Senin, 24 Desember 2018

Review Laneige Clear C Peeling Serum

Assalamu'alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh



Hollaaaa ✋✋✋

Jumpa lagi di post tentang review skincare. Nah kali ini gw mau mereview salah satu produk skincare terbaik yang pernah gw pakai yaitu: Laneige Clear C Peeling Serum.

Laneige Clear C Peeling Serum Review
Laneige Clear C Peeling Serum
Gw uda pakai produk ini sekitar 5 bulan, dan bener-bener hasilnya dabest dah 👍👍 Sebenarnya gw udah nggak sabar semenjak awal pemakaian untuk segera mereview produk ini saking bagusnya hasil di kulit gw sehingga gw merasa orang-orang harus tau tentang si Laneige serum ini. Untung gw masih bisa sabar menahan diri buat nggak buru-buru mereview, dan memutuskan untuk menunggu minimal 5 bulan pemakaian biar reviewnya benar-benar kredibel berdasarkan pemakaian yang lama #haiyahh 😜. Tanpa kebanyakan cincong, yuk mari lihat reviewnya 👇

Harga

Nah berhubung lini skincare Laneige termasuk lini skincare dengan harga yang tidak "murce" ya cyiin, jadi kita sebut dulu lah berapa harganya hahaha. Harga si Laneige Clear C Peeling Serum ini untuk ukuran 80 ml berada di kisaran

Rp 280.000,00 - Rp 350.000,00

rentang harga ini tergantung kalian beli dimana. Untuk di official shop Laneige di Indonesia sepertinya belum masuk ya, karena pas gw cek di websitenya untuk seri Clear C baru masuk produk boosternya saja yaitu si Advance Effector X, si serum Laneige Clear C belum masuk. Oleh karena itu, untuk mendapatkan produk ini, kalian bisa nitip ke teman yang sedang pergi ke Korea atau bisa juga beli di olshop-olshop yang terpercaya. 

Harga serum laneige ini memang sekilas terlihat mahal ya, namun apabila kita mempertimbangkan efek yang diberikan serta rentang waktu pemakaian hingga produknya habis; maka harga segini worthed banget lah sis! Selama 5 bulan pemakaian (hanya di malam hari sebelum tidur) gw baru menghabiskan sekitar 1/3 dari total volumenya. Padahal selama memakai, gw mah nggak pelit-pelit amat kok, sekali pakai gw ambil 3-4 pump untuk diratakan ke seluruh wajah. Katakanlah untuk menghabiskan satu botol Laneige ini memakan waktu 1 tahun, maka rentang harga Laneige tersebut bisa dibilang terjangkau. Jadi, hemat banget kan??

Packaging

Untuk masalah packaging, jangan ditanya lagi, Laneige memang ahlinya membuat packaging yang simple, cantik, dan elegan. Untuk seri Clear-C, laneige memilih warna pink-ke-unguan sebagai branding produknya. Mungkin pemilihan warna ini didasari oleh bahan utama seri clear C yaitu berry extract, kan warna pink ke-ungu-an cocok lah sama warna berry #cocokologi 😂.
Seri Laneige Clear C yang berwarna Pink ke-Ungu-an
Untuk bagian box luarnya, terlihat perpaduan putih, pink, dan biru yang simple namun cantik. Di bagian sisi kemasan ada hologram dengan pola diamond khas Laneige. Di kemasan box luar ini bisa ditemukan keterangan mengenai produknya.

Laneige Clear C Peeling Serum Review
Kemasan Box Laneige
Ini adalah bagaimana penampakan botol dari Laneige. Bahan dari botol ini bukan dari kaca ya meskipun sekilas terlihat seperti kaca, melainkan terbuat dari plastik yang premium. Beratnya botol menunjukkan Laneige tidak asal pakai plastik murahan untuk kemasan produknya.
Laneige Clear C Peeling Serum Review
Packaging Botol Laneige Clear C Peeling Serum
Laneige Clear C Peeling Serum Review
Dilengkapi dengan pump
Untuk mengeluarkan produk disediakan pump sebagaimana gambar di bawah. Keberadaan pump ini membantu untuk mengeluarkan produk, membuat kita bisa mengira-ngira seberapa banyak produk yang ingin kita keluarkan, serta menjaga kehigienisan saat pemakaian.

Klaim Kandungan & Cara Kerja Produk

Setelah kepo-kepo website Laneige, gw mendapat info inilah bahan aktif yang terkandung di dalam Laneige:
          1. Plant-derived malic acid AHA.
          AHA alami yang diturunkan dari tanaman tebu, jeruk, lemon, beri-beri-an, dan sugar maple.
          2. Plant-Derived Enzyme atau Enzim yang diturunkan dari tanaman
          3. Plant-Derived Lactobacillus Ferment

Ketiga bahan aktif tersebut rata-rata memiliki fungsi sebagai peeling alias "mengikis" segala macam kotoran, debu, sel kulit mati, dan dosa-dosa di wajah 😆. Jadi menurut gw sah sah aja kalau si Laneige memberi nama produk ini "Peeling" Serum karena memang kandungan bahan aktifnya berfungsi sebagai peeling.

Kemudian bagaimana cara kerja produk ini? sebagaimana gw sebutkan sebelumnya bahwa fungsi utama produk ini adalah peeling, dimana bahan-bahan yang digunakan seperti AHA dan enzim berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sehingga membantu tekstur kulit menjadi lebih halus dan lembut. Berikut adalah ilustrasi unyu-unyu yang dibuat Laneige untuk menjelaskan cara kerja bahan aktifnya.

Malic Acid dan AHA yang Sedang Bahu Membahu Mengangkat Sel Kulit Mati
Enzim yang Saling Bekerja Sama untuk Melibas Semua Sel Kulit Mati
Nah dengan mengetahui klaim kandungan & cara kerja dari produk Laneige Clear C Peeling Serum ini, kita jadi bisa menentukan ekspektasi seperti apa yang kita harapkan setelah pemakaian produk ini yaitu tentunya kulit yang terbebas dari sel kulit mati serta perbaikan tekstur kulit menjadi lebih mulus. Hmmm... apakah ekspektasi ini terpenuhi? Kuy, langsung baca review pemakaiannya 👇👇👇

Review Pemakaian

Ini dia pembahasan yang utama. Pertama gw mulai dari tekstur dan bau produknya dulu ya. Jadi produk serum ini berupa cairan kental berwarna bening keputih-putihan. Saat diusapkan ke wajah akan tercium bau wangi yang menenangkan. Agar bisa meresap ke dalam kulit secara sempurna, membutuhkan waktu sekitar 30 detik-1 menit (menurut pengalaman gw). Karena laneige ini cepat meresap ke dalam kulit, maka saat penggunaan pun kita tidak merasakan ada sesuatu yang lengket di wajah.

Laneige Clear C Peeling Serum Review
Tekstur serum dari Laneige Clear C
Lalu bagaimana dengan efeknya? Dengan penggunaan rutin setiap malam selama 5 bulan, gw menemukan bahwa si Laneige ini did amazing job with my skin texture! Klaimnya terbukti Gaes 😝!!! Yes, sebelumnya gw punya kulit yang gradakan alias bertekstur di dekat area hidung dan dahi. Gw g tau itu apa, entah jerawat atau komedo, pokoknya sesuatu yang timbul-timbul tapi sewarna dengan kulit gitulah. Nah semenjak gw makai si Laneige Clear C Peeling Serum, perlahan tapi pasti gradakan-gradakan yang ada di hidung gw mulai menghilang. Nah disitulah klaim "peeling" di namanya ini nih nggak cuman sekedar nama namun benar-benar bekerja sebagai peeling alhasil kulit gw pun jadi mulus #cielah. 

Dulu setiap gw cuci muka gw selalu bisa merasakan ada benjolan-benjolan kecil dekat hidung, nah sekarang setelah berbulan-bulan pakai Laneige gw bisa merasakaan area sekitar hidung gw jadi lebih mulus. Mantul banget nggak tuh? 😆 Kulit yang bertekstur mulus ini sangat membantu gw dalam apengaplikasian make up, jadi misal kalau mau kondangan atau acara tertentu yang butuh full make up; maka dengan kulit yang lebih mulus memudahkan dalam pengaplikasian foundation dan hasilnya pun flawless karena tidak ada gangguan dari tekstur-tekstur kulit yang tidak merata. Nah lho, cucok banget kan?

Oh ya apabila kalian memakai serum ini di malam hari, maka bisa dipastikan keesokan paginya kulit kalian akan glowing-glowing gimana gitu. Yang dulu kalau bangun pagi, kulit wajah terlihat kusam, tapi sekarang kulit jadi terlihat glowing 😱.

Apakah ada efek mencerahkannya? Jujur gw beli Laneige Clear C Peeling serum ini gara-gara kena racun youtuber Suhay Salim waktu dia bikin video list skincare yang berfungsi untuk mengatasi kulit kusam alias brightening. Setelah gw makai ini, gw nggak tau apakah si Laneige ini ada efek mencerahkannya apa enggak karena gw merasa efek wajah gw jadi cerah karena pakai skincare lain yaitu masker Kose (baca reviewnya disini) & toner hadalabo yang memang keduanya memiliki bahan utama pencerah wajah, dengan kata lain wajah gw udah cerah duluan karena Kose & Hadalabo sebelum memakai si Laneige Clear C Peeling Serum ini. Jadi gw nggak bisa menilai apakah serum ini memiliki fungsi brightening apa tidak. Meskipun begitu, di review mengenai Laneige Clear C Peeling Serum di tempat lain sering disebutkan efek mencerahkannya terutama pada bekas jerawat. Mungkin efek brightening yang didapatkan dari produk Laneige dikarenakan karena produk ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit yang awalnya kusam karena dipenuhi oleh sel kulit mati atau bekas jerawat, maka karena diangkat sel kulit matinya, jadilah wajah terlihat lebih cerah. Yeayyy!

Efek lain yang didapat setelah menggunakan skincare ini adalah kulit yang lembab. Kadang-kadang gw juga suka iseng makai produk ini sebagai pelembab di pagi hari sebelum memakai make up, jadi make up nya bisa lebih nempel ke kulit. Oh ya, gw pernah nemu video review dari salah satu beauty guru di youtube, beliau bilang kalau sebenarnya si Laneige ini skincare yang lebih ditujukan untuk memantain kondisi kulit yang memang tidak terlalu bermasalah untuk kemudian dijadikan skincare sehari-hari karena formulanya yang mild/lembut. Untuk kulit yang punya kondisi lebih parah misal jerawatan semuka, kulit super kusam; mungkin harus mencoba produk lain dengan kandungan zat aktif yang lebih kuat/banyak.

Repurchase?

Definitely, YES! Semenjak pakai si laneige clear C peeling serum ini gw jadi tergoda untuk mencoba lini skincare Laneige yang lainnya hahaha 😆


Baca Juga Review: Laneige Clear C Advance Effector EX

64 komentar:

  1. Setuju saya baru coba sebulan pakai pagi n malam hasilnya jg amaze bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaaa kaaaan hahaha
      Sebelumnya saya tipe orang yang skeptis sama klaim skincare, karena menurut pengalaman efeknya kurang sesuai klaim XD. Tapi setelah kenal serum laneige ini, beuhh jadi tergiur deh haha

      Hapus
  2. Ka sebelum Pake laneige in Ada oake semacem toner atau yg lainnya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pakai Sis
      kalau dari Laneigenya sih nyaraninnya pakai Laneige Advance Booster, biar efeknya lebih mantul; tapi sayang harganya mahal haha
      Kamu bebas kok mau pakai toner apa aja merknya, sesuaikan dengan kecocokan dan kebutuhan kulit kamu. Prinsipnya sih pakai 2 jenis toner: Exfoliatiing toner & Hydrating toner.
      Semoga jawabannya membantu ya :D
      Terima kasih sudah mampir kesini

      Hapus
  3. Mau tanya kak, kebetulan wajah saya tdk cocok dgn yang mengandung vit C sebelumnya pernah pake produk lokal ga***er wajah saya bengkak dan merah (kayak kepiting rebus ��), pengen coba laneige Clear C peeling serum apakah cocok kak ? Soalnya pernah baca review gak cocok sama kulit yg gak cocok dengan skin care yg mengandung vit C

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah klo sudah terbukti tidak cocok dengan vitamin C, mungkin lebih baik berhati-hati yaa; soalnya Laneige Clear C ini kandungan utamanya ya si vitamin C.
      Nah sebenarnya kamu belum bisa dipastikan juga tidak cocok dengan vitamin C dengan penggunaan si ga***er, wajah merah-merah kamu sehabis pemakaian itu bisa karena beberapa kemungkinan:
      1. Kamu memang g cocok dengan vitamin C
      2. Bisa aja kmu memang tidak cocok dengan si ga***ernya secara keseluruhan
      3. Atau mungkin pas kamu pakai ga***ier dengan kandunagn vitamin C tersebut kamu malah sehabis itu tidak memakai sunscreen, jadilah wajahnya merah-merah. Jadi memang wajah akan menimbulkan reaksi seperti kulit terbakar apabila setelah menggunakan produk vitamin C kamu langsung terpapar matahari tanpa perlindungan sunscreen. Bukannya tambah cerah, malah gosong deh. hehehe

      Menurut ak solusinya km bisa nyoba punya temen dulu (klo ada) atau beli yang share in, jd buat ngetes dulu cocok apa nggak di kulit. Bisa juga mampir ke konter Laneige buat coba-coba hehehe. Klo cocok beli, klo nggak cocok ya udah masih banyak opsi serum lain yang mantul efeknya.

      Hapus
    2. Bantu jawab mba, saya juga ga cocok pake skincare dg kandungan vit C tp setelah nntn beauty vlogger suhay salim dia bilang dia juga ga cocok dg skincare yg berbahan dasar vit C tp dia cocok dan bisa banget pake booster yg superbery ini.. saya pun begitu.. tidak timbul bruntusan dll.. sekerdar sharing pengalaman 😊

      Hapus
    3. Wahhh makasih sis sharingnya ^^^

      Hapus
  4. Cocok gak sih kak buat kulit berminyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok!!!
      Justru memang si laneige pore control ini dikhususkan untuk kulit berminyak
      Dia kesannya terlihat dewy ya, tapi padahal pas kita pegang kulit enggak.
      Dia juga nggak gampang leleh

      Hapus
    2. Cocok kok!
      Kebetulan kulit aku berminyak ya.
      Setelah pakai ini, kadar minyak kulitku lebih terkontrol karena wajahnya terhidrasi sama serumnya

      Semoga jawabannya membantu ya :)

      Hapus
  5. Aku dah pake ni produk baru 2 minggu,ga begitu wow sih efeknya,tapi melihat kulitku yg super sensitif,ga timbul efek buruk,aku baru yakin klo nih produk pasti bagus.dan benar,pas bangun kulit rasanya kenyaaal banget.boleh ga kak,klo aku pake laneige advance affectornya?

    BalasHapus
  6. Maaf baru bales ya,,,

    Syukur deh klo misal kulitnya sista yang sensitif bisa cocok dan tidak timbul tanda-tanda breakout. Memang sih, efeknya si Peeling Serum nggak langsung kelihatan kok sis. Dia pelan tapi pasti. Semoga aja si Laneige ini bisa mempan ya di kulitnya sista.

    Bolehkah pakai Laneige Advance Effector? Boleh banget. Bahkan sebenarnya pihak Laneige menganjurkan untuk menggunakan produk ini secara bersamaan. Lho, kenapa? Karena fungsi si Advance Effei ini adalah sebagai booster alias bisa membuat produk yang bekerja setelahnya bisa lebih nampol efeknya. Nah klo sesuai klaim dari Laneige tersebut, harusnya dengan pemakaian si Advance Effector bisa membuat kerja Peeling Serumnya lebih nampol.
    Aku sendiri pingin beli si Advance Effectornya, nanti ya tunggu reviewnya haha

    Semoga infonya membantu ya, Sis!
    Makasih udah mampir 😁

    BalasHapus
  7. Hadalabonya yang mana kak kalo boleh tau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo maaf baru balas yaaa hehehe *maklum, lebaran 😂

      Aku pakai Hadalabo Shirojyun Lotion (yang warna biru). Si hadalabo itu mengandung arbutin yang memang merupakan bahan untuk pencerah wajah.

      Nanti bakal aku review si hadalabo, segera diupdate linknya di post ini klo udah kupost.

      Semoga informasinya membantu ya :D makasih udah mampit kesini

      Hapus
  8. Kak mau tanya, baru seminggu pake peeling serum ini tapi ko langsung timbul jerawat padahal engga lagi haid. Kalo kaya gitu emang ga cocok atau ada proses detoks nya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf ya baru balas. Untuk penyebab jerawat aku nggak bisa memastikan langsung ya sis, karena ada beberapa faktor yang dapat mendorong munculnya jerawat, antara lain hormonal (bisa karena sedang haid, sedang stress/banyak pikiran), kebiasaan yang kurang benar (memegang wajah dengan tangan kotor, jarang cuci muka, sprai yang tidak pernah diganti), atau memang ada reaksi ketidakcocokan dengan produk yang sedang kamu pakai saat ini yaitu Si Laneig Clear C Peeling Serum.

      Kalau kamu memang mencurigai si Laneige ini, coba kamu berhenti memakai selama 2-3 hari, amati, apakah kondisi kulit menjadi lebih baik? Klo iya, berarti jangan-jangan memang si serum ini penyebabnya.
      Klo aku sendiri pas pertama kali memakai ini, alhamdulillah nggak ada breakout sama sekali, lancar-lancar aja.

      Semoga segera ketemu ya penyebab jerawatnya :D
      Makasih udah mampir kesini

      Hapus
  9. Mbak mau tanya bisa ngak ya bumil atau ibu menyusui pake ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo maaf ya sis baru sempat balas

      Untuk ibu hamil memang perlu berhati-hati dalam penggunaan skincare, karena jumlah pembuluh darah di muka lumayan banyak, dan saat wajah kita terpapar skincare dan masuk ke pembuluh maka ditakutkan dapat mennganggu janin.
      Untuk bahan yang setahu saya tidak diperbolehkan untuk ibu hamil antara lain BHA/asam salisilat, retinolic acid, b&peroxide.
      Nah berhubung si Laneige Clear C peeling serum ini mengandung antioxidant dan AHA, dimana kedua bahan tersebut aman untuk ibu hamil, maka harusnya bisa aman dipakai ibu hamil.

      Tapi untuk lebih jelasnya bisa dikonsultasikan ke dokter ya :D
      Semoga jawabannya membantu ya. Makasih udah mampir ^^

      Hapus
  10. haloo mau tanyaa.. kalau untuk jenis wajah kombinasi masih cocok gak ya?? kan aku baru aja mendingan dari jerawat2 hormonal yg kyk jerawat batu...

    klo kulit kombinasi baiknya coba series yg waterbank apa clear C ini ya mb ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo sis septiadewi
      Mohon maaf ya baru bales

      Kalau pertanyaannya apakah cocok untuk wajah kombinasi? Kebetulan wajahku kombinasi, berminyak di bagian T, di bagian lainnya kering. Alhamdulillah cocok.
      Namun perlu diingat juga ya sis, klo kecocokan ini bisa bervariasi di tiap-tiap orang meskipun kondisi kulitnya sama.

      Kalau seri Clear C ini peruntukan penggunaannya lebih ke orang-orang yang ingin memperbaiki tekstur muka dan untuk memantainnnya.
      Sedangkan kalau yang waterbank (kalau tidak salah) peruntukannya untuk menghidrasi kulit, jadi cocok untuk yang kulitnya kering.
      Nah itu bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhannya sista

      Semoga informasinya membantu ya
      Makasih uda mampir :D

      Hapus
  11. Ka mau tanya dong. Abis pakai si serum ini, kaka pake sesuatu lg engga buat moisturizernya? Kalau iya, pake apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Tia
      Mohon maaf banget ya baru sempat membalas

      Kalau untuk moisturizer aku ada banyak pilihan sih. Buat yang liquid-bases product aku pakainya Hatomugi skin conditioner. Untuk yang cream/gel-based aku makainya moisturizer dari wardah yg perfect bright & aloe vera hydra mild.
      Jadi banyak pilihan sis, sesuaikan aja ama kococokan kamu sis.

      Semoga membantu ya

      Hapus
  12. Assalamualaikum .. maaf tanya kak .. abis pakai pelling serum ini musti pakai cream pagi atau langsung pakai suncreen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Warrahmatullah Wabarakatuh

      Mohon maaf yaaaa baru sempat buka notif blog


      Untuk wajin tidaknya memakai cream setelah pemakaian peeling serum itu terserah kamu kok. Klo kamu memang punya tahapan cream ya pakai aja cream setelah serum.

      Tapi klo ak sendiri nggak pakai cream, jadi si serum ini adalah tahapan terakhir dalam rangkaian skincare aku.

      Semoga jawabannya membantu ya

      Makasih udah mampir :D

      Hapus
  13. Balasan
    1. Waalaikumsalam Warrahmatullah Wabarakatuh 😁 😁

      Hapus
  14. hallo sis..nnya donk ..clear c ini dipakainya urutannya setelah apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo sis mohon maaf ya baru balas hehe


      Clear C ini ak posisikan sebagi serum sis
      Jadi klo misal pakai skincare lengkap, urutanbya kayak gini: facial wash - toner (hydrating & exfoliating) - Essence - Serum - Cream (Night or day cream)

      Jadi dia di posisis serum sis

      Semoga jawabannya membantu ya :D
      Makasih udah mampir

      Hapus
    2. gak perlu pake sunscreen lagi ya kak?

      Hapus
  15. halo sis mau tanya, setelah pakai ini terus pakai hadalabo lotion yang biru boleh nggak ya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii maaf ya baru sempat balas :)

      Dalam hal pemakaian ini boleh kok dibarengi dengan produk lain, ya termasuk hadalabo lotion shirojyun (warna biru). Cuman urutannya sih pakai hadalabo dulu karena dia basicnya sebagai hydrating toner, baru setelah itu makai si lanaiege clear c peeling serum ini.

      Kebetulan ak juga sama sis kayak kamu, makai si hadalabo shirojyun lotion :D

      Semoga membantu ya
      Makasih udah mampir

      Hapus
  16. Hai sist kalau boleh tau habis pakai serum ini lalau pakai cream dokter boleh apa nggk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo sis

      wah masalah boleh atau tidak itu, aku nggak punya jawaban ya hehe. Mungkin bisa dikonsultasikan dengan dokternya aja, apakah krim dokter yang dipakai sama mbak boleh digabungkan dengan skincare lain atau nggak. Seperti itu sis.

      Atau klo nggak sista nyoba aja dulu biar tahu apakah akan terjadi reaksi apa enggak. Cuman klo kita misal mau nyoba 2 produk itu jangan sekaligus, satu-satu dulu. Misal kita pakai laneige clear C peeling serum selama 1 minggu dan diamati ada reaksi buruknya nggak. Klo misal nggak, minggu sleanjutnya bisa dikombinasikan dengan krim dokternya. Dilihat reaksinya apakah kulit jadi iritasi atau kulitnya baik-baik aja. Kenapa harus kayak gitu? Karena kita bisa tahu nantinya klo misal kulit breakout tau produk yang mana jadi biang keroknya. Apakah si serum, atau apakah akibat kombinasi penggunaan serum dengan krim dokter.


      Semoga jawabannya membantu ya.
      Makasih udah mampir kesini :D

      Hapus
  17. Maaf kak mau tanya kalau misalkan sebelum pakai laneige clear c serum tonernya pakai some by mi aha bha yang exfoliating boleh tidak ya ? Terus sehabis pakai laneige clear c serum boleh pakai nacific yang whittening essence ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo, maaf ya baru balas

      Oke untuk jawa pertanyaan ini maka kita perhatikan dulu komposisi masing-masing produknya.

      a. Untuk Laneige seri clear C kandungan utamanya vitamin C, sedangkan some by mi aha bha kandungan utamanya AHA dan BHA. Sebagaimana kita tahu bahwa baik vitamin C, AHA, dan BHA sama-sama berupa komposisi yang bersifat asam. Kalau misalkan kita gunakan kedua bahan ini bersamaan ada kemungkinan membuat kulit iritasi bagi yang kulitnya sensitif. Oleh karena itu klo misal mau dipakai bersamaan, maka saran aku dipakai gantian. Misal dipagi kita hanya pakai yang kandungan vitamin C saja (laneige), lalu malamnya pakai yang kandungan AHA BHA

      Semoga jawabannya membantu ya :)

      Hapus
    2. Oke, lanjut.
      b. Sekarang bagaimana dengan mencampurkan laneige clear C dan nacific whitening essence?
      Oke sekali lagi kita perhatikan apa kandungannya.
      Laneige seri clear C tentu kandungan utamanya adalah vitamin C. Sedangkan si nacific kandungan utamanya adalah niacinamide. Menurut referensi yang aku baca, tidak disarankan untuk menggabung niacinamide dan vitamin C dalam sekali pengaplikasian skincare. Hal ini dikarenakan niacinamide dapat mengurangi fungsionalitas vitamin C, jadi percuma juga nanti vitamin C-nya tidak bisa bekerja maksimal ke kulit, alias mubazir. Jadi saranku ya, kalau punya 2 produk itu dan ingin dipakai semuanya, maka makainya pun ganti-gantian. Misal hari ini niacinamide (nacific) lalu hari berikutnya si vitamin C (Laneige).

      Semoga jawabannya membantu ya :)
      Makasih udah mampir kesini

      Hapus
  18. Assalamualaikum ka, boleh ga pake laneige advan effector terus dilanjut pake serum avoskin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam Warrahmatullah Wabarakatuh

      Setelah pakai advance effector boleh-boleh aja kok dilanjut dengan skincare apapun itu. Yang penying perhatikan kandungannya. Si laneige inj kandungan utamanya vitamin C. Nah pastikan dulu kandungan utama dari serum yang akan kamu pakai setelahnya itu tidak berantem dengan "vitamin C". Contoh kandungan yang berantem itu misal niacinamide, kenapa? Dari yang aku baca Niacinamide menurunkan fungsionalitas vitamin C saat digunakan bersamaan, jadi percuma juga.

