian yang memiliki pengalaman serupa bisa cerita juga di kolom komentar di bawah, jadi bisa meningkatkan awareness di masyarakat. Dan gw sebenarnya galau juga mau cerita ini di blog, karena ada sisi positif dan negatifnya. Gw takut malah dengan cerita ini bisa menjadi inspirasi pelaku kejahatan lain untuk bertindak (naudzubillah, jangan sampai ya Allah), tapi disisi lain gw yakin informasi ini jauuuuuh lebih bermanfaat untuk mencegah tindak kejahatan penipuan, aaaaamiiiin. Intinya, jangan mudah percaya dengan orang! Jangan pernah sekali-kali mau diminta untuk transfer!

Waspadalah! Waspadalah!

Wassalamu'alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh





- Tulisan ini ditulis siang hari setelah 
berputar-putar ke kepolisian, bank, dkk

2 komentar:

  1. Koq jadi ikutan kesel ya sama tuh orang. Teman juga pernah ada kena modus tipu2, tapi dengan konteks kerjaan. Si pelaku menipu dengan menyamar sebagai teman dekat ayah teman saya, yang kebetulan hari itu habis meninggal.
    Ternyata si pelaku memanfaatkan momen ini, kelengahan pihak keluarga.
    Awalnya karena pihak keluarga menginformasikan di kontak bapaknya, info duka bahwa pemilik nomor hape ini sudah meninggal. Mungkin ada satu nomor yang dulu milik orang dikenal, sudah gak aktif dan dipakai oleh orang lain (pelaku).
    Si pelaku mengaku sahabat karib alm. dan menawarkan membantu pekerjaan untuk anggota keluarga demi membantu ekonomi keluarga. Alih2 membantu ternyata modus penipuan terjadi di saat hari2 duka itu. Akhirnya kaya tertipu lah trf ke penipu itu.
    Kesal, dan ingin menampar muka si penipu itu. Padahal bukan saya yang mengalami, tapi kesalnya bisa saya rasakan, apalagi korbannya.

    Semoga terbalaskan oleh YME.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh makasih yaaa sudah ikut sharing disini

      Harus diberangus emang para penipu

      Hapus