Sabtu, 28 Juli 2018

Tips Tetap Sholat saat Travelling di Luar Negeri

Assalamu'alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh


Tetap Sholat saat Travelling di Luar Negeri (Tips & Trick)
Sholat Yuk Sholat
Tinggal di negeri muslim seperti Indonesia, perkara menunaikan sholat bukanlah suatu masalah atau tantangan yang berarti. Musholla dan masjid tersebar dimana-mana, tempat wudhu dan sumber air mudah ditemui, hingga seruan adzan pun dipastikan selalu terdengar di setiap waktu sholat. Namun, hal ini akan berbeda apabila kita sedang di suatu negeri dimana akses masjid/musholla, tempat wudhu, atau sekedar seruan adzan sulit ditemui. Lalu, bagaimana yang harus kita lakukan? Bagaimana mencari tempat sholat? Bagaimana menentukan waktu sholat? Tidak usah bingung, tidak usah khawatir, berikut akan gw paparkan bagaimana tips dan trick nya. 😁

Nah, jadi tips yang gw bagikan ini berdasarkan pengalaman pribadi selama beberapa kali travelling di negeri yang minoritas muslim. Penasaran? Check it out

1. Mendownload Aplikasi Waktu Sholat

Ini adalah hal wajib yang harus dilakukan sebelum ke luar negeri karena akan sangat membantu. Aplikasi waktu sholat ini mudah sekali kalian temukan di play store untuk selanjutnya di download di smartphone. Oh ya jangan lupa aplikasi tersebut diset agar terhubung ke GPS sehingga bisa menyesuaikan antara waktu setempat dengan waktu sholat. Bagaimana cara mencari aplikasi tersebut di playstore? Cukup dengan mengetikkan kata kunci "aplikasi waktu sholat" dan voila muncul beragam aplikasi serupa.

Tetap Sholat saat Travelling di Luar Negeri (Tips & Trick)
Aplikasi Muslim Pro yang Super Duper Lengkap
Butuh saran aplikasi yang bagus? Nah, kalau gw sendiri pakai aplikasi Muslim Pro (*bukan endorse, tapi kalau diendorse mau banget). Aplikasi ini menurut gw cukup lengkap, tidak hanya menyediakan program waktu sholat melainkan menyediakan program lain yang membantu hidup kita sebagai seorang muslim: penunjuk arah kiblat, Al Qur'an, program hitungan untuk dzikir, lokasi masjid terdekat, lokasi restauran halal terdekat, daan masih banyak lagi bisa kalian cek sendiri di gambar di atas. Untuk menemukannya di play store pun mudah cukup dengan mengetikkan "Muslim Pro" kemudian tinggal di download deh. Ukuran file dari Muslim Pro juga bisa dikatakan kecil yaitu sekitar 13Mb jadi tenang saja tidak akan makan ruang penyimpanan hp kalian kok 😋

2. Membawa Perangkat Sholat Kemana-Mana

Nah, ini juga tidak kalah penting , Guys! Jadi kalau misal kalian lagi di jalan-jalan di luar negeri dan posisi masjid jauh atau bahkan memang tidak ada masjid di sekitar kalian, maka wajib banget buat selalu bawa perangkat sholat kemana-mana. Ingat ya, ini perangkat sholat yang buat sholat bukan perangkat sholat buat mas kawin (*apaan si, gw gaje banget 😆). Seperangkat alat sholat ini akan sangat berguna kalau misal kita tidak menemukan musholla atau masjid, jadi mengharuskan sholat di jalan atau di taman, maka kita bisa menggunakan sajadah dan mukenah/sarung yang kita bawa agar kewajiban sholat tetap terpenuhi.
Tetap Sholat saat Travelling di Luar Negeri (Tips & Trick)
Seperangkat Alat Sholat
Yah, nanti kalau bawa sajadah sama mukenah jadi berat tas-nya? Nah, bisa diakali dengan membawa mukenah dan sajadah yang berbahan ringan, misal bagi perempuan bisa membawa mukenah yang berbahan parasut sehingga ringan dan tidak memakan ruang. Untuk sajadah pun sama, bisa dipilih bahan sajadah yang tipis lemir-lemir.

3. Membawa Botol Air Khusus Air Wudhu

Haa? Kenapa kudu bawa botol khusus air wudhu? Memangnya disana tidak ada air buat wudhu? Nah, ini sebenarnya opsional Guys, boleh dilakukan boleh tidak. Jadi saat travelling seringkali kita menemui kasus dimana sulit mencari toilet atau wastafel untuk berwudhu. Bisa jadi kita harus muter-muter dulu nyari toilet umum atau wastafel dan takutnya waktu sholat keburu habis. Hambatan lainnya adalah bisa jadi toilet yang ada adalah toilet kering jadi jelas dong kalian tidak bisa wudhu disana, dan pilihannya jatuh ke wudhu di wastafel. Untuk wudhu di wastafel pun harus tebal muka guys apalagi kalau sedang ada banyak orang di wastafel tersebut, kan kalau wudhu harus basuh kaki ya jadi harus mengangkat-angkat kaki ke wastafel jadinya rada kurang sopan kalau dilihat orang. Ya bisa sih sebenarnya basuh kakinya itu tanpa harus mengangkat kaki di wastafel, namun akibatnya lantai jadi basah dan itu kurang sopan juga.

Tetap Sholat saat Travelling di Luar Negeri (Tips & Trick)
Botol Air
Nah, daripada ribet, boleh banget kalian jaga-jaga bawa botol berisi air wudhu, dan toh kalau misal nanti tidak digunakan karena menemukan tempat wudhu, airnya bisa diminum. Tips ini juga berguna kalau kalian akan travelling di musim dingin. Kenapa? Tidak semua toilet dan wastafel di tempat umum sudah dilengkapi dengan pemanas, jadi dijamin bakal "terkedjoet" saat kulit kita menyentuh air kran yang dinginnya amit-amit 😝. Dibandingkan air kran yang dingin dan beku, lebih baik wudhu pakai air yang kita bawa dari rumah (ya meskipun dingin juga karena terpengaruh udara luar tetapi setidaknya tidak se"terkedjoet" air kran).

4. Mengenakan Baju yang Menutup Aurat sesuai Syariat

Yes, ini tidak usah gw jelasin lagi lah ya. Untuk yang sudah berpakaian sesuai syariat maka otomatis bajunya tersebut dapat digunakan untuk sholat. "Lalu bagaimana kalau masih belum memakai baju sesuai syariat?" atau "Yah, baju gw udah sesuai syariat sih, tapi rasanya kok kurang afdhol ya kalau nggak pakai mukena?" Yap, jawabannya bisa dilihat lagi di tips no 2.

5. Membuat List Lokasi Tempat Sholat atau Masjid di Negara/Lokasi Tujuan

Oke poin penting selanjutnya adalah membuat list lokasi tempat sholat/masjid di lokasi tujuan. Sebenarnya hal ini bisa diakali dengan membekali diri aplikasi seperti Muslim Pro, namun kelemahannya tidak semua lokasi tempat sholat sudah terdaftar di program tersebut, maka enaknya untuk jaga-jaga kita searching dahulu. Bagaimana cara searchingnya? Gampang saudara-saudara, cukup ketik di google seperti "Masjid dekat bla bla" "Mosque/halal food near bla bla". Voila!! Langsung deh muncul beragam rekomendasi tempat. 
Tetap Sholat saat Travelling di Luar Negeri (Tips & Trick)
Searching Dolooo
Jadi misal nih, kita mau pergi ke Asakusa, Tokyo; sabi banget kita list dulu tempat sholat dan makanan halal dekat Asakusa sehingga saat kita di Asakusa nanti sudah tidak perlu bingung lagi mencari tempat sholat dan makanan halal.

6. Kreatif dalam Mencari Tempat Sholat

Ini nih poin yang paling seru, menunaikan sholat di tempat/negeri yang bukan mayoritas muslim atau bahkan sama sekali tidak ada masjid disana, maka solusinya adalah "Be Creative!!". Hmm coba deh kita pikir kira-kira tempat apa yang bisa untuk sholat sekaligus tidak menganggu ketertiban atau melanggar peraturan disana. Hayo, ada yang punya ide? Yes, berikut akan gw kasih ide-ide tempat apa saja yang sabi banget buat sholat disaat lokasi kita jauh dari masjid/musholla. Ide-ide tersebut bisa kalian baca di post "Ide Tempat Sholat saat Travelling di Luar Negeri". Kenapa gw pisah post-nya? Biar nggak kepanjangan Guys, maklum ya gw ini memang orangnya cerewet jadi nulis 1 topik aja bisa berlembar-lembar (*lah emang blog ada lembarannya 😜)

7. Singkirkan Rasa Segan dan Malu

Oke, dari segala poin yang gw paparkan di atas, poin inilah yang paling penting. Percuma sudah koar-koar poin 1 2 3 bla bla bla tapi malah keok di poin ke 7 ini. Jujur ya guys, tantangan menunaikan sholat di negara dengan minoritas muslim tidak hanya terbatas pada susahnya mencari tempat sholat atau bingungnya menentukan waktu sholat, melainkan menumbuhkan niat di dalam hati agar tetap sholat sambil melawan rasa malas, segan, atau malu. Waduh, kok bisa? Wes, namanya juga godaan setan, Guys. 

Di saat kita travelling di luar negeri dan akan menunaikan sholat entah itu di taman, di hutan, di pinggir danau; bisa jadi akan muncul pikiran "Aish malu deh sholat disini, bisa dilihatin orang nanti", "Eh kalau dilihat orang, mereka bakal mikir apa ya", atau misal pas kita sudah menunaikan sholat di tepi taman yang sepi dan sudah rokaat ke-2 tiba-tiba muncul orang lewat jogging, eh malah dibatalin sholatnya karena alasan tidak jelas seperti takut/malu/atau apapun lah yang jelas adalah godaan setan. Godaan ini makin kuat kalau misal kita sedang travelling sendiri. Mungkin kalau misal ada temen (yang sholeh/sholehah apalagi) ngingetin pas kita lagi travelling "Eh, udah ashar nih, yuk cari tempat sholat dulu". Kan Masha Allah ya, Guys. Oleh karena itu, perlu banget kita menanamkan niat yang kuat agar tetap menunaikan sholat apapun yang terjadi. Tidak perlu malu, tidak perlu segan, toh orang-orang juga tidak peduli kalian sedang apa. Kalaupun ada yang bertanya, jawab saja dengan jujur kalau kalian sedang melaksanakan ibadah yaitu sholat sebagai tuntunan agama islam. Bisa jadi jawaban kalian menjadi jalan hidayah buat dia, Wallahu A'lam 😊.


Akhir kata

Bagaimanapun juga, sholat adalah perkara wajib yang tidak dapat ditinggalkan. Amalan inilah yang akan dihisap terlebih dahulu dan menentukan apakah surga atau neraka tempat kita.

Tetap Sholat saat Travelling di Luar Negeri (Tips & Trick)
Yak demikian, cuap-cuap gw tentang tips sholat saat travelling di luar negeri, kalau ada yang punya tips atau ide yang lain boleh banget share dengan komeng di bawah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di post yang lain :)))





Tulisan ini dibuat di atas Argo Sindoro
Perjalanan menuju St. Semarang Tawang

2 komentar:

  1. wah jadi makin semangat nabung buat liburan ke luar negeri nih, butuh pinjaman tanpa agunan ? klik di sini

    BalasHapus