      Semoga jawabannya membantu ya :)

      Hapus
  19. Maaf sedikit oot kak, kalo pakek produk aha bha niac yg mengandung bahan aktif wajib bgt paki sunscren ya kak, soalnya udh cari sunscreen yg cocok belum nemu sampai saat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa betul banget, wajib pakai suncreen.
      Sebenarnya sunscreen ini memang WAJIB terlepas kamu pakai skincare dengan kandungan bahan aktif (niacinamide, AHA, BHA, arbutin, dkk) atau tidak.

      Jadi, sebenarnya basic skincare itu ada 3 ya: cleansing, moisturizing, dan suncreen. 3 skincare itu wajib pakai banget, kalau sejenis serum, peeling, dan kawan-kawan itu optional aja tergantung kebutuhan kulit.

      Hapus
  20. Assalamualaikum ka mau nanya,untuk pemakaian peeling serum laneige ini ada batasan usia dari berapa ga kak? Sekarang aku umur 16 tahun,gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam Warrahmatullah Wabarakatuh

      Wah kalau umurnya masih 16 tahun saranku sih nggak pakai dulu ya (serum, toner, etc), cukup pakai cleanser, moisturizer, dan sunscreen karena kondisi kulitnya masih bagus. Dan sebenernya skincare itu prinsipnya adalah bukan karena "banyak orang pakai jadi mau ikut pakai" tapi sesuai kebutuhan kulit kita. Misal muka gradakan, banyak komedo, oh berarti butuh sesuatu yang bersifat exfoliating. Kalau kulit remaja itu daya regenerasinya masih bagus, jadi menurut aku (pernah baca juga di beberapa artikel) cukup batasi pakai 3 basic skincare aja: cleanser, moisturizer, dan suncreen. Dah itu aja.

      Semoga jawabannya membantu ya.
      Makasih udah mampir kesini :)

      Hapus
  21. Hy kak, maaf mau nanya, klo pakai rangkaian laneige clear c mulai peeling serum, peeling mask, dan advanced effectornya trus ditambah pake laneige white dew original ampoule essence sm laneige white dew sherbet cream, bisa gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak masalah si kalau mau dicampur antara rangakaian Clear C dan White Dew Series

      Cuman mungkin saranku, bisa pelan-pelan satu per satu dicoba ke mukanya. Kenapa? Ini untuk berjaga-jaga kalau misal ada ketidakcocokan kulit dengan salah satu produk. Jadi kita tahu deh mana yang jadi penyebab breakout. Beda kalau langsung dipakai sekaligus, jadi tidak tahu.

      Semoga jawabannya membantu ya. Makasih udah mampir :)

      Hapus
  22. Maaf mau tanya kak,kalau toner nya pake tbs tea tree, terus serumnya pake laneige yang ini peeling serum , terus moistnya pake yuja. Itu ada yang gaboleh digabung ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Hilda, untuk bahan tea tree dan kandungan Laneige Clear-C sepertinya tidak terlalu masalah ya. Tapi kalau kandungan Laneige clear C dengan Yuja Niacinamide sepertinya patut "dipertimbangkan". Memang sih masih kontroversi apakah memang benar niacinamide tidak boleh digabung dengan vitamin C. Studi yang menjelaskan ketidakbolehan untuk menggabung keduanya itu udah dilakukan sekitar lebih dari 40 tahun yang lalu, sedangkan studi-studi terbaru membuktikan bahwa "it's okay to use both in the same time".

      Nah cuman kalau boleh saran, kamu makainya step by step aja, biar kalau tiba-tiba ada breakout karena tidak cocok, kamu bisa langsung tahu penyebabnya yang mana.

      Misal kamu udah terbiasa pakai tbs tea tree dan kulitmu oke-oke aja, lalu pingin nyoba si Laneige sama Yuja. Nah pertama coba dulu pakai kombinasi tea tree + Laneige, klo ada breakout atau reaksi lain ya berarti g cocok.
      trus klo misal uda pakai tea tree+laneige ternyata kulitnya oke-oke aja dan tambah bagus, bru deh nyoba ditambah yuja di regime skincarenya, klo break out ya berarti jangan tambahin yuja. Gitu
      Semoga menjawab ya :)

      Hapus
  23. Maaf mau tanya kak. Kalau pakai serum laneige ini terus tonernya pake tbs tea tree sama moistnya pake yuja,itu boleh digabung ga kak? Atau ada yang gaboleh digabung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawabannya persis seperti komen di atas ya

      Hapus
  24. Kk cuman pakai 3 itu doang atau ada tambahan toner lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas posisi makai ini, produk liquid yang aku pakai cuma toner dan serum.
      Serumnya jelas pakainya si Laneige Clear C Peeling Serum.
      Kalau tonernya, aku pernah makai hadalabo shirojyun, pernah juga makai Laneige Advance Effector.

      Udah itu thok. Emang minimalis, karena nggak suka layer terlalu banyak.

      Semoga jawabannya membantu ya.
      Makasih udah mampir kesini :)

      Hapus
  25. Hi Kak. Setelah pakai clear c peeling serum ini, apakah boleh dilanjutkan dengan radian c cream?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo, maaf ya baru bales
      wah kalau untuk itu aku jujur nggak tahu yaa.
      Tapi klo misal mau dianalisis dari bahan bakunya, seri clear C ini kan mengandung AHA ya (dari malic acid) sedangkan si radiant C cream kan dia kandungan utamanya vitamin C. Nah vitamin C ini kan ada efek eksfoliasi, sama seperti si AHA. Jadi kemungkinan malah bisa bikin tambah iritasi kalau dipakai bersamaan (Oke, ini tergantung jenis kulit juga sih pastinya)

      coba kamu baca disini: https://theklog.co/how-to-layer-acids-in-your-skin-care-routine/

      Hapus
  26. kalau boleh tau kk pakai exfo toner apa? info sunscreen yg di pakai kk juga dong hehe makasiii ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, kalau sekarang aku lagi pakai cosrx AHA/BHA buat exfoliating tonernya. Itupun ini baru pertama kali pkai exfoliating toner haha, soalnya sebelumnya cuman makai produk AHA/BHA yg dipakai beberapa hari sekali. Yang si cosrx pun nggak tiap hari kupakai.

      Klo sunscreen buat wajah aku pakainya antara biore UV watery essence atau cosrx aloe vera (yg warna ijo). Klo buat badan & ada aktivitas di luar yang ekstrim, aku pakai banana boat.

      Hapus
  27. Kak mau nanya, kalo setelah pakai leneige clear c peeling serum boleh pakai serumnya nutrishe intensive bright&glow serum ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo
      Wah aku tau ya, aku belum pernah makai dua2nya barengan 😅 Ak juga g tau si nutrishe itu kandungannya apa

      Klo ak sendiri sih tipe yg lebih suka set skincare simple. Jdi klo udah pakai serum dan itu cukup, ya udah cukup.

      Tapi klo mau nyoba keduanya barengan. Pastiin aja dulu kamu dah cocok salah satunya, misal dah cocok pakai si nutrishe. Nah nanti pas digabunng sama si laneige, diperhatiin aja ada reaksi "buruk" dari kulit nggak, semacam jerawat dll. Klo iya, mending stop. Klo enggak, ya silahkan aja dilanjut.

      Semoga jawabannya membantu ya :)

      Hapus
  28. Mau tanya sis kan aku problem bruntusan ini d muka aku. Skrang aku pkek skin care loreal revitalive. Bisa gk yaa klo d selingin pkek produknya laneige ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo maaf banget baru bales yaaa

      Sebenernya as long as tidak ada bahan yang "bermusuhan" nggak masalah kok kalau dicampur. Tapi sebelum pakai, dicoba dulu apakah kamu cocok atau enggak dengN produknya, dicoba di leher yang dejat wajah

      Hapus
  29. Kak mau tanya, setelah pakai serum itu terus pagi harinya wajib pake sunscreen gk? Kebetulan kulit aku gk cocok pake sunscreen :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakaiii dooongg
      Wajib

      Serum itu nggak wajib justru. Yang penting itu sunscreen.
      Masalah belum cocok, emang kudu nyoba-nyoba nyari yang cocok

      Hapus
  30. Halo ka, mau tanya nih. Kan aku punya toner Paula choice bha 2% liquid sama serum laneige clear c, nah utk pemakaiannya diselang seling tiap harinya(kupakai hanya malam hari sih) misal senin-rabu-jumat pakai toner bha trus hr selasa-kamis-sabtu pakai si serum laneige. Itu gpp kan ya??? Terimakasih sblumnya 🙏

    BalasHapus