Senin, 04 Maret 2024

Trip to Arizona: Page, Antelope Canyon, Horse Shoe Bend, Lake Powell, dan Grand Canyon,

Halo Assalamu'alaikum,

Sebenarnya sudah pingin banget nulis ini dari tahun lalu, tapi karena kesibukan dan kemalasan, akhirnya baru punya niat dan semangat menulis hari ini. Jadi post kali ini tentang jalan-jalan, lebih tepatnya ke Arizona. Ceritanya tuh tahun 2022-2023 aku tinggal di Amerika Serikat untuk urusan penelitian dan sekolah. Selama setahun tersebut bisa dibilang hampir tiap minggu-nya ada saja agenda jalan-jalan, dan alhamdulillah hari ini punya semangat buat menulis salah satu pengalaman jalan-jalan yaitu ke Arizona.

Jadi perjalanan aku ke Arizona ini adalah salah satu dari rangkaian road trip lintas state Nevada-Arizona-Utah selama 5 hari. Saat itu lagi pusing-pusingnya sama penelitian yang stuck, akhirnya memutuskan untuk jalan-jalan sekaligus merayakan idul Adha di state lain. Karena akan terlalu panjang kalau ditulis dalam satu tulisan, maka di post ini akan fokus saja ke trip di Arizona.

Page City

Perjalanan kita ke Arizona dimulai dengan menginap di Page City. Kenapa Page? Karena di Page ini ada segala macam objek wisata yang kita kunjungi. Di Page, kita memutuskan menginap di sebuah rumah (AirBnB) selama 2 malam.

Welcome to Page

Malam pertama adalah malam setelah perjalanan kita sebelumnya dari Utah, paginya kita muter dari Antelope Canyon, Horse Shoe Bend, Lake Powell, dll; kemudian malamnya kita nginep lagi, esoknya kita lanjut perjalanan ke Grand Canyon. Oh ya semua trip ini kebetulan aku rancang sendiri, nggak pakai tour & travel. Alasannya ya karena kalau pake tour & travel itu biayanya mahal bisa 2-3x dari kalau kita ngetrip sendiri, dan alasan lainnya adalah memang dari akunya yang suka dan hoby bikin trip itinerary hahaha (funfact aja, dulu masih kecil hobinya pingin punya tour & travel). Sebagai perbandingan aja, biaya pake jasa tour & travel buat 1x perjalanan ke antelope canyon-grand canyon-horshoe bend itu sekitar 500 USD, belum sama makan, tiket pesawat, dll. Sedangkan di kasus aku, total biaya yang aku keluarkan selama 5 hari mulai dari Las Vegas-Utah-Arizona beserta tiket pesawat, makan, hotel, sewa mobil dengan jumlah tempat wisata yang kita kunjungi lebih banyak, hanya menghabiskan sekitar 600 USD (Tidak sampe 700 USD). Murah banget kan? Alhamdulillah :"""

AirBnB yang kita inepin di Page, sempet bikin BBQ-an bareng bikin steak dengan daging sapi halal beli di Safeway Page

AirBnB yang kita sewa itu berupa rumah 3 kamar (1 kamarnya adalah master bedroom yang guede), lengkap dengan 2 kamar mandi, dapur, washer & drier, parkiran mobil, living room, perkakas buat BBQ, ya intinya full-furnished lah. Aku sewa 2 malam dan biayanya sekitar 541 USD sudah termasuk pajak & cleaning fee. Biaya itu aku sharing dengan temanku yang lain (kita berenam), sehingga kita bayar kurang lebih 45 USD/hari. Rumahnya si bagus ya, recommended buat yang mau atau berencana ke Page.

Antelope Canyon

Untuk Antelope Canyon ada 2 pilihan sebenarnya yaitu upper sama lower antelope canyon, setelah berbagai pertimbangan dan baca review sana-sini, akhirnya diputuskan memilih lower antelope canyon dengan alasan (kata orang) tempatnya lebih sepi dan sebenernya lebih indah dibanding upper canyon (hidden gem gitu ceritanya). Untuk pergi kesini kita harus mesen tour atau guide, kenapa? Karena daerah si canyon ini berada di bawah autoritas dari Navajo Nation (daerah yang dikuasai oleh suku Indian Navajo), dan aturannya kita harus pake tour dari mereka. Akhirnya terpilihlan Ken's Tour, biayanya sekitar 40 USD/orang.

Sebelum mulai trip, kumpul dulu di tempat tour-nya

Setiap grup rombongan akan mendpaat 1 tour guide yang memang orang asli suku Indian. Tour guide yang aku dapat saat itu sangat ramah, informatif, dan sabar sih (-sabar nungguin kita foto-foto lama di dalam canyon-nya lol). Untuk menuju ke lower antelope canyon ini, harus melalui tangga menuju ke bawah yang lumayan curam, jadi nggak bisa tuh kalau ada yang mau bawa stroller, meskipun begitu anak kecil masih diperbolehkan. Kebetulan di rombongan aku ada yang bawa anak kecil umur <2 tahuh, selama tour dia digendong Bapaknya, dan itu boleh-boleh aja.

Saat masuk dan keluar dari Antelope Canyon

Dari semua objek wisata yang aku kunjungi di Arizona, Antelope Canyon ini yang paling The Best sih. Masha Allah indahnya nggak kira-kira. Sebenarnya dari aku masuk state Arizona tuh udah mulai terkagum-kagum dengan pemandangan di sepanjang jalan, dimana kita disuguhi pemandangan berupa formasi batu-batuan yang secara alami terukir indah dengan bantuan air dan angin, tapi saat aku masuk ke Antelope Canyon ini, bener-bener lebih indah deh.

Dari angin dan air membentuk uliran-uliran di permukaan batuan

Terlalu indah

Saat aku masih kecil, sering banget lihat pemandangan Antelope Canyon di wallpaper windows. Saat itu aku mikir bahwa foto-foto tersebut tuh diedit karena nggak percaya ada tempat sebagus itu. Taunya setelah beneran berkunjung, tempatnya bener-bener indah, lebih indah dilihat mata malah dibanding di hasil tangkapan kamera. Bahkan kalau kita memfoto pakai kamera yang kualitasnya biasa-biasa aja dan skill fotografi yang secukupnya, hasil fotonya tuh tetap bagus aja gitu, soalnya objeknya tuh emang uda naturally beautifull, mashaAllah. Cuman dari fenomena erosi dari air dan angin aja, bisa ngebuat formasi batuan secantik ituuuuu :"" MashaAllah

Cantiik Cantiik Cantiik MashaAllah

Waktu aku kesini pas musim panas (akhir bulan Juni), itu panasnya bener bener menyengat deh sekitar 40 C. Meskipun begitu, suhu di dalam canyon-nya justru dingin, mungkin efek posisinya yang di bawah tertutup dari matahari kali ya. Oh ya, untuk semua foto yang diambil, aku nggak pakai kamera canggih, semua foto diambil dari kamera HP, disini kita pakai samsung S21 FE dan samsung S23 ultra, dan hasil fotonya udah baguus, karena memang objek fotonya udah bagus dari sononya.

Horseshoe Bend

Selanjutnya kita menuju tempat iconic lain yang sudah menjadi icon-nya Amerika dan Arizona khususnya. Oh ya Antelope dan Horshoe ini berada dalam 1 kota ya, dan jarak di antara keduanya ini tidak sampai 5km, jadi deket. Sebagaimana aku bilang sebelumnya, trip kali ini dilakukan di musim panas lebih tepatnya di akhir bulan Juni 2023. Sayangnya, musim panas ini pilihan yang kurang tepat untuk berkunjung ke daerah macam Arizona, karena apa? panas bangeet Buunn :"" Mataharinya ini benar-benar terik dan menyengat, mata tuh nggak sanggup menatap ke atas saking silaunya matahari. Gosong? Justru heran, kalau nggak gosong.

Guedee bangeeett

Oh ya jarak antara parkiran mobil dengan objek Horse-shoe-nya lumayan jauh sekitar 500-800m, jadi kita harus jalan kaki menuju Horse Shoe Bend-nya. Namun, karena saat itu panas terik, maka jaraknya bukan lagi "lumayan jauh" ya, tapi terasa "jauh banget" 😂. Meskipun begitu, setelah sampai di Horse Shoe Bend-nya ya terbayar juga sih karena pemandangannya yang bagus. Sebelum tahu bagaimana bentuknya secara langsung, kupikir ukurannya ya kecil lah ya, taunya aslinya gede bangeeeet, mashaAllah. Sebenarnya Horse Shoe Bend ini tuh sungai yang alirannya muterin sebuah batu besar di tengah-tengah, nah formasi ini membentuk pola seperti tapal kuda, makanya namanya "Horse Shoe Bend".

Glen Canyon Dam Visitor Center

Setelah berpanas-panasan di Horse Shoe Bend, kita memutuskan untuk "ngadem" di dalam suatu gedung visitor center. Intinya gedung ini adalah gedung yang menyediakan informasi untuk turis yang berkunjung di kota Page dan Glen Canyon. Lokasinya ada di bagian masuk kota Page, tepatnya di Bendungan Glen Canyon Dam.

Glen Canyon Visitor Center (Gambarnya blur, mungkin abis makan nggak sengaja megang kamera)

View dari dalam Glen Canyon Dam Visitor Center. Atas: Jembatan penghubung antara kota Page dengan negara bagian Utah. Bawah: Bendungan Glen Canyon Dam

Di visitor center ini kita istirahat, ngadem, dan juga menunaikan sholat sebelum lanjut ke tempat selanjutnya. Oh ya, disini aku dan rombongan menunaikan sholat secara berjamaah di dalam gedungnya, dan alhamdulillah dibolehkan. Dari gedung ini, kita bisa lihat view bendungan Glen Canyon yang gede bangeet, juga di gedung ini tersedia semacam museum kecil dan bioskop yang memuat informasi tentang Page, Glen Canyon, dan Arizona. Juga tersedia dorama-dorama dan game-game simulasi yang menjelaksan bagaimana cara kerja pembangkit listrik tenaga air di bendungan tersebut. Oh ya sebenarnya ada tur khusus kalau misal kita mau melihat ke dalam bendungan dan ke pembangkit listrik tenaga air, tapi saat itu kami tidak melakukannya. Untuk melakukan tour, harus booking dulu dan membayar.

Lake Powell

Lake Powell ini merupakan suatu reservoir air buatan yang membentang di sungai Colorado dan letaknya ada di dua states: Utah dan Arizona. Ukuran Lake Powell ini bener-bener gede banget deeh, berasa sepanjang mata memandang, nggak habis-habis danaunya saking gedenya. Di danau ini, ada buanyak sekali objek wisata, entah sekedar vista point (titik melihat pemandangan), pantai, juga aktivitas seperti kayaking atau berwisata keliling danau. Berhubung waktu aku dulu terbatas, kita cuman punya waktu dari jam 18:00 pm sampai maghrib (saat itu musim panas, jadi maghrib-nya sekitar jam 21:30 pm), maka di waktu yang sempit itulah kita manfaatkan untuk mengunjungi beberapa spot vista point di sepanjang Lake Powell. Oh ya, untuk mengunjungi vista point, semuanya free, dan kebetulan vista point ini sudah dirancang sedemikian rupa dengan pemerintah setempat letaknya ada di sepanjang jalan utama, sehingga mudah untuk diakses.

MashaAllah kayak lukisaaaan

Pemandangannya bener-bener indah, amazing. Terlihat kontras antara birunya air dengan warna jingga dari batuan-batuan yang ada di sekitar atau di dalam danau. Oh ya definisi "batuan" disini bukan sekedar batuan kerikil kecil yaa, tapi batuan yang guedee guedee macam gedung bertingkat, makanya kombinasi antara danau dengan batuan-batuan segede gedung itu memberikan view yang spektakuler, mashaAllah. Yang aku amazed lagi saat itu adalah warna biru-nya air, biru-nya beda gitu lho, kayak warna biru crayon 💧💧.

View danau, deretan yacht, dan batuan segede gedung

Lone Rock Beach

Sebenarnya untuk Lone Rock Beach ini adalah bagian dari Lake Powell, tapi karena tempat ini khusus ada gate-nya, kita bedain aja ya dari Lake Powell. Lokasinya ada di bagian paling utara Lake Powell. Sebagaimana aku bilang sebelumnya bahwa si Lake Powell ini berada di baik Utah dan Arizona, kalau di foto-foto Lake Powell sebelumnya itu adalah Lake Powell versi yang di Arizona, maka si Lone Rock Beach ini ada di Lake Powell bagian Utah. Nah bayangin aja tuh gimana kita berganti-ganti zona waktu dalam satu hari padahal lokasinya dekat. Dari Navajo Nation, Arizona, dan Utah masing-masing punya zona waktu sendiri, jadilah jangan bingung kalau beda cuman 1 km tiba-tiba waktu jadi mundur 1 jam. Yang kocak sih waktu kita mau parkir di suatu bangunan gitu, pas masih di jalan katakanlah jam 12, tau-tau pas masuk gate parkiran, jam berganti jam 1 siang 😆

Gerbang Masuk Lone Rock Beach

Untuk masuk ke Lone Rock Beach ini harus membayar 20 USD/mobil, tapi gratis kalau punya US national park pass. Ya kalau kalian tinggal di US dan suka menjelajah alam, recommended banget sih punya US national park pass, jadinya kemana-mana di US nggak ribet dan nggak perlu bayar, cukup membayar 1x beli kartus pass-nya. Untuk parkiran bisa di depan deket gerbang atau bisa juga parkir di pantainya, namun untuk parkir sampai ke pantainya disarankan mobil 4x4 atau minimal RWD. Berhubung mobil yang kita kendarai adalah FWD, maka kami putuskan untuk parkir di depan dekat gate, daripada mengambil resiko mobil nggak bisa jalan akibat ban mobil stuck di pasir. Daaan ternyata, jarak dari parkiran menuju pantainya itu ~1.5 km hahaha Lumayan jauh ya jalannya. Untungnya waktu itu sudah menjelang maghrib sekitar jam 7:30 pm, jadi suhu sudah mulai mendingin.

Jalannya jauuuuh dari parkiran mobil ke pantai

Kenapa dinamakan Lone Rock Beach? Karena di dekat pantai tersebut ada batu besar berdiri sendirian a.k.a jomblo, makanya namanya "Lone Rock". Pemandangannya baguuuuuss bangeet, menyenangkan mata. Pantai pasir putihnya juga luas, kita bisa juga berenang di pantainya. Tidak sedikit orang yang berkemah di sekitar pantai ini entah pakai tenda atau pakai camper-van.

Suasana Lone Rock Beach di jam 21:00

Grand Canyon

Di hari selanjutnya, pergilah kita ke Grand Canyon. Perlu dicatat ya, area Grand Canyon ini bener-bener luas, membentang sepanjang 447 km di state Arizona. Panjangnya ini macem dari Jakarta sampai Ungaran, guedee bangeeet 😱 Jadi sebenernya buat mengeksplore Grand Canyon ini nggak cukup hanya sehari, tapi yaudalaya karena saat itu kita hanya punya waktu beberapa jam, tentu sayang melewatkan salah satu keajaiban alam ini. Grand Canyon pada dasarnya adalah suatu lembah yang di dalamnya mengalir sungai Colorado, dimana akibat aliran air inilah yang kemudian membentuk ukiran-ukiran yang indah pada formasi batuan.

'Tugu Selamat Datang' area Grand Canyon

Waktu kita kesini itu pas musim panas, inget banget saat itu suhu mencapai 45 C dengan kadar kelembaban udara yang rendah, bisa bayangin tuh, semenyengat apa. Karena kondisi yang panas dan kering, bahkan beberapa temen aku ada yang kulitnya jadi gosong, mengelupas, dan berdarah saking keringnya. Untungnya saat itu aku pakai moisturizer dari Clinique (loh kok malah promosi (?) jadinya kulit alhamdulillah aman-aman aja. Karena panasnya udara, dari pihak Grand Canyon melarang kita untuk hiking di dalam Grand Canyon karena ada resiko terkena heat stroke yang bisa menyebabkan kematian, oke siap, kami dengar kami taat. Di dekat gedung visitor center, dipasang kasus-kasus hikers yang meninggal entah karena kecelakaan jatuh di Grand Canyon atau mati terkena heat stroke, bahkan foto mayatnya aja ditampilkan :" Tujuannya sih sebagai peringatan buat pengunjung, apalagi ni orang-orang di US suka pada pede gitu hiking sendirian, jadi kalau ada masalah pas hiking nggak ada yang ngeh, tahu-tahu nemu mayatnya aja
Grand Canyon dari beberapa vista points

Di Grand Canyon ini kita mengunjungi beberpaa vista points yaitu Mather Point, Grand View Point, dan Duck on a Rock. Kita juga mengunjungi Desert View Watch Tower. Di tengah panasnya suhu Grand Canyon saat itu, tentunya sangat worth it untuk berkunjung ke Desert View Watch Tower karena ruangannya yang ber AC 😅. Tower ini berupa bangunan 4 lantai di mana di bagian lantai dasarnya terdapat toko-toko yang menjual souvenir Grand Canyon semacam magnet kulkas, notebook, sticker, mug, dll. Tower ini terletak di tepi Grand Canyon bagian South Rim, jadi kita bisa melihat Grand Canyon dari dalam. Disediakan pula beberapa teropong untuk penglihatan jarak jauh. Di tower ini juga disediakan semacam tour berbayar menuju ke bagian atas tower (lantai 2-4).

Desert View Watch Tower

Cuap Cuap Terakhir

Oke itu dia pengalaman selama road trip 2 hari di Arizona, semoga saja bermanfaat untuk siapapun yang berencana melakukan trip ke Arizona